5 Pemain Timnas Australia U-23 yang Perlu Diwaspadai Indonesia

Timnas Australia U-23 diperkuat enam pemain yang berkarier di Eropa

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:45 WIB
Striket Timnas Australia U-16, Noah Botic (Sumber: Socceroos.com.au)

Striket Timnas Australia U-16, Noah Botic (Sumber: Socceroos.com.au)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga sulit di Kualifikasi Piala Asia U-23 kala menghadapi Australia pada 27 dan 30 Oktober 2021. Berikut pemain yang wajib diwaspadai Garuda Muda dari lawannya tersebut.

Pertemuan Timnas Indonesia U-23 dengan Australia diprediksi akan berjalan dengan sistem dua leg. Hal ini tak lepas dari mundurnya Brunei Darussalam dan China dari babak kualifikasi grup G.

Sebelumnya, Brunei Darussalam mundur terlebih dahulu pada awal September lalu. Tak berselang lama, China juga mundur karena alasan tertentu.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Takuto Oshima, Pemain yang Tantang Egy Maulana Baku Hantam

Saat ini, Timnas Indonesia U-23 tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Tajikistan. Di sisi lain, Australia menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Belum lama ini, Australia U-23 mengumumkan skuad yang dibawa jelang melawan Indonesia nanti. Uniknya, hampir seluruh pemain yang dikirim adalah pemain U-20. Hanya ada satu pemain berusia di atas 21 tahun, yakni Mark Tokich.

FFA selaku federasi sepak bola Australia memilih menggunakan pemain U-20 karena tim tersebut tengah dipersiapkan untuk Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Oki Dwi Putra, Wasit Laga Persija Jakarta vs Arema FC

Selain banyak pemain muda U-20, Australia juga memilih Trevor Morgan sebagai pelatih sementara menggantikan Graham Arnold yang kini fokus menangani tim senior.

Meski didominasi tim muda, Indonesia tetap harus waspada saat menghadapi Australia nanti. Apalagi, terdapat beberapa pemain yang berkarier di Eropa dan bakal jadi andalan tim Kanguru muda.

Lantas, siapa saja pemain Australia U-23 yang wajib diwaspadai Indonesia nanti?

Baca Juga: Profil Pratama Arhan, Bek yang Disebut Witan Sulaeman Layak Main di Eropa

1. Noah Botic

Noah Botic bukanlah nama asing bagi Indonesia. Ia pernah menjebol gawang tim Merah Putih saat bertanding di Piala Asia U-16 pada 2018 silam.

Ia pun tampil cemerlang di Piala Dunia U-17 dengan mencetak 4 gol yang membuatnya banyak dilirik klub Eropa pada saat itu.

Baca Juga: Denmark Open: Sejarah, Venue, dan Negara Paling Banyak Raih Gelar

Karena cedera, ia pun belum memenuhi mimpinya bermain untuk klub Eropa. Meski begitu, ketajamannya wajib diwaspadai Timnas Indonesia U-23 nanti.

2. Lachlan Brook

Lachlan Brook merupakan penyerang muda Australia U-23 yang kini berkarier di Inggris bersama Brentford. Ia merupakan bagian dari tim B klub berjuluk The Bees itu.

Ia bergabung pada tahun 2020 lalu dari Adelaide United di mana ia telah debut di tim senior pada usia 16 tahun di ajang Liga Champions Asia.

Ilmu yang ia dapatkan bersama tim sekelas Brentford tentu akan menjadi ganjalan Timnas Indonesia U-23 yang didominasi pemain yang bermain di liga lokal.

3. Jacob Italiano

Pemain yang berposisi sebagai gelandang dan winger ini merupakan salah satu pemain Australia yang berkarier di Eropa.

Jacob Italiano tercatat bermain untuk tim Jerman, Borussia Monchengladbach II.  Di Regionalliga West 2021-2022, pemain berusia 20 tahun ini telah mencetak 1 gol dan 1 assist untuk skuat muda Die Fohlen.

Italiano telah membela Monchengladbach sejak 2019 lalu di mana ia diboyong dari Perth Glory. Total 50 penampilan telah ia catatkan untuk Die Fohlen muda dengan torehan 5 gol.

4. Kai Calderbank-Park

Pemain yang berposisi sebagai kiper ini telah mengenyam ilmu sepak bola bersama tim-tim Britania Raya sejak tahun 2019.

Tercatat Kai Calderbank-Park pernah membela Burnley U-18 dan U-23, Bury AFC, dan kini tergabung di tim asal Wales, Connah’s Quay.

Kai Calderbank-Park punya keunggulan utama dalam bola-bola udara. Hal ini ditunjang dengan postur tubuhnya yang berkisar 189 cm. Tak mengherankan jika ia menjadi andalan Australia sejak tim U-19.

5. Jordan Courtney-Perkins

Tak hanya Witan Sulaeman yang bermain di Polandia. Australia juga memiliki salah satu pemain muda di Ekstraklasa bernama Jordan Courtney-Perkins.

Pemain yang baru berusia 18 tahun ini baru bergabung dengan klub bernama Rakow Czestochowa pada musim 2021-2022 ini dari Brisbane Roar.

Meski baru bergabung, ia telah dipercaya tampil mengawal pertahanan Rakow saat menghadapi Jagiellonia di pekan ke-2 Ekstraklasa.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak