Boladunia

Profil Kevin Diks, Pemain Berdarah Maluku yang Gabung Klub Raksasa Denmark

Karier pemain berdarah Indonesia, Kevin Diks, tengah menanjak. Ia direkrut oleh klub raksasa Denmark, FC Copenhagen. Simak profil pemain 25 tahun itu

Irwan Febri Rialdi

Kevin Diks resmi bergabung klub raksasa Denmark, FC Copenhagen. (Dok. FC Copenhagen)
Kevin Diks resmi bergabung klub raksasa Denmark, FC Copenhagen. (Dok. FC Copenhagen)

Bolatimes.com - Bek berdarah Indonesia, Kevin Diks telah resmi bergabung dengan klub raksasa Denmark, FC Copenhagen pada Senin, (5/7/2021) waktu setempat. Kevin Diks didatangkan dari klub Serie A Italia, Fiorentina untuk memperkuat lini pertahanan FC Copenhagen. Pemain 24 tahun tersebut telah diberi kontrak jangka panjang hingga tahun 2025 mendatang.

Diketahui FC Copenhagen merekrut Kevin Diks dengan status bebas transfer dari Fiorentina setelah ia memutskan kontraknya setelah dipinjamkan dari klub Denmark, Aarhus GF. Lalu bagaimana sepak terjang pemain berdarah Indonesia dalam kariernya di dunia sepak bola? Simak ulasannya berikut ini.

Kevin Diks Bakarbessy atau yang dikenal dengan Kevin Diks merupakan pesepak bola Belanda yang bermain sebagai bek kanan dengan klub barunya FC Copenhagen. Kevin lahir di Apeldoorn, Belanda pada 6 Oktober 1996, saat ini berusia 24 tahun. Diketahui bahwa Kevin Diks merupakan pesepak bola berdarah Maluku, Indonesia. Ia juga memiliki seorang kakak yang sama-sama sebagai pesepak bola yang bernama Jamarro Diks.

Kevin mengawali karier sebagai pesepak bola sejak dirinya bergabung dengan klub Belanda, Vitesse pada tahun 2005 saat ia berusia 9 tahun. Hingga tahun 2014, dirinya dipanggil ke skuad utama Vitesse. Kevin nejalani debut untuk timnya di Eredivisie dengan kalah melawan PEC Zwolle. Pada tanggal 6 Juli 2016, Kevin bergabung dengan klub Serie A Fiorentina sebagai bek kanan. Debut pertamanya pada 23 November 2016 dengan kemenangan melawan Cagliari menggantikan Cristian Tello pada menit akhir.

Selama berseragam Fiorentina, dirinya dipinjamkan kepada beberapa klub. Dirinya sempat kembali ke Vitesse dengan status pinjaman pada tahun 2017. Setelah dari Vitesse, Kevin dipinjamkan ke Feyernoord Amsterdam, Empoli, Aargus GF hingga dipinang oleh klub raksasa Denmark, FC Copenhagen pada tahun 2021 ini. FC Copenhagen merupakan salah satu tim tersukses di Denmark dengan koleksi 13 gelar juara liga. Pada musim lalu FC Copenhagen bertanding pada kualifikasi Liga Europa namun FC Copenhagen gagal menembus putaran final. Saat bersama Feyernoord Amsterdam, ia sempat bermain di Liga Champions sebagai fullback kiri dan gelandang bertahan.

Kevin Diks memulai karier pada timnas Belanda pada 9 Oktober 2014. Ia membuat debutnya pada timnas Belanda U-19 dengan kemenangan melawan Andorra U-19 dengan skor 7-0. Bek asal Belanda tersebut pernah menarik perhatian PSSI untuk dinaturalisasi. Namun pada September 2020, PSSI menyebutkan Kevin Diks tidak dapat dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia karena usianya yang telah memasuki 24 tahun. Kala itu PSSI mencari pemain dibawha U-20 untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20.

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini