Bolaindonesia

Media Vietnam Soroti Langkah Menpora yang Akan Perketat Aturan Naturalisasi

Masalah pemain naturalisasi Indonesia juga mendapatkan sorotan media Vietnam.

Arif Budi Setyanto

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Bolatimes.com - Media Vietnam ikut menyoroti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, yang mengaku bakal memperketat aturan naturalisasi pemain khususnya di cabang olahraga (cabor) sepakbola.

Zainudin Amali telah menanggapi rencana PSSI yang ingin menaturalisasi pemain untuk kebutuhan Timnas Indonesia atas rekomendasi pelatih Shin Tae-yong. Dia berharap pemain yang ada untuk dimanfaatkan.

“Untuk naturalisasi akan saya perketat untuk semua cabang olahraga. Kita akan lihat seberapa besar urgensinya. Sebaiknya memanfaatkan potensi yang ada,” kata Amali dikutip dari laman Kemenpora, Sabtu (3/7/2021).

Menurut Amali banyak pemain-pemain yang membuatnya kecewa. Dia sudah memantaunya sendiri saat gelaran Piala Menpora 2021. Bahkan menteri asal Gorontalo itu mengatakan pemain-pemain naturalisasi yang ada saat ini masih belum bisa jadi contoh yang baik.

“Pada saat turnamen pra musim Piala Menpora yang lalu, saya sangat serius memperhatikan kualitas pemain naturalisasi itu. Mereka belum bisa jadi panutan bagi para pemain asli kita,” jelasnya.

"Yang lebih mengecewakan lagi ada pemain naturalisasi yang dipanggil untuk memperkuat Timnas yang akan bertanding di luar negeri malah beralasan macam-macam dan pulang ke kampung halamannya,” dia menambahkan.

Timnas Indonesia. (PSSI)
Timnas Indonesia. (PSSI)

Hal itu kemudian menarik perhatian media Vietnam, Laodong.vn. Dalam laporannya, mereka menulis sepak bla merupakan cabor olahraga yang punya pemain naturalisasi terbanyak di Indonesia.

"Tak banyak pemain naturalisasi yang meninggalkan jejak kuat saat membela Timnas Indonesia. Menurut Zainudin Amali, kualitas pemain naturalisasi tidak jauh berbeda dengan pemain lokal," tulis laporan media Vietnam tersebut.

Tak hanya itu, media Vietnam juga menyoroti baru-baru ini Indonesia sudah berhasil menyelesaikan naturalisasi untuk Ezra Walian yang pernah bermain di Ajax Amsterdam.

Timnas Indonesia sendiri sudah gagal di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Mereka pun akan bersaing di babak play-off untuk memperbutkan tiket ke kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Taiwan yang berlangsung dua leg. Laga itu dijadwalkan pada 7 September dan 12 Oktober mendatang.

Berita Terkait

Berita Terkini