Bolaindonesia

Profil Trevor Morgan, Pelatih Timnas Australia U-23 untuk Hadapi Indonesia

Trevor Morgan sudah beberapa kali menghadapi Timnas Indonesia kelompok usia. Jika kalian ingat, dia lah yang mengalahkan tim asuhan Fakhri Husaini dan gagal tampil di Piala Dunia U-17

Irwan Febri Rialdi

Pelatih sementara Timnas Australia U-23, Trevor Morgan. (Dok. Soceroos)
Pelatih sementara Timnas Australia U-23, Trevor Morgan. (Dok. Soceroos)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi timnas Australia U-23 yang kini diasuh oleh Trevor Morgan, pelatih yang pernah memupuskan mimpi tim asuhan Fakhri Husaini untuk lolos ke Piala Dunia U-17 2019.

Trevor Morgan saat ini ditunjuk sebagai pelatih sementara timnas Australia U-23 saat menghadapi timnas U-23 Indonesia pada babak kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Kedua tim akan berjumpa sebanyak dua kali dalam sistem home-away. Sebab, dua kontestan lain, yakni Brunei Darussalam dan China, telah terlebih dahulu mengundurkan diri.

Dua pertandingan antara timnas U-23 Indonesia vs Australia akan digelar di Dushanbe, Tajikistan, pada 27 Oktober dan 30 Oktober 2021.

Duel antara Indonesia dan Australia diprediksi berlangsung menarik. Sebab, publik bakal menyaksikan adu strategi antara Shin Tae-yong dengan Trevor Morgan.

Profil Trevor Morgan

Trevor Morgan merupakan pelatih sepak bola berkewarganegaraan Australia yang lahir pada 9 Juli 1971.

Dalam beberapa tahun terakhir, pelatih berusia 50 tahun ini memang lebih banyak bekerja bersama Federasi Sepakbola Australia (FFA).

Dia tercatat menjabat sebagai pelatih timnas Australia U-16 pada tahun 2018. Saat itu, ia sukses mengantarkan anak asuhnya melaju hingga babak semifinal.

Awalnya, anak asuh Trevor Morgan sukses lolos dari babak penyisihan Grup D saat bersaing dengan Korea Selatan, Irak, dan Afghanistan.

Timnas Australia U-23 saat itu melaju ke babak perempat final setelah menjadi runner-up Grup dan menemai Korea Selatan yang menjadi pemuncak akhir klasemen.

Pada babak delapan besar, Australia U-16 menjadi tim yang menjegal langkah timnas Indonesia U-16 yang saat itu berada di bawah asuhan Fakhri Husaini.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kamis (4/10/2018) itu, Amiruddin Bagus Kahfi dan kolega dijegal dengan skor 2-3.

Tiga gol timnas Australia U-16 saat itu disumbangkan oleh Daniel Walsh (51’), Adam Leombruno (65’), dan Noah Botic (73’).

Sementara dua gol balasan timnas Indonesia U-16 dicatatkan oleh Sutan Diego Zico (17’) dan Rendy Juliansyah (89’).

Dengan kemenangan itu tim asuhan Trevor Morgan sukses melaju ke semifinal 

Sekaligus mendapat tiket otomatis untuk tampil di Piala Dunia U-17 2019.

Sebab, Piala Asia U-16 2018 juga menjadi ajang kualifikasi bagi tim-tim asal Benua Kuning untuk tampil di Piala Dunia U-17 2019. 

Praktis, timnas Australia U-16 yang sukses mengalahkan skuad Garuda Muda menjadi salah satu dari empat wakil Asia di Piala Dunia U-17 2019.

Sementara itu, tiga tim lain yang saat itu melaju ke semifinal Piala Asia U-16 2018 ialah Jepang, Tajikistan, dan Korea Selatan.

Sayangnya, langkah Australia harus terhenti di babak semifinal. Mereka tumbang 1-3 dari Jepang yang saat itu sukses menjadi juara Piala Asia U-16 2018 usai menjegal Tajikistan 1-0 di partai final.

Sementara itu, perjalanan timnas Australia U-17 yang tampil di bawah asuhan Trevor Morgan pada Piala Dunia U-17 2019 juga cukup apik.

Mereka sukses melaju ke babak 16 besar setelah menjadi salah satu tim peringkat ketiga terbaik pada babak penyisihan.

Akan tetapi, langkah anak asuh Trevor Morgan harus terhenti di babak 16 besar setelah dihajar timnas Prancis U-16 empat gol tanpa balas.

Setelah menjabat sebagai pelatih timnas Australia U-17, karier Trevor Morgan berlanjut bersama timnas Australia U-23.

Saat ini, dia berstatus sebagai pelatih interim yang akan mengasuh timnas Australia U-23 pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini