Bolaindonesia

Calon Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Ada Malaysia

Timnas Indonesia berpotensi segrup dengan Malaysia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Arif Budi Setyanto

Timnas Indonesia. (PSSI)
Timnas Indonesia. (PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memastikan tiket ke Kualifikasi Piala Asia 2023 usai mengalahkan Taiwan pada babak playoff yang berlangsung dua leg. Skuat Garuda akan menempati pot empat dalam drawing kualifikasi nanti.

Pada leg kedua melawan Taiwan, Indonesia berhasil menang telak dengan skor 3-0. Tiga gol tersebut dicetak oleh Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, dan Witan Sulaeman.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan agregat 5-1 dari Taiwan. Kendati demikian, jalan tim Merah Putih untuk tampil di putaran final masih panjang.

Sebagai informasi, putaran final Piala Asia 2023 akan dilangsungkan di China dengan jumlah 24 negara peserta. Saat ini, sudah ada 13 tim yang sudah memastikan diri lolos.

Artinya masih ada 11 slot yang nantinya diperebutkan di babak kualifikasi. Nah, di babak kualifikasi nanti masih ada 24 negara yang akan dibagi ke enam grup. Masing-masing grup diisi oleh empat tim.

Hasil pembagian grup Kualifikasi Piala Asia 2023 ini akan ditentukan melalui undian. Ada 24 kesebelasan yang dibagi ke dalam empat pot sebelum diundi.

Lolos ke babak kualifikasi mengalahkan Taiwan, Indonesia sendiri akan menempati pot 4. Begitu pula pemenang di playoff lain, yakni Guam atau Kamboja.

Pertandingan leg kedua Timnas Taiwan vs Timnas Indonesia pada babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam WIB. (dok. PSSI).
Pertandingan leg kedua Timnas Taiwan vs Timnas Indonesia pada babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam WIB. (dok. PSSI).

Berada di pot empat, membuat anak asuh Shin Tae-yong berpotensi bertemu dengan tim-tim kuat di Asia.

Tidak hanya itu, Timnas Indonesia bisa juga satu grup lagi dengan musuh bebuyutan Malaysia (pot 3). Bahkan ada juga kesempatan bertemu tim dari Asia Tenggara lainnya, yakni Thailand, Filipina, dan Myanmar (pot 2).

Jika Indonesia segrup dengan Malaysia dan Thailand, maka undian babak Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti akan identik dengan Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu.

Sebab, Indonesia sempat segrup dengan Malaysia serta Thailand. Dua tim lainnya adalah Uni Emirat Arab serta Vietnam yang berhasil lolos ke babak selanjutnya.

Berikut calon lawan Indonesia di babak Kualifikasi Piala Asia 2023 melihat dari pembagian pot yang ada.

Pot 1: Bahrain, India, Kyrgyzstan, Palestina, Uzbekistan, dan Yordania.

Pot 2: Filipina, Kuwait, Myanmar, Tajikistan, Thailand, dan Turkmenistan.

Pot 3: Afghanistan, Hong Kong, Maladewa, Malaysia, Singapura, dan Yaman

Pot 4: Indonesia, Bangladesh, Mongoloa, Nepal, Sri Langka, dan Guam/Kamboja.

Berita Terkait

Berita Terkini