Bolaindonesia

Belum Bisa Bela Timnas Indonesia, Marc Klok Curhat Begini di Media Sosial

Marc Klok belum bisa membela Timnas Indonesia karena tidak bisa membuktikan secara administrasi bahwa dirinya keturunan Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok. (Dok. Persib)
Gelandang Persib Bandung, Marc Klok. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Pemain Persib Bandung, Marc Klok, curhat di media sosial usai belum bisa memperkuat Timnas Indonesia gara-gara dokumen perpindahan asosiasi belum disahkan oleh FIFA.

Pemain asal Belanda itu sebenarnya sudah menjadi WNI lewat naturalisasi pada 12 November 2020. Bahkan, ia sempat mengikuti training camp (TC) tim nasional beberapa waktu lalu.

Dalam hal ini perpindahan kewarganegaraan Klok secara hukum memang sudah sah. Namun, dari segi asosiasi dari federasi Belanda ke PSSI belum rampung.

Klok belum memenuhi persyaratan perpindahan asosiasi berdasarkan Pasal 7 Statuta FIFA. Di mana disebutkan pemain yang ingin membela asosiasi di negara baru setidaknya tinggal selama lima tahun di sana.

Sedangkan Klok baru sekitar empat tahun. Oleh karena itu, sang pemain mengaku bakal bersabar menunggu panggilan tim nasional.

Terdekat, Pelatih Shin Tae-yong juga tak menyertakan Marc Klok untuk TC Timnas Indonesia ke Turki. Tim Merah Putih akan berangkat pada 10 November sebagai persiapan Piala AFF yang akan digelar di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Ada dua uji coba internasional yang diikuti skuad Garuda saat berada di Turki. Yakni melawan Afghanistan (16 November) dan Myanmar (25 November).

"Beberapa hari lalu, saya menerima kabar bahwa saya belum bisa membela Timnas Garuda pada tahun ini. Dari hati yang paling dalam, saya cukup kecewa, karena sangat menantikan momen bermain di turnamen paling bergengsi Asia Tenggara akhir tahun ini," tulis Klok di akun Twitter-nya @marcklok10.

"Tidak sedikit juga usaha yang telah dilakukan agar harapan dan mimpi saya secepatnya terwujud, semua dokumen pun telah siap, tapi sayangnya keputusan mengatakan masih sebaliknya. Namun kabar baiknya adalah pada April 2022 mendatang, saya sudah bisa membela Timnas Indonesia dan itu hanya 6 bulan saja untuk menunggu momennya."

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu proses ini. Terima kasih juga kepada teman-teman pendukung Garuda yang telah mendukung. Semoga saya bisa segera melihat diri saya kembali berseragam," ucap dia.

Sebelumnya, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri menyebut Klok baru bisa memperkuat Timnas Indonesia pada April 2022.

"Sekarang dia baru menjalani 4 tahun di Indonesia. Kalau tak salah sekitar 7 bulan lagi dia baru bisa dipanggil," ujar Indra Sjafri kepada awak media.

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini