Bolaindonesia

Profil Ronaldo Kwateh, Striker Berdarah Liberia Andalan Timnas Indonesia

Ronaldo Kwateh sudah debut di Timnas Indonesia senior. Di Timnas U-18, ia gacor banget dengan mencetak banyak gol

Irwan Febri Rialdi

Pemain Madura United, Ronaldo Kwateh. (Instagram/ronaldokwateh7)
Pemain Madura United, Ronaldo Kwateh. (Instagram/ronaldokwateh7)

Bolatimes.com - Ronaldo Kwateh menjadi salah satu pemain muda yang paling bersinar di skuad timnas Indonesia U-18 yang tengah menjalani pemusatan latihan di Turki.

Sejauh ini, Ronaldo Kwateh menjadi penyerang paling produktif. Dari total dua pertandingan uji coba, dia telah menyumbang empat gol untuk timnas Indonesia U-18.

Dua gol yang terbaru dicetak Ronaldo Kwateh saat timnas Indonesia U-18 menang dengan skor telak 4-0 atas Alanyaspor U-18, Rabu (24/11/2021).

Sementara itu, dua gol lain dicetak Kwateh ketika anak asuh Shin Tae-yong menang 3-1 atas Antalyaspor U-18 pada Minggu (21/11/2021).

Empat gol itu menjadi bentuk jawaban Ronaldo Kwateh atas kepercayaan yang selama ini diberikan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Sebab, juru taktik asal Korea Selatan itu telah melihat potensi besar yang dimiliki Ronaldo sehingga selalu memanggilnya pada beberapa kelompok usia tim nasional.

Profil Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh merupakan pesepak bola muda yang memiliki keturunan Indonesia-Liberia. Ayahnya, Roberto Kwateh, merupakan mantan pesepak bola asing di Indonesia. Sementara ibunya, Citra Rusmawati, berasal dari Yogyakarta.

Ronaldo kemudian dilahirkan di Yogyakarta, pada 19 Oktober 2004. Dia mulai menimba ilmu saat berusia empat tahun. Ketika itu, dia mengikuti sekolah sepak bola (SSB) Selabora.

Kemudian, dia pindah ke SSB Real Madrid Yogyakarta setelah sukses lolos seleksi. Ronaldo sempat beberapa kali singgah ke SSB Pendowoharjo hingga SSB Persiba Bantul.

Pemain yang kini telah berusia 17 tahun itu kemudian sempat menimba ilmu bersama Diklat Persib Bandung U-16 pada 2019 hingga 2020.

Dari sana, potensi yang dimiliki pemain berpostur 180 cm ini mulai menanjak. Bahkan, dia sempat dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia U-16 arahan Bima Sakti.

Tak berselang lama, Madura United akhirnya merekrut Ronaldo Kwateh dari Diklat Persib Bandung pada 24 Februari 2021. Perekrutan itu menandai karier profesional pertama Kwateh di dunia sepak bola. 

Saat memperkuat Madura United, Ronaldo langsung mencatatkan debut saat skuad Laskar Sappe Kerrap tampil pada turnamen Piala Menpora 2021.

Pada turnamen pramusim itu, Ronaldo sukses mencatatkan tiga kali penampilan di bawah asuhan Rahmad Darmawan.

Sementara itu, debutnya di kompetisi resmi baru tercatat pada kompetisi Liga 1 2021-2022. Saat itu, dia diberi kesempatan oleh pelatih Rahmad Darmawan untuk tampil sebagai starter pada laga kontra Persikabo 1973.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Jumat (3/9/2021) itu, Ronaldo mencatatkan penampilan pertamanya pada usia 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari.

Ini menjadi rekor baru di Liga 1. Sebab, rekor pemain termuda sebelumnya dicatatkan Mochamad Supriadi ketika berusia 17 tahun, 3 bulan, dan 1 hari.

Selain memperkuat timnas U-16 dan U-18, pemain yang juga mampu dipasang sebagai sayap kanan itu sebelumnya telah mencatatkan debut bersama timnas U-23.

Ketika itu, dia dimainkan saat timnas U-23 menghadapi Australia pada babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini