Cerita Asnawi Mangkualam saat Tak Sengaja Lahap Makanan Haram di Korsel

Sudah makan sampai 10, kemudian Asnawi yang beragama Islam baru tahu kalau itu mengandung babi

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 08 September 2021 | 15:07 WIB
Penampilan Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners. (Twitter/@KLeagueUnited)

Penampilan Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners. (Twitter/@KLeagueUnited)

Bolatimes.com - Pemain Indonesia yang tengah berkarier di Korea Selatan, Asnawi Mangkualam, membagikan pengalaman uniknya saat tak sengaja mengonsumsi makanan haram.

Asnawi yang saat ini berkarier bersama klub K-League 2, Ansan Greeners, memang mengakui bahwa dia masih beradaptasi di Korea Selatan.

Sebab, selain cuaca, budaya, dan iklim kompetisi, Asnawi juga harus beradaptasi dengan makanan setempat.

Baca Juga: Profil Rival Lastori, Pemain Liga 2 yang Diminati Klub Turki

Asnawi pun menceritakan pengalaman uniknya saat tak sengaja memakan babi ketika tinggal di Korea Selatan.

Padahal, pemain timnas Indonesia ini beragama islam. Namun, dia tak sengaja mengonsumsi makanan yang dilarang oleh agamanya tersebut.

“Saat ini, hal yang paling sulit untuk beradaptasi adalah soal makanan. Soalnya saya muslim,” kata Asnawi saat menjalani sesi wawancara dengan KRTV.

Baca Juga: Profil Bung Towel, Pengamat yang Vokal Kritisi PSSI

“Saya tidak bisa memakan babi. Sedangkan di sini, rata-rata restorannya banyak yang menjual makanan dari babi,” ia melanjutkan.

Pemain berusia 21 tahun ini mengisahkan, bahwa ia sempat tak sengaja mengonsumsi makanan yang mengandung babi di dalamnya. 

Peristiwa itu terjadi saat ia masih menjalani masa karantina di hotel sejak mendarat di Negeri Ginseng.

Baca Juga: Terkuak, Alasan Karim Benzema Selalu Pakai Perban di Tangannya

“Saya pernah memakan babi secara tak sengaja. Saat pertama kali datang ke sini, saya langsung memakan babi, karena saya tidak tahu,” ujarnya.

“Saat itu, saya sedang menjalani karantina. Pihak hotel menyediakan makanan yang bentuknya seperti pastel,” ia menambahkan.

“Saya tidak tahu kalau di dalamnya mengandung babi. Lalu setelah dimasak, rasanya seperti siomay. Saat dimakan, ternyata rasanya enak.”

Asnawi sempat menghubungi agennya untuk mengirimkan makanan selama masa karantina di hotel.

Namun, saat mengecek makanan itu satu persatu menggunakan google translate, ternyata sebagian besar makanan yang dikirim agennya mengandung babi.

“Setelah itu, saya menghubungi agen saya untuk mengirimkan makanan. Setelah makanannya dikirim, saya mengeceknya dengan foto dengan fitur google translate,” ujarnya.

“Ternyata makanan yang dikirim mengandung babi. Setelah saya cek makanan yang dikirim, ternyata banyak yang mengandung babi,” lanjutnya.

“Padahal saya sudah makan sepuluh, ternyata mengandung babi. Padahal saya tidak memakan babi,” ujar Asnawi sembari tertawa.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak