Bolaindonesia

Profil Bali United, Klub yang Baru Berusia Enam Tahun

Berikut profil seputar Bali United.

Rauhanda Riyantama

Pelatih fisik Bali United, Yogi Nugraha, saat mendampingi anak asuhnya. (Dok. Bali United)
Pelatih fisik Bali United, Yogi Nugraha, saat mendampingi anak asuhnya. (Dok. Bali United)

Bolatimes.com - Bali United sejak berdiri pada 2015 lalu, telah menampakkan perkembangan signifikan dalam kurun waktu yang relatif singkat. Banyak perubahan yang dialami klub kebanggaan warga Bali ini.

Mulai dari era Indra Sjafri hingga Stefano Cugurra, banyak rotasi pemain yang mengisi kekuatan Serdadu Tridatu. Seperti apa profil Bali United sebagai juara Liga 1 2019 ini?

Profil Bali United, Juara Liga 1 2019

Dikutip dari laman resmi Bali United, sejarah Bali United dimulai pada tahun 1989 sebagai Persisam Putra Samarinda. Pada tahun 2015, Persisam memindahkan basis mereka ke Gianyar, Bali sekaligus mengubah nama klub menjadi Bali United Pusam sebelum akhirnya mengadopsi nama Bali United Football Club. Satu-satunya klub Liga 1 di Pulau Dewata ini terus menunjukkan performa yang meningkat. Pada Liga 1 2017 lalu, Serdadu Tridatu keluar sebagai runner up.

Pada musim 2019 lalu, Bali United meroket tajam dengan merajai kasta tertinggi kompetisi bola Indonesia, Liga 1. Target besar yang dibidik klub dalam kurun waktu lima tahun ini tercapai. Bahkan pesta besar-besaran digelar untuk merayakan gelar juara.

Kesiapan Menuju Liga 1 2021

Menjelang awal musim Liga 1 2021, Bali United masih dianggap sebagai juara bertahan. Pasalnya, Liga 1 2020 lalu dihentikan di pekan ketiga akibat pandemi Covid-19 yang melanda. Klub Jalak Bali yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali ini tidak banyak lakukan perubahan menyambut Liga 1 2021/2022. Stefan Cugurra masih dipercaya menjadi pelatih. Deputinya digantikan oleh Antonio Claudio serta pelatih kipernya seperti Andrew Keith Peterson dan Marcelo da Silva.

Bali United dikabarkan mempertahankan 90% komposisi skuad musim lalu. Ada beberapa pergantian, seperti kehadiran Diego Assis dan Rizky Pellu. Diego Assis diharapkan dapat menjadi penerus Paul Sergio. Sedangkan Rizky Pellu yang berasal dari PSM Makassar telah mencetak tiga gol untuk Bali United dari rangkaian uji coba dan penampilannya di Piala Menpora 2021.

Penundaan Liga 1 2021

Bali United menjadi salah satu klub yang merespons penundaan kompetisi Liga 1 2021. Dalam waktu berdekatan ini, Bali United memang memiliki “gawe” di Piala Wali Kota Solo, Piala AFC, dan Liga 1 yang sedianya berlangsung berurutan.

Pada Selasa (29/6/2021) lalu, Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi dalam konferensi virtual mengumumkan penundaan kompetisi Liga 1 2021. “Pertama kami sampaikan bahwa PSSI kemarin telah menerima surat dari Satgas Covid-19 yang ditandatangani langsung oleh Letjen Ganiv selaku ketua BNPB sekaligus ketua Satgas Covid-19”.

Meski ditunda, Bali United mengambil sikap dengan tetap menjalankan program latihan tim sembari menunda pengumuman pelaksanaan kompetisi yang akan berlangsung pada tahun ini. Hal ini ditegaskan oleh Yabes Tanun, Chief Executive Officer (CEO) Bali United, dilansir dari laman resmi Bali United Selasa (29/6/2021) “Kami tetap akan menunggu kepastian secara resmi kabar penundaan kompetisi ini baik dari Liga 1 dan juga Piala AFC”.

Profil dan Data Bali United

Nama Klub          : Bali United
Tahun berdiri     : 2015
Prestasi terakhir : Juara Liga 1 2019
Stadion                 : Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali
Pelatih                  : Stefano Teco Cugurra
Pemain bintang : Ilija Spasojevic
Nama Suporter: Semeton Dewata, Brigaz Bali, North Side Boys 12, Curva Sud Dewata

Daftar skuad

Kiper: Wawan Hendrawan, Nadeo Arga Winata, Samuel Reimas, Rakasurya

Belakang: I Gde Agus Mahendra, Ricky Fajrin, Michael Yansen Orah, Willian Pacheco, I Komang Tri Artha Wiguna, Haudi Abdillah, Leonard Tupamahu, Gunawan Dwi Cahyo, I Made Andhika Wijaya, Gavin Kwan Adsit, Dias Angga Putra

Tengah: Fadil Sausu, Diego Assis, Hariono, Kadek Agung Widnyana Putra, Rizky Pellu, Stefano Lilipaly, Brwa Hekmat Nouri, M. Sidik Saimima, M. Taufiq

Depan: Ilija Spasojevic, M. Rahmat, Yabes Roni Malaifani, Kadek Dimas Satria, Lerby Eliandry Pong Babu, Fahmi Al-Ayyubi, Melvin Platje.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini