3 Pemain Tertua di TC Timnas Indonesia, Sektor Pertahanan Paling Berumur

Berikut deretan pemain paling gaek di Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 09 November 2021 | 11:55 WIB
Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi Taiwan. (Dok. PSSI)

Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi Taiwan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil sejumlah pemain senior untuk persiapan pemusatan latihan (TC) di Turki.

Setidaknya, ada sejumlah pemain yang telah berumur yang mendapatkan kesempatan untuk memperkuat timnas Indonesia pada sejumlah laga internasional.

Sebab, pada TC timnas Indonesia yang akan digelar di Turki ini, mereka bakal menjalani dua pertandingan uji coba.

Baca Juga: Tips Sukses Xavi Latih Al Sadd: Terispirasi Pep Guardiola

Pada uji coba pertama, skuad Garuda bakal menantang Afghanistan pada 16 November 2021. Sementara itu, laga uji coba kedua bakal digelar melawan Myanmar, yakni pada 25 November 2021.

Dua pertandingan uji coba ini merupakan salah satu bagian dari persiapan anak asuh Shin Tae-yong untuk menghadapi ajang Piala AFF 2020.

Saat ini, dari 26 nama pemain yang mendapatkan panggilan, rata-rata usianya yakni 24,6 tahun. Catatan ini sebetulnya tak mengejutkan.

Baca Juga: Tak Sabar Tampil di Indonesia Masters, Kevin/Marcus: Atmosfernya Menarik

Sebab, rata-rata pemain yang dipanggil oleh pelatih asal Korea Selatan itu memang berusia muda. Mereka dikolaborasikan dengan sejumlah pemain senior.

Untuk pemain yang berusia senior ini, rata-rata usianya telah menginjak kepala tiga, alias berusia 30 tahun lebih. Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga pemain tertua di skuad timnas Indonesia.

1. Kushedya Hari Yudo

Baca Juga: Akibat Tendang Bola hingga Cedera, Pogba Absen Bela Timnas Prancis

Striker Arema FC, Kushedya Hari Yudo, dalam pertandingan melawan Tira Persikabo. (Twitter/@aremafcofficial).
Striker Arema FC, Kushedya Hari Yudo, dalam pertandingan melawan Tira Persikabo. (Twitter/@aremafcofficial).

Di sektor lini serang, Shin Tae-yong masih mempercayakan posisi ini kepada penyerang Arema FC, Kushedya Hari Yudo.

Saat ini, Yudo berusia 28 tahun. Dia menjadi salah satu pemain yang paling senior di sektor lini depan skuad Merah Putih.

Sebelumnya, Yudo memang selalu menjadi pilihan Shin Tae-yong. Sebab, eks-pemain PSS Sleman ini terkenal dengan gaya bermainnya yang ngotot dan ngeyel.

Baca Juga: Incar Frenkie de Jong, Man City Siap Tukar dengan Raheem Sterling

2. Fachrudin Aryanto

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti memeluk Fachrudin Aryanto usai melakukan pemasan sebelum melawan Timor Leste di Piala AFF 2018 (AFF)
Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti memeluk Fachrudin Aryanto usai melakukan pemasan sebelum melawan Timor Leste di Piala AFF 2018 (AFF)

Sementara itu, di sektor lini pertahanan, Shin Tae-yong masih memberikan kepercayaan kepada pemain-pemain yang berpengalaman. Salah satunya yakni Fachrudin Aryanto.

Bek Madura United ini menjadi salah satu pemain senior di skuad Merah Putih saat ini. Usianya telah menginjak 32 tahun.

Namun, pemain asal Klaten, Jawa Tengah, itu memang sudah memiliki segudang pengalaman bermain di pertandingan internasional bersama timnas Indonesia.

Jam terbangnya tersebut diharapkan mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pertahanan skuad Merah Putih.

3. Victor Igbonefo

Pemain Persib Bandung, Victor Igbonefo saat berlatih bersama Timnas Indonesia (dok. PSSI).
Pemain Persib Bandung, Victor Igbonefo saat berlatih bersama Timnas Indonesia (dok. PSSI).

Victor Igbonefo menjadi pemain paling senior di skuad timnas Indonesia saat ini. Sebab, bek Persib Bandung itu telah berusia 36 tahun.

Meskipun demikian, pemain naturalisasi kelahiran Nigeria ini masih mampu bersaing di level tertinggi. Itu terbukti dengan penampilan regulernya bersama skuad Maung Bandung di Liga 1 2021-2022.

Igbonefo diharapkan mampu membimbing sejumlah bek muda timnas Indonesia lainnya seperti Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto, hingga Elkan Baggott.

Sebetulnya, selain Igbonefo dan Fachruddin, ada satu bek lainnya yang juga telah berusia senior, yakni Mario Yagalo.

Sebab, pemain asal Persik Kediri itu saat ini berusia 28 tahun. Namun demikian, dia memang belum banyak memiliki jam terbang di level internasional.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak