Bolaindonesia

Dianggap Mata Duitan Lewat Tagar 'Money Klok', Marc Klok: Itu Menyakitkan

Marc Klok berikan reaksi terkait tagar Money Klok.

Arif Budi Setyanto

Marc Klok saat menjalani latihan bersama Persib Bandung (Twitter Persib Bandung/@persib)
Marc Klok saat menjalani latihan bersama Persib Bandung (Twitter Persib Bandung/@persib)

Bolatimes.com - Pemain naturalisasi Marc Klok menjadi sorotan pecinta bola Indonesia karena membuat keputusan mengejutkan. Marc Klok meninggalkan klub lamanya, Persija Jakarta dan gabung ke Persib Bandung.

Kepindahan Marc Klok ke dari Persija ke Persib tentu menimbulkan kontroversi. Banyak suporter yang membuat tuduhan bahwa Marc Klok merupakan pemain mata duitan.

Nyatanya setelah hengkang dari Persija, akun media sosial Marc Klok banyak diserang dengan tagar #MoneyKlok.

Menanggapi tuduhan tersebut, Marc Klok buka suara dalam wawancaranya di YouTube Asumsi yang tayang pada Senin (5/7/2021).

Dalam sudut pandangnya, Marc Klok mengaku bisa memahami tuduhan para suporter itu. Kendati demikian, dia juga merasakan sedikit sakit hati.

"Sejujurnya, mungkin saya bisa memahami sudut pandang orang yang berkata demikan (Money Klok). Namun di sisi lain, itu menyakiti hati saya," reaksi Marc Klok.

"Karena jika orang benar-benar mengenal saya dan cerita sebenarnya, mereka akan paham bahwa saya tidak money oriented," imbuhnya.

Marc Klok beri respons terkait tuduhan Money Klok. (YouTube/Asumsi).
Marc Klok beri respons terkait tuduhan Money Klok. (YouTube/Asumsi).

Dia mengatakan pilihannya hengkang dari Persija karena ada hak-hak yang dijanjikan kepadanya tidak terpenuhi.

"Misalnya, jika Anda bekerja, apa pun pekerjaan Anda sekarang. Misalnya Anda membangun rumah, selesai, rumahnya bagus. Klien senang. Bos Anda senang, tetapi Anda tidak dibayar. Apa rasanya sebagai pekerja?"

"Jadi apakah itu membuatmu mengutamakan uang? Menurut saya tidak. Jadi itu reaksi saya, berdasarkan contoh ini," imbuhnya.

Lebih lanjut, Marc Klok menegaskan bahwa uang merupakan bagian dari profesinya yang merupakan pemain profesional sepak bola.

"Tetapi saya ingin menjelaskan bahwa uang adalah bagian dari profesi yang kita lakukan. Uang adalah bagian dari hidup."

"TIdak ada orang di dunia ini yang bekerja secara gratis. Apakah itu membuat kalian menjadi orang yang mementingkan uang? Menurut saya tidak."

"Saya tidak merasa diri saya orang yang hanya mementingkan uang, tapi itu bagian pekerjaan. Tidak ada orang di dunia ini yang bekerja gratis. Tidak ada hal dalam hidup yang gratis. Saya punya keluarga untuk diberi nafkah, saya punya kewajiban untuk dipenuhi," tegasnya.

Oleh sebab itu, menurut Klok hal tengtang anggapan bahwa dia dituduh sebagai 'money oriented' merupakan topik yang sensitif untuk dibicarakan.

Dia juga menegaskan bahwa kepindahannya ke Persib adalah pilihan murni agar dirinya merasakan kebahagiaan, penghargaan, komitmen serta hal yang paling penting baginya, yaitu sepak bola.

Berita Terkait

Berita Terkini