Bolaindonesia

Shin Tae-yong Akui Pulang ke Korsel untuk Berobat, Bukan Liburan

Shin Tae-yong memberikan klarifikasi atas pernyataannya beberapa waktu lalu

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akhirnya buka suara terkait perang narasi antara PSSI dan media Korea Selatan soal kondisi kesehatannya.

PSSI dalam rilisnya mengatakan Shin Tae-yong harus kembali ke Korea Selatan untuk berobat dan melakukan pengecekan kesehatan.

Juru taktik timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu sempat terinfeksi virus Corona hingga kesehatannya sempat memburuk, sebelum pulih dan kembali melatih Timnas Indonesia.

Namun pernyataan PSSI mendapat bantahan dari media Korea Selatan. Mereka menganggap PSSI berbohong karena Shin Tae-yong diklaim sedang baik-baik saja.

Dua narasi berbeda itu menimbulkan polemik, dan Shin Tae-yong akhirnya buka suara. Dia mengakui memang pulang ke Korea Selatan untuk berobat di mana pernyataan itu secara tak langsung membela PSSI.

"Saya meminta izin kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) agar saya dapat pulang ke Korea Selatan dengan pertimbangan efek Covid-19 yang pernah saya alami. Saya akan berobat dan check up di Korea Selatan," kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI, Jumat (2/7/2021).

Kepulangan Shin Tae-yong ke Korea Selatan ini juga dikarenakan situasi yang tidak memungkinkan untuk menjalankan program timnas Indonesia lantaran kasus Covid-19 yang tengah melonjak tajam.

Tadinya, PSSI juga berencana menggelar training camp (TC) sekaligus seleksi Timnas Indonesia U-18 untuk Piala Dunia U-20 2023, tetapi batal karena infeksi virus Corona kian merebak di Tanah Air.

"Setelah berkoordinasi dengan PSSI dan melihat pandemi Covid-19 yang sedang tinggi di Jakarta tentu tidak memungkinkan digelarnya pemusatan latihan Timnas. Begitu selesai melakukan pengobatan tentu saya akan segera kembali ke Indonesia," beber Shin Tae-yong.

Selain Shin Tae-yong, empat asisten pelatih Timnas Indonesia, yakni Choi In-cheul, Kim Woo-jae, Kim Hae-won dan Lee Jae-hong turut serta kembali ke Korea Selatan.

Saat ini PSSI menunggu update road map terbaru lagi dari Shin Tae-yong sembari menjalani pengobatan di Korea Selatan. PSSI pun berharap Shin Tae-yong cepat sembuh dan segera kembali melatih Timnas Indonesia.

(Adie Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini