Profil Jimmy Napitupulu, Mantan Wasit FIFA yang Sindir Perut Buncit Wasit

Jimmy merupakan salah satu wasit terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 02 November 2021 | 15:40 WIB
Logo PSSI. [laman resmi PSSI]

Logo PSSI. [laman resmi PSSI]

Bolatimes.com - Kualitas dan kinerja wasit di sepak bola Indonesia, baik Liga 1, Liga 2, hingga Liga3 sedang jadi sorotan publik. Salah satu yang memberi komentar adalah mantan wasit nasional, Jimmy Napitupulu.

Kompetisi sepak bola Indonesia yang telah kembali bergulir usai dihantam pandemi ternyata tak berjalan mulus. Adalah keputusan wasit yang kerap kontroversial sebagai penyebab maraknya protes dan keluhan dari publik sepak bola Tanah Air.

Jimmy sebagai mantan wasit akhirnya ikut angkat suara. Dia bahkan secara spesifik menyindir kondisi fisik wasit Indonesia saat ini yang bertubuh buncit.

Baca Juga: Punya Harta Rp 5,7 Triliun, Legenda NBA Ogah Bagikan ke Anak-anaknya

Siapakah Jimmy Napitupulu sebenarnya? Berikut ulasan profil singkatnya.

Profil Jimmy Napitupulu

Jimmy merupakan sosok kelahiran Pekanbaru, Sumatera Selatan, pada 13 Oktober 1966. Hidupnya tak pernah jauh-jauh dari sepak bola sejak kecil.

Baca Juga: Kisah Khamzat Chimaev, Petarung MMA Top yang Tumbuh di Wilayah Peperangan

Sebelum akhirnya menjadi wasit, Jimmy mengaku sebetulnya ingin menjadi pelatih sepak bola. Namun, karena pengalamannya sebagai pemain sangat minim, dia pun disarankan untuk terjun sebagai wasit.

Dia memulai dari bawah, diawali dengan mengambil kursus wasit C3 atau di tingkat Askot/Askab pada 1995.

Jimmy semakin berminat dan serius menjadi wasit setelah mengikuti kursus lisensi wasit C2 atau tingkat Asprov pada 1996.

Baca Juga: Berlliana Lovell Pamer Foto Bengong di Pinggir Kolam Renang, Netizen Heboh

Ketika mengikuti kursus wasit itu, Jimmy Napitupulu sebetulnya punya pekerjaan yang cukup menjanjikan di kantor pengacara. Namun, krisis moneter pada 1997/98 membuat tak lagi bekerja.

Setelah itu dia mengambil lisensi wasit C1 atau PSSI Pusat pada 1997. Kinerjanya yang bagus sebagai wasit membuat Jimmy akhirnya mendapat lisensi FIFA dan menjadi wasit FIFA sejak 2002 hingga 2011.

Jimmy kenyang dengan pengalaman memimpin sepak bola di Indonesia. Ketegasannya sebagai pengadil di atas lapangan sempat membuatnya dijuluki "Collina Indonesia" (wasit asal Italia yang terkenal tegas dan galak).

Baca Juga: Pose Kenakan Swimsuit, Tamara Bleszynski Skakmat Tukang Nyinyir

Meski begitu, Jimmy tidak pernah menilai bahwa dirinya galak. Hematnya, ketika bertugas dia hanya mengikuti Laws of The Game yang sudah dibuat dan disusun oleh FIFA.

Selain memimpin laga sepak bola Indonesia, Jimmy Napitupulu juga beberapa kali menjadi wasit di laga internasional.

Dia pernah memimpin laga Kualifikasi Piala Dunia, SEA Games, hingga Piala AFF. Jimmy akhirnya memutuskan pensiun sebagai wasit pada Desember 2011.

Setelah pensiun, Jimmy Napitupulu sempat mendapat jabatan sebagai Ketua Komite Wasit PSSI. Namun, dia kerap diterpa isu suap di dunia wasit saat menjabat di sana.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak