Boladunia

Kisah Zidane Idolakan Enzo Francescoli, hingga Dijadikan Nama Anak

Zidane pun punya pemain idola

Irwan Febri Rialdi

Legenda Uruguay, Enzo Francescoli. (Daniel Luna/AFP)
Legenda Uruguay, Enzo Francescoli. (Daniel Luna/AFP)

Bolatimes.com - Seorang pesepak bola mengidolakan pemain lain bukan hal yang aneh. Bahkan, idola tersebut tak jarang jadi inspirasi dalam permainan mereka.

Salah satu sosok legenda yang juga mengidolakan legenda lain adalah Zinedine Zidane. Dia mengaku mengidolakan mantan pemain Uruguay, Enzo Francescoli.

Francescoli sendiri merupakan mantan pemain yang aktif bermain dari medio 1980 hingga 1990an akhir. Dia dikenal sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Uruguay.

Zidane yang mengawali karier profesional di tim asal Prancis, Cannes, pada 1989, mengidolakan Francescoli yang di tahun itu baru saja pindah ke Olympique Marseille.

Meski hanya satu musim berada di Marseille, penampilan Francescoli sangat luar biasa dengan mencetak 11 gol dari 28 laga dan mengantarkan Marseille menjuarai Liga Prancis 1989/90.

Francescoli sendiri bukan tipe pemain yang mengandalkan kecepatan, dia adalah gelandang serang kreatif. Dia dijuluki "El Príncipe" (Sang Pangeran) saat bermain. Ada juga yang menyebut dirinya sebagai "El Flaco" karena tubuhnya yang ramping.

Francescoli memulai karier bersama klub lokal di kampung halamannya, Montevideo Wanderers. Dia kemudian pindah ke River Plate, lalu Racing Paris dan Olympique Marseille. Francescoli juga pernah bermain di Italia bersama Cagliari dan Torino.

Penampilan luar biasa Francescoli itu nyatanya membuat Zidane langsung mengidolakannya. Bahkan ketika Zidane akhirnya berpindah-pindah klub.

Zidane pindah ke Bordeaux pada 1992, kemudian berpetualang ke Juventus pada 1996, lalu pindah ke Real Madrid pada 2001 hingga akhirnya pensiun di sana pada 2006.

Pada 2011 lalu, Zidane mengungkapkan bahwa idolanya saat tumbuh dewasa adalah Francescoli dan dua mantan pemain Marseille lainnya, Bla Sliškovic dan Jean-Pierre Papin.

"Di masa kini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi idola untuk anak-anak muda. Bagi saya dan generasi saya, idola itu adalah pemain hebat seperti Enzo Francescoli, Blaz Sliškovi dan Jean-Pierre Papin."

Kekaguman Zidane pada sosok Francescoli terlihat dari pemberian nama pada anak pertamanya, Enzo Alan Zidane Fernandez.

Berharap sang buah hati bisa menjadi gelandang hebat seperti Francescoli dan juga dirinya, karier Enzo justru tak terlalu cemerlang.

Setelah lulus dari akademi Real Madrid dan sempat mendapat kesempatan bermain di tim utama, Enzo pindah ke klub-klub yang levelnya di bawah Madrid. Mulai dari Alaves, Almeria, hingga pada Juni 2021 dia pindah ke klub Ligue 2 (Divisi Dua di Prancis), Rodez.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini