Bolaindonesia

Hasil Liga 1: Kalahkan PSIS Semarang, Persib Naik ke Puncak Klasemen

Persib Bandung beri kekalahan pertama PSIS Semarang dengan skor 1-0.

Rauhanda Riyantama

Pemain Persib rayakan gol ke gawang PSS Sleman dalam pertandingan pekan kedelapan BRI Liga yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jumat (22/10/2021). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]
Pemain Persib rayakan gol ke gawang PSS Sleman dalam pertandingan pekan kedelapan BRI Liga yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jumat (22/10/2021). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

Bolatimes.com - Persib Bandung sukses memetik kemenangan atas PSIS Semarang di pekan kesembilan Liga 1 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (26/10/2021) malam WIB. Tim Maung Bandung menang dengan skor tipis 1-0 berkat gol Febri Hariyadi pada menit ke-61.

Persib Bandung tampil menekan sejak peluit babak pertama dibunyikan. Berbagai percobaan mencetak gol dilakukan Marc Klok dan kawan-kawan tetapi hingga 29 menit berjalan belum membuahkan hasil.

Di sisi lain, PSIS Semarang asuhan Ian Andrew Gillan lebih memilih untuk tampil menunggu untuk sesekali melancarkan serangan balik.

Pada menit ke-30, Persib Bandung sempat mengancam gawang PSIS, tetapi kiper Joko Ribowo dengan sigap melakukan sapuan.

Persib Bandung terus menggempur pertahanan PSIS setelahnya. Mengandalkan pemain sayap Febri Hariyadi, Maung Bandung coba mencari celah dari sisi kanan lapangan.

Beberapa kali pemain Persib Bandung coba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tetapi upaya Mohammed Rashid dan kawan-kawan kerap diblok pemain lawan.

Selain mengandalkan kecepatan Febri untuk mengacak-ngacak pertahanan. Persib juga kerap menggunakan skema umpan silang, sambil berharap Ezra Walian maupun Wander Luiz bisa mengonversinya menjadi gol.

Pada menit 40, Persib sempat mendapat peluang emas. Febri Hariyadi melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, tetapi masih bisa ditepis kiper PSIS.

Jelang babak pertama berakhir, PSIS lewat Jonathan Cantillana sempat mengancam gawang Persib. Penetrasinya dari sisi kiri sukses merepotkan Victor Igbonefo dan kawan-kawan, tetapi sepakan kaki kanannya masih melenceng dari gawang.

Serangan demi serangan terus dilancarkan Persib, tetapi hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor 0-0 tak berubah.

Memasuki babak kedua, Persib Bandung masih terus memegang kendali permainan. Pressing ketat yang diperagakan Ezra Walian dan kawan-kawan menyulitkan pemain PSIS untuk mengembangkan permainan.

Meski menguasai bola, Persib nyatanya tetap kesulitan untuk membuat peluang bersih. Serangan-serangan yang diinisiasi Marc Klok dan kolega kerap berakhir disapu lini belakang PSIS.

PSIS Semarang tak tinggal diam meski terus mendapat tekanan dari pemain Persib. Mereka sesekali coba menyerang, meskipun progresi bola kerap tereleminasi lini serang Persib.

Tim asuhan Robert Alberts akhirnya berhasil membuka keran gol dalam laga ini pada menit ke-60 lewat Febri Hariyadi.

Berawal dari bola sapuan yang kurang sempurna dari pemain PSIS Semarang, Febri menyambar bola yang bergulir dari luar kotak penalti lewat sepakan keras menggunakan kaki kirinya. Skor 0-1 untuk keunggulan Persib.

Memasuki 15 menit terakhir, PSIS Semarang mulai keluar menyerang. Mereka balik menekan Persib Bandung guna mencari gol penyama kedudukan.

Beberapa kali Cantillina dan kolega coba menusuk ke pertahanan Persib, tetapi masih belum membuahkan hasil. Skor 0-1 untuk keunggulan Persib pun bertahan hingga bubaran.

Berkat kemenangan ini Persib naik ke puncak klasemen Liga 1 2021. Maung Bandung mengoleksi 19 poin sama dengan Bhayangkara FC di posisi dua.

Sementara kekelahan membuat PSIS tak beranjak dari peringkat tiga. Mereka mengoleksi 18 poin.

Susunan Pemain PSIS Semarang vs Persib Bandung

PSIS Semarang (4-4-2): Ribowo; Ardiansyah (Bruno Silva, 45'), Prasetyo, Costa Alves, Saputra; Suguyantoro, Ferreira (Fandi Eko Utomo, 56'), David, Pasamba; Cantillana, Yulianto (Komarodin, 8').

Pelatih: Ian Andrew Gillan.

Persib Bandung (4-3-3): Alam; Herdiana, Kuipers, Igbonefo, Zalnando; Rashid, Vizcarra, Klok; Haryadi, Wander, Walian (Geoffrey Castillion, 70').

Pelatih: Robert Rene Alberts.

Berita Terkait

Berita Terkini