Kisah Zidane Idolakan Enzo Francescoli, hingga Dijadikan Nama Anak

Zidane pun punya pemain idola

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 25 November 2021 | 10:27 WIB
Legenda Uruguay, Enzo Francescoli. (Daniel Luna/AFP)

Legenda Uruguay, Enzo Francescoli. (Daniel Luna/AFP)

Bolatimes.com - Seorang pesepak bola mengidolakan pemain lain bukan hal yang aneh. Bahkan, idola tersebut tak jarang jadi inspirasi dalam permainan mereka.

Salah satu sosok legenda yang juga mengidolakan legenda lain adalah Zinedine Zidane. Dia mengaku mengidolakan mantan pemain Uruguay, Enzo Francescoli.

Francescoli sendiri merupakan mantan pemain yang aktif bermain dari medio 1980 hingga 1990an akhir. Dia dikenal sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Uruguay.

Baca Juga: Laga Perdana, Pram/Yere Siap Tempur Lawan Juara Indonesia Masters 2021

Zidane yang mengawali karier profesional di tim asal Prancis, Cannes, pada 1989, mengidolakan Francescoli yang di tahun itu baru saja pindah ke Olympique Marseille.

Meski hanya satu musim berada di Marseille, penampilan Francescoli sangat luar biasa dengan mencetak 11 gol dari 28 laga dan mengantarkan Marseille menjuarai Liga Prancis 1989/90.

Francescoli sendiri bukan tipe pemain yang mengandalkan kecepatan, dia adalah gelandang serang kreatif. Dia dijuluki "El Príncipe" (Sang Pangeran) saat bermain. Ada juga yang menyebut dirinya sebagai "El Flaco" karena tubuhnya yang ramping.

Baca Juga: Kisah Junior Messias , Dulu Kurir Barang Kini Jadi Pahlawan AC Milan

Francescoli memulai karier bersama klub lokal di kampung halamannya, Montevideo Wanderers. Dia kemudian pindah ke River Plate, lalu Racing Paris dan Olympique Marseille. Francescoli juga pernah bermain di Italia bersama Cagliari dan Torino.

Penampilan luar biasa Francescoli itu nyatanya membuat Zidane langsung mengidolakannya. Bahkan ketika Zidane akhirnya berpindah-pindah klub.

Zidane pindah ke Bordeaux pada 1992, kemudian berpetualang ke Juventus pada 1996, lalu pindah ke Real Madrid pada 2001 hingga akhirnya pensiun di sana pada 2006.

Baca Juga: Jadwal Indonesia Open 2021 Hari Ini: Jonatan Christie Perang Saudara

Pada 2011 lalu, Zidane mengungkapkan bahwa idolanya saat tumbuh dewasa adalah Francescoli dan dua mantan pemain Marseille lainnya, Bla Sliškovic dan Jean-Pierre Papin.

"Di masa kini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi idola untuk anak-anak muda. Bagi saya dan generasi saya, idola itu adalah pemain hebat seperti Enzo Francescoli, Blaz Sliškovi dan Jean-Pierre Papin."

Kekaguman Zidane pada sosok Francescoli terlihat dari pemberian nama pada anak pertamanya, Enzo Alan Zidane Fernandez.

Baca Juga: Norwegia Tidak Terima Jurnalisnya Ditahan Qatar saat Liputan Piala Dunia

Berharap sang buah hati bisa menjadi gelandang hebat seperti Francescoli dan juga dirinya, karier Enzo justru tak terlalu cemerlang.

Setelah lulus dari akademi Real Madrid dan sempat mendapat kesempatan bermain di tim utama, Enzo pindah ke klub-klub yang levelnya di bawah Madrid. Mulai dari Alaves, Almeria, hingga pada Juni 2021 dia pindah ke klub Ligue 2 (Divisi Dua di Prancis), Rodez.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak