Bolaindonesia

Kisah Jaja, Rekan Gabriel Jesus di Timnas Brasil U-20 yang Jadi Andalan MU

Jaja menjadi sosok penting bagi Madura United di Liga 1 2021/2022

Irwan Febri Rialdi

Gelandang Madura United, Jaja, usai mencetak gol ke gawang Persik Kediri. (Instagram/@maduraunited.fc)
Gelandang Madura United, Jaja, usai mencetak gol ke gawang Persik Kediri. (Instagram/@maduraunited.fc)

Bolatimes.com - Hugo Gomes dos Santos Silva, yang kerap dipanggil Jaja, adalah pemain andalan Madura United yang memiliki catatan bersama timnas Brasil U-20.

Rekam jejak Jaja saat masih berusia muda memang cukup mentereng. Sebab, dia pernah menjadi andalan timnas Brasil U-20 pada Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru.

Pada gelaran Piala Dunia U-20 itu, pemain yang kini menjadi andalan Madura United itu menjadi salah satu sosok penting di skuad timnas Brasil U-20.

Sebab, dia nyaris selalu dimainkan penuh oleh pelatihnya ketika timnas Brasil U-18 melewati berbagai ujian, mulai babak penyisihan grup hingga partai final.

Pada babak penyisihan grup, Jaja mencatatkan tiga penampilan saat Brasil berjumpa Nigeria, Hungaria, dan Korea Utara.

Dari ketika pertandingan itu, Jaja turut menyumbang satu gol ketika timnas Brasil U-20 menjegal Korea Utara dengan skor 3-0.

Ketika Brasil melaju ke fase gugur, atau tepatnya babak 16 besar, Jaja juga tampil penuh saat berhadapan dengan Uruguay.

Bahkan, dia turut menjadi algojo ketika pertandingan harus dilanjutkan hingga babak adu penalti. Akhirnya, Brasil menang dengan skor 5-4 pada adu tos-tosan tersebut.

Jaja kembali bermain penuh ketika Brasil berjumpa Portugal pada babak perempat final Piala Dunia U-20 2015. Pada laga itu pula, tim Samba sukses menang lewat adu penalti. Kali ini dengan skor 3-1.
Namun, Jaja harus menepi sejenak ketika Brasil berhadapan dengan Senegal pada babak semifinal Piala Dunia U-20 2015. Ketika itu, dia dicadangkan oleh tim pelatih.

Beruntung, Brasil sukses menang lima gol tanpa balas atas Senegal dan berhak melaju hingga partai final.

Sayangnya, Selecao harus bertekuk lutut ketika dijegal Serbia pada partai final. Mereka tumbang dengan skor 1-2.

Saat tampil bersama skuad timnas Brasil U-20 itu, Jaja bermain satu tim dengan sederet pesepak bola yang kini bersinar di Eropa.

Salah satunya yakni Gabriel Jesus, penyerang Brasil yang kini menjadi andalan klub Liga Inggris, Manchester City.

Selain Gabriel Jesus, ada pula Andreas Pereira, pemain yang pernah memperkuat Manchester United selama beberapa musim.

Sebelum bergabung dengan Madura United, Jaja sebelumnya tercatat meniti karier di kasta tertinggi Liga Swedia bersama Kalmar FF.

Setelah bermain di sana dari 31 Agustus 2020 hingga 1 Januari 2021, Jaja akhirnya resmi berlabuh di Indonesia saat direkrut Madura United pada 15 Maret 2021.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini