Bolaindonesia

Profil Jimmy Napitupulu, Mantan Wasit FIFA yang Sindir Perut Buncit Wasit

Jimmy merupakan salah satu wasit terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Logo PSSI. [laman resmi PSSI]
Logo PSSI. [laman resmi PSSI]

Bolatimes.com - Kualitas dan kinerja wasit di sepak bola Indonesia, baik Liga 1, Liga 2, hingga Liga3 sedang jadi sorotan publik. Salah satu yang memberi komentar adalah mantan wasit nasional, Jimmy Napitupulu.

Kompetisi sepak bola Indonesia yang telah kembali bergulir usai dihantam pandemi ternyata tak berjalan mulus. Adalah keputusan wasit yang kerap kontroversial sebagai penyebab maraknya protes dan keluhan dari publik sepak bola Tanah Air.

Jimmy sebagai mantan wasit akhirnya ikut angkat suara. Dia bahkan secara spesifik menyindir kondisi fisik wasit Indonesia saat ini yang bertubuh buncit.

Siapakah Jimmy Napitupulu sebenarnya? Berikut ulasan profil singkatnya.

Profil Jimmy Napitupulu

Jimmy merupakan sosok kelahiran Pekanbaru, Sumatera Selatan, pada 13 Oktober 1966. Hidupnya tak pernah jauh-jauh dari sepak bola sejak kecil.

Sebelum akhirnya menjadi wasit, Jimmy mengaku sebetulnya ingin menjadi pelatih sepak bola. Namun, karena pengalamannya sebagai pemain sangat minim, dia pun disarankan untuk terjun sebagai wasit.

Dia memulai dari bawah, diawali dengan mengambil kursus wasit C3 atau di tingkat Askot/Askab pada 1995.

Jimmy semakin berminat dan serius menjadi wasit setelah mengikuti kursus lisensi wasit C2 atau tingkat Asprov pada 1996.

Ketika mengikuti kursus wasit itu, Jimmy Napitupulu sebetulnya punya pekerjaan yang cukup menjanjikan di kantor pengacara. Namun, krisis moneter pada 1997/98 membuat tak lagi bekerja.

Setelah itu dia mengambil lisensi wasit C1 atau PSSI Pusat pada 1997. Kinerjanya yang bagus sebagai wasit membuat Jimmy akhirnya mendapat lisensi FIFA dan menjadi wasit FIFA sejak 2002 hingga 2011.

Jimmy kenyang dengan pengalaman memimpin sepak bola di Indonesia. Ketegasannya sebagai pengadil di atas lapangan sempat membuatnya dijuluki "Collina Indonesia" (wasit asal Italia yang terkenal tegas dan galak).

Meski begitu, Jimmy tidak pernah menilai bahwa dirinya galak. Hematnya, ketika bertugas dia hanya mengikuti Laws of The Game yang sudah dibuat dan disusun oleh FIFA.

Selain memimpin laga sepak bola Indonesia, Jimmy Napitupulu juga beberapa kali menjadi wasit di laga internasional.

Dia pernah memimpin laga Kualifikasi Piala Dunia, SEA Games, hingga Piala AFF. Jimmy akhirnya memutuskan pensiun sebagai wasit pada Desember 2011.

Setelah pensiun, Jimmy Napitupulu sempat mendapat jabatan sebagai Ketua Komite Wasit PSSI. Namun, dia kerap diterpa isu suap di dunia wasit saat menjabat di sana.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini