Profil Hwang Hee-chan, Dulu Dikalahkan Evan Dimas Cs Kini Gabung Wolves

Hwang Hee-chan didatangkan Wolves dari RB Leipzig dengan status pinjaman.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 02 September 2021 | 13:21 WIB
Hwang Hee-chan saat diperkenalkan sebagai pemain baru Wolves. (OLI SCARFF / AFP)

Hwang Hee-chan saat diperkenalkan sebagai pemain baru Wolves. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Hwang Hee-chan mencuri perhatian di Molineux Stadium. Pada laga Liga Inggris antara Wolverhampton Wanderers vs Manchester United, Minggu (29/8/2021), dia diperkenalkan sebagai pemain baru.

Wolves meminjam Hee-chan dari klub Bundesliga, RB Leipzig, selama satu musim dengan opsi transfer permanen melalui biaya 13 juta poundsterling atau Rp 256 milar.

Hee-chan memang belum turun membela Wolves di laga melawan Man United. Namun, besar kemungkinan Hee-chan akan turun di laga Liga Inggris selanjutnya melawan Watford pada Sabtu (11/9) malam WIB.

Baca Juga: Profil Eldor Shomurodov, Striker Anyar AS Roma Pernah Gasak Evan Dimas Cs

Di sisi lain, Hee-chan adalah bagian dari skuat Timnas Korea Selatan U-19 yang pernah dikalahkan Timnas Indonesia U-19 yang diperkuat oleh Evan Dimas Darmono.

Kala itu, Korea Selatan kalah 2-3 dari Indonesia dalam laga terakhir penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Profil Hwang Hee-chan

Baca Juga: Jessica Iskandar Jadi Wanita Gym, Body Goals Bikin Gagal Fokus

Hwang Hee-chan merupakan sosok kelahiran Chuncheon, Gangwon, Korea Selatan pada 26 Januari 1996. Dia mulai bermain sepak bola sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Pada 2008, Hee-chan menjadi top skorer dalam dua kompetisi junior nasional Korea Selatan  Hwarangdaegi Tournament dan Dongwon Youth Cup.

Hee-chan lantas masuk ke skuat Timnas U-12 Korea Selatan dan mencetak 22 gol di Kanga Cup. Berkat penampilan spektakuler itu, dia diganjar penghargaan Cha Bum-kun Award.

Baca Juga: Egy Maulana Jalani Latihan Perdana bersama FK Senica, Ini Videonya

Setelah lulus dari sekolah dasar, Hee-chan masuk ke SMP Pohang Jecheol. Prestasi mentereng kembali ditorehkannya di jenjang ini, kemudian dia masuk ke SMA Pohang Jecheol.

Hee-chan awalnya ingin direkrut oleh klub Korea Selatan, Pohang Steelers. Namun, dia memilih bergabung dengan klub Austria, EB Salzburg pada 2014.

Di awal kedatangannya, Hee-chan dipinjamkan ke klub divisi kedua Austria, FC Liefering. Penampilan Hwang Hee-chan sangat menjanjikan dengan mencetak 13 gol dari 31 laga divisi kedua Liga Austria.

Baca Juga: Egy Maulana Gabung FK Senica: Dijuluki Messi Indonesia Bikin Followers Naik

Di paruh kedua musim 2015/16, Hee-chan kembali ke Salzburg. Namun, dia dipinjamkan kembali ke Hamburg SV pada musim 2018/19 yang saat itu ada di divisi kedua Liga Jerman.

Total Hee-chan bermain selama empat musim di Salzburg dengan mencetak 45 gol dari 126 penampilan. Performa gemilang itu membuatnya ditransfer ke Leipzig pada musim 2020/21.

Di musim perdananya, dia tampil 18 kali di Bundesliga namun tak menorehkan satupun gol. Di ajang DFB Pokal, Hwang Hee-chan menunjukkan ketajamannya dengan tiga gol dan membawa Leipzig ke final.

Di musim 2021/22, Hee-chan sebetulnya masih jadi andalan Leipzig dengan turun di tiga laga. Namun, mereka memutuskan untuk meminjamkannya ke Wolves.

Di level Timnas, Hwang Hee-chan menjadi bagian Timnas Korea yang meraih medali emas di Asian Games 2018. Dia juga jadi top skorer Piala AFC U-16 2012.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak