Bolaindonesia

Pelatih Australia U-23 Pernah Pupuskan Asa Indonesia Tampil di Piala Dunia

Trevor Morgan ditunjuk menjadi pelatih sementara Timnas Australia U-23 untuk hadapi Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Pelatih sementara Timnas Australia U-23, Trevor Morgan. (Dok. Soceroos)
Pelatih sementara Timnas Australia U-23, Trevor Morgan. (Dok. Soceroos)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi sosok pelatih yang pernah menjegal langkah anak asuh Fakhri Husaini melaju ke Piala Dunia U-17 2019, yakni Trevor Morgan.

Trevor Morgan saat ini menjabat sebagai pelatih sementara di skuad timnas Australia U-23. Tim asuhannya akan menghadapi timnas Indonesia U-23 pada babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Sebelumnya, Trevor Morgan pernah mendapat tugas untuk mengawal timnas Australia U-16 pada ajang Piala Asia U-16 2018.

Saat itu, Trevor Morgan sukses menumbangkan timnas Indonesia U-16 yang berada di bawah asuhan Fakhri Husaini.

Sayangnya, timnas Indonesia U-16 harus kalah tipis dari Australia pada babak perempat final Piala Asia U-16 2018.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kamis (4/10/2018) itu, Amiruddin Bagus Kahfi dan kolega dijegal dengan skor 2-3.

Tiga gol timnas Australia U-16 saat itu disumbangkan oleh Daniel Walsh (51’), Adam Leombruno (65’), dan Noah Botic (73’).

Sementara dua gol balasan timnas Indonesia U-16 dicatatkan oleh Sutan Diego Zico (17’) dan Rendy Juliansyah (89’).

Salah satu momen menarik seusai pertandingan itu ialah pujian setinggi langit yang dilontarkan pelatih timnas Australia U-16, Trevor Morgan, untuk timnas Indonesia U-16.

Menurut Trevor Morgan, skuad asuhan Fakhri Husaini sukses memberikan kesulitan untuk anak asuhnya pada laga tersebut.

“Indonesia bermain baik dan memiliki transisi permainan yang luar biasa,” ujar Trevor dalam sesi konferensi pers pascapertandingan.

Bahkan, Trevor juga menyebut bahwa timnas Indonesia memiliki masa depan yang cerah. “Indonesia sangat mungkin lolos ke Piala Dunia suatu saat nanti,” lanjutnya.

Dengan kekalahan tersebut, skuad asuhan Fakhri Husaini gagal melanjutkan langkah ke partai semifinal Piala Asia U-16 2018.

Padahal, empat tim yang lolos ke babak semifinal Piala Asia U-16 2018 itu akan mendapat tiket otomatis untuk tampil di Piala Dunia U-17 2019.

Praktis, timnas Australia U-16 yang sukses mengalahkan skuad Garuda Muda menjadi salah satu dari empat wakil Asia di Piala Dunia U-17 2019.

Sementara itu, tiga tim lain yang saat itu melaju ke semifinal Piala Asia U-16 2018 ialah Jepang, Tajikistan, dan Korea Selatan.

Nantinya, racikan strategi Trevor Morgan akan kembali diuji ketika menghadapi pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, yang kini mengasuh timnas Indonesia U-23.

Keduanya bakal berjumpa pada pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Tajikistan.

Kedua tim akan berjumpa sebanyak dua kali dalam sistem home-away. Sebab, dua kontestan lain, yakni Brunei Darussalam dan China, telah terlebih dahulu mengundurkan diri.

Dua pertandingan antara timnas U-23 Indonesia vs Australia akan digelar di Dushanbe, Tajikistan, pada 27 Oktober dan 30 Oktober 2021.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini