Bolaindonesia

Ada PPKM, PT LIB Tetap Ngotot Gelar Liga 1 di Pulau Jawa

Sedang ada PPKM Darurat di Pulau Jawa-Bali

Irwan Febri Rialdi

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Dok. PSSI).
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Dok. PSSI).

Bolatimes.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru ( PT LIB), Akhmad Hadian Lukita, menegaskan bahwa Liga 1 2021/2022 akan berlangsung di Pulau Jawa. Berbagai pertimbangan telah dilakukan untuk menetapkan Pulau Jawa, meski sedang ada PPKM Darurat.

Salah satu yang menjadi pertimbangan PT LIB tetap memilih Pulau Jawa adalah tersedianya infrastruktur yang memenuhi persyaratan untuk bisa menggelar pertandingan level Liga 1

“Liga 1 2021/2022 akan tetap dilakukan di pulau Jawa. Hal ini kami lakukan karena banyak sekali pertimbangan untuk menggelar sebuah pertandingan,” kata Akhmad Hadian Lukita saat dihubungi awak media, Kamis (15/7/2021).

“Selain itu, 12 klub Liga 1 berada di pulau Jawa. Transportasi melalui jalan darat dan dengan prokes yang ketat sangat memudahkan mobilisasi klub-klub, juga karena untuk liga sekarang tidak memungkinkan dengan moda transportasi udara.”

Sebelumnya, ada beberapa masukan supaya Liga 1 digelar di luar Pulau Jawa di mana bukan zona merah Covid-19. Namun, di luar Pulau Jawa sulit bagi PT LIB menemukan beberapa hal penunjang supaya Liga 1 2021/2022 bisa berjalan.

Apalagi, format Liga 1 musim ini akan menggunakan bubble yang artinya tidak sedikit stadion yang dipakai untuk berkompetisi.

“Diperlukan lebih dari 20 stadion yang representatif untuk full kompetisi Liga 1 dan Jawa bisa memenuhi hal tersebut. Kondisi seperti saat ini diperlukan fasilitas kesehatan yang juga representatif di setiap kota. Juga hal lainnya yang mendukung liga yaitu jaringan internet harus mumpuni,” ucapnya.

Seperti diketahui, sistem enam seri dengan tiga klaster akan digunakan di Liga 1 2021/2022. Seri pertama akan digelar di Jawa Barat-Jakarta-Banten, Kedua di Jawa tengah-Yogyakarta, ketiga di Jawa Timur.

Keempat tetap di Jawa Timur, kelima kembali ke Jawa Tengah-Yogyakarta, dan terakhir Banten-Jakarta-Jawa Barat akan jadi tuan rumah seri terakhir.

Adapun Liga 1 2021/2022 dijadwalkan kick-off pada akhir Agustus setelah mengalami penundaan yang semula bergulir pada 9 Juli lalu karena melonjaknya angka kasus positif Covid-19 di Indonesia.

(Adie Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini