Bolaindonesia

Profil Oki Dwi Putra, Wasit Kontroversial yang Pimpin Laga Persija Vs Arema

Wasit berlisensi FIFA ini menjadi sorotan karena keputusannya dianggap merugikan Persija.

Arif Budi Setyanto

Oki Dwi Putra. (PSSI)
Oki Dwi Putra. (PSSI)

Bolatimes.com - Nama Oki Dwi Putra sedang menjadi perbincangan hangat pecinta sepak bola Indonesia menyusul keputusan kontroversialnya di laga Persija vs Arema pada pekan ke-7 Liga 1 2021, Minggu (17/10/2021).

Laga Persija vs Arema berakhir dengan skor 0-1 untuk kemenangan tim berjuluk Singo Edan. Gol tunggal di laga ini dicetak oleh Carlos Fortes pada menit ke-33.

Namun, pihak Persija tidak senang atas hasil itu. Apalagi Oki Dwi Putra dianggap merugikan pihak Macan Kemayoran karena keputusannya yang kontroversial.

Ada beberapa insiden yang menjadi sorotan seperti keputusannya tidak memberikan hadiah penalti saat pemain Persija, Rio Fahmi dijatuhkan M Rafli.

Oki Dwi Putra juga melayangkan kartu merah ke Kushedya Hari Yudo. Striker andalan timnas itu dinilai diving karena terjatuh saat duel dengan pemain Persija.

Paling menjadi sorotan, yaitu saat gol Marko Simic dianulir. Striker Persija awalnya berhasil mencetak gol di masa injury time, tapi dia dianggap melakukan pelanggaran ke kiper Arema, sehingga golnya tidak disahkan.

Lantas, siapakah sosok Oki Dwi Putra ini, berikut informasi profilnya.

Profil Oki Dwi Putra

Oki Dwi Putra merupakan wasit asal Bandung, Jawa Barat. Dia lahir pada 23 Oktober 1983 atau 37 tahun lalu.

Karier wasit Oki Dwi Putra di liga teratas Indonesia sudah dimulai sejak 2008 silam. Dia juga punya lisensi FIFA.

Oki Dwi Putra disebut sebagai salah satu wasit yang dimilik Indonesia. Buktinya pada 2018 silam, dia sempat dinobatkan sebagai wasit terbaik pada turnamen Piala Presiden 2018.

Meski begitu, sosoknya tak luput dari kontroversi. Misalnya pada 2019 lalu Oki pernah membuat kontroversial yang juga merugikan Persija Jakrta.

Kala itu Persija menghadapi Semen Padang di ajang Liga 1 2019. Oki tidak melayangkan kartu merah kepada pemain Kabau Sirah, Manda Cingi saat melakukan pelanggaran keras kepada Novri Setiawan.

Ditambah posisi Novri sudah berhadapan dengan kiper lawan. Keputusannya itu sempat membuat namanya juga disorot.

Kini insiden merugikan juga diterima Persija ketika laga dipimpin Oki. Sebab, gol Macan Kemayoran yang dicetak Marko Simic dianulir.

Alhasil pihak Persija yang merasa kecewa dengan kepemimpinan Oki. Manajemen Macan Kemayoran pun melayangkan laporan kepada PSSI.

Berita Terkait

Berita Terkini