Boladunia

Resmi Datangkan Donnarumma, Ini 7 Kiper Berlabel Bintang Milik PSG

Kehadiran Donnarumma menambah deretan kiper berlabel bintang di PSG

Irwan Febri Rialdi

Gianluigi Donnarumma resmi gabung PSG. (Instagram/@psg)
Gianluigi Donnarumma resmi gabung PSG. (Instagram/@psg)

Bolatimes.com - Gianluigi Donnarumma resmi menandatangani kontrak bersama Paris Saint-Germain (PSG) pasca kontraknya habis bersama AC Milan di musim panas 2021.

Gianluigi Donnarumma gabung PSG dengan status bebas transfer sesaat setelah mengantarkan Italia menjuarai Euro 2020.

Kiper berusia 22 tahun ini sendiri dilaporkan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun hingga 2026. Nantinya di PSG, Donnarumma dilaporkan akan mendapat bayaran sekitar 12 juta juta euro per musimnya.

Bayaran ini naik dua kali lipat lebih dari apa yang Donnarumma terima di AC Milan yakni 5 juta euro per musimnya.

Gianluigi Donnarumma pun menjadi pemain anyar keempat PSG yang sebelumnya telah mendatangkan Giorgio Wijnaldum, Achraf Hakimi, dan Sergio Ramos.

Faktanya, termasuk Donnarumma, dua pemain lainnya yakni Wijnaldum dan Ramos didatangkan secara gratis karena kontraknya habis dengan klub-klub sebelumnya.

Kedatangan Donnarumma sendiri disambut banyak pihak mengingat konsistensi penampilannya di Euro 2020 bersama Italia dan bersama AC Milan musim lalu.

Namun, tak sedikit juga pandangan miring lahir setelah PSG meresmikan Donnarumma. Pasalnya, kedatangan kiper Italia itu membuat posisi penjaga gawang di Les Parisiens menumpuk.

Termasuk Donnarumma, berarti PSG memiliki tujuh penjaga gawang. Jumlah ini tak ideal mengingat hanya tiga kiper saja yang akan digunakan dalam satu musim dan beberapa di antaranya takkan pernah mau menjadi pilihan kedua dan ketiga.

Lantas, siapa saja kiper selain Gianluigi Donnarumma di Paris Saint-Germain saat ini? Berikut daftarnya.

1. Keylor Navas (34 Tahun)

Keylor Navas merupakan penjaga gawang utama PSG dalam dua musim terakhir. Ia menjadi aktor penting di balik keberhasilan Les Parisiens menembus final Liga Champions 2019/20.

Sebelumnya, ia datang ke PSG karena tersisih dan enggan menjadi kiper kedua Real Madrid yang baru saja mendatangkan Thibaut Courtois pada 2018 lalu.

Kedatangan Donnarumma di tahun 2021 ini pun diyakini akan berpengaruh terhadap masa depannya di kota Paris.

2. Sergio Rico (27 Tahun)

Posisi kiper kedua PSG di musim lalu adalah Sergio Rico. Kiper berusia 27 tahun ini merupakan pelapis Keylor Navas di musim 2020-2021 lalu.

Sergio Rico sendiri telah membela PSG sejak 2019 dengan status pinjaman dari Sevilla. Ia pun dipermanenkan pada 2020 lalu.

Dengan usia matang dan pengalamannya, Sergio Rico diyakini enggan turun kasta menjadi kiper ketiga di belakang Keylor Navas dan Gianluigi Donnarumma.

3. Marcin Bulka (21 Tahun)

Di posisi kiper ketiga PSG sebelumnya dipegang oleh Marcin Bulka pada 2019 lalu selepas dirinya hengkang secara gratis dari Chelsea.

Bulka menjadi kiper ketiga di musim 2019-2020 di belakang Keylor Navas dan Sergio Rico dan terbilang jarang mendapat kesempatan bermain.

Pada 2020 ia memilih hengkang dengan status pinjaman ke Chateauroux. Di 2021 ini pun Bulka kembali dan diyakini akan dipinjamkan kembali seiring kedatangan Donnarumma.

4. Alphonse Areola (28 Tahun)

Kiper keturunan Filipina ini sejatinya merupakan kiper didikan akademi dan sempat menjadi kiper utama PSG.

Alphonse Areola menjadi kiper utama PSG sejak musim 2016-2017 usai menjalani peminjaman ke berbagai klub.

Areola pun sempat menjadi bagian kesepakatan kepindahan Keylor Navas ke PSG di mana ia dipinjamkan ke Real Madrid. Setelahnya, ia dipinjamkan ke Fulham.

Dengan kehadiran Donnarumma, kiper berusia 28 tahun ini diyakini akan dipinjamkan kembali mengingat penampilannya membuat West Ham United tertarik mendatangkannya.

5. Garissone Innocent (21 Tahun)

Sama seperti Areola, Garissone Innocent merupakan kiper didikan akademi PSG. Ia promosi ke tim utama pada 2020 lalu.

Setelah promosi ke tim utama, ia langsung dipinjamkan ke SM Caen selama satu musim di mana ia hanya membuat tiga penampilan saja.

Kedatangan Donnarumma membuat Innocent tak punya masa depan di PSG. Dengan kata lain, di sisa kontraknya yang tinggal dua tahun, ia bisa saja dipinjamkan atau dilepaskan secara permanen.

6. Alexandre Letellier (30 Tahun)

Selain Keylor Navas, PSG memiliki kiper gaek lainnya yang telah berusia kepala tiga yakni Alexandre Letellier.

Pemain jebolan akademi PSG ini hengkang saat masih muda pada 2010 lalu ke SCO Angers dengan status bebas transfer.

Setelah delapan tahun membela Angers, ia berpetualang ke berbagai klub dan kembali ke PSG pada 2020 lalu.

Selama musim 2020-2021 di PSG, Letellier tak tampil sekalipun. Dengan usianya yang telah 30 tahun dan kontraknya yang tersisa satu tahun lagi, ia pun diyakini akan kembali meninggalkan tim masa mudanya tersebut di sisa waktu musim panas ini.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini