Bolaindonesia

Gelaran Liga 1 2021 Berlanjut, Wajib Terapkan Prokes Ketat

Serangkaian pertandingan diizinkan dihelat asalkan tetap wajib menerapkan protokol kesehatan.

Husna Rahmayunita

Jalannya pertandingan Bali United vs Persik Kediri di laga pembuka Liga 1 2021 yang digelar di SUGBK, Jumat (27/8/2021). [LIB]
Jalannya pertandingan Bali United vs Persik Kediri di laga pembuka Liga 1 2021 yang digelar di SUGBK, Jumat (27/8/2021). [LIB]

Bolatimes.com - Gelaran Liga 1 2021/2021 dipastikan berlanjut selepas PT Liga Indonesia Baru (LIB) mendapatkan dukungan dari BNPB-Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Serangkaian pertandingan diizinkan dihelat asalkan tetap wajib menerapkan protokol kesehatan ketat karena situasi pandemi.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Cobid-19 Letjen TNI Ganip Warsito.

"Kami akan sangat mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepak bola profesional di Indonesia," ujar Ganip dalam keterangan dari LIB/

Hal itu diungkapkan Ganip saat ditemui Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Sekjen PSSI Yunus Nusi serta Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita di Kantor BNPB, Senin (30/8/2021) sore.

PSSI dan LIB menyampaikan kesanggupan untuk selalu menjalankan prosedur kesehatan yang sudah berjalan pada tiga laga awal Liga 1 2021-2022.

Sejumlah protokol yang dilaksanakan seperti adanya tes usap PCR sehari sebelum pertandingan, menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan mewajibkan sudah menerima vaksin.

Rencananya, pertandingan lanjutan pekan pertama Liga 1 akan bergulir mulai 3 September 2021 di beberapa stadion di Jabodetabek.

"Saat pelaksanaan pertandingan, kami juga memastikan bahwa perimeter dalam area stadion dalam kondisi steril, serta memastikan ketersediaan peralatan kesehatan seperti 'thermogun' dan 'hand sanitizer' bisa digunakan secara maksimal," kata Akhmad Hadian.

Sementara Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto menegaskan bahwa semua klub siap untuk melanjutkan Liga 1 Indonesia 2021-2022.

"Menyimak perkembangan kondisi dan semangat klub-klub, kami berharap bisa melahirkan kompetisi yang 'fair', berkualitas, dan menghibur masyarakat Indonesia di tengah situasi pandemi ini," tutur Iwan.

Untuk diketahui, Liga 1 Indonesia 2021-2022 dimulai sejak 27 Agustus 2021 dan telah menuntaskan tiga pertandingan tanpa kendala berarti atu artinya prokes ketat lancar diterapkan.

Ketiga pertandingan tersebut yakni Bali United versus Persik pada Jumat (27/8) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Persipura kontra Persita di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8) dan Bhayangkara FC melawan Persiraja pada Minggu (29/8) di Indomilk Sport Center, Tangerang.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini