Bolaindonesia

Profil Persija Jakarta, Salah Satu Favorit Juara Liga 1 2021

Persija Jakarta memiliki materi pemain top.

Rauhanda Riyantama

Striker Persija Jakarta, Osvaldo Hay (kedua kanan) merayakan golnya bersama rekan-rekannya pada laga uji coba kontra Geylang International di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (23/2/2020) malam. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]
Striker Persija Jakarta, Osvaldo Hay (kedua kanan) merayakan golnya bersama rekan-rekannya pada laga uji coba kontra Geylang International di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (23/2/2020) malam. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Bolatimes.com - Seluruh tim saat ini sedang mempersiapkan diri untuk tampil di Liga 1 2021. Tak terkecuali Persija Jakarta yang saat ini dilatih oleh juru taktik asal Italia, Angelo Alessio.

Mantan gelandang Juventus tersebut menjadi pelatih baru Persija Jakarta yang sebelumnya dipimpin oleh Sudirman yang mampu membawa Piala Menpora pada bulan April 2021. Persija Jakarta juga tidak mengalami banyak perubahan dalam daftar pemain pada Liga 1 2021.

Lantas bagaimana sepak terjang Persija Jakarta menjadi salah satu klub terbaik di Indonesia. Simak profilnya berikut ini.

Profil Persija Jakarta

Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta (Persija Jakarta) merupakan klub sepak bola yang berbasis di Jakarta. Persija merupakan salah satu klub sepakbola paling sukses di sejarah sepakbola Indonesia dengan torehan 2 kali juara liga domestik dan 9 kali juara turnamen perserikatan hingga sejauh ini.

Sejarah Persija Jakarta

Skuad Macan Kemayoran (julukan Persija Jakarta) didirikan pada tanggal 28 November 1928 dengan nama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ). VIJ merupakan salah satu klub sepak bola yang saat itu ikut mendirikan Persatuan sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan keikutsertaan wakil VIJ, Mr. Soekardi dalam pembentukan PSSI di Societeit Hadiprojo Yogyakarta pada Sabtu, 19 April 1930. Pasca kemerdekaan, VIJ berganti dengan nama Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta atau Persija Jakarta hingga saat ini.

The Jakmania

Persija Jakarta bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta yang berkapasitas 78,127 penonton. Persija Jakarta dikenal dengan suporter yang besar dan fanatik yang dikenal dengan nama “The Jakmania”. Jakmania telah berdiri sejak Ligina IV pada 19 Desember 1997.

Berdirinya The Jakmania ini dicetus oleh manajer Persija Jakarta pada waktu itu, Diza Rasyid Ali. Ide pembentukan suporter ini didukung oleh Gubernur DKI Jakarta pada waktu itu, Sutiyoso. Sebagai seorang pembina Persija Jakarta, Gubernur Sutiyoso ingin membangkitkan dan menghidupkan sepak bola Jakarta salah satunya melalui pembentukan basis supoter Persija Jakarta.

Persija Jakarta Tahun 2020

Perubahan besar terjadi pada tubuh Persija Jakarta pada tahun 2020. Persija Jakarta menunjukkan keseriusannya pada Liga 1 2020 pada bursa transfer. Persija Jakarta mendatangkan berbagai pemain seperti Alfath Faathier, Otavio Dutra, Rafli Mursalim, Evan Dimas Darmono, Marc Anthony Klok, Marco Motta, dan Osvaldo Haay ke dalam skuad.

Persija Jakarta kemudian mengikuti turnamen Piala Gubernur Jawa Timur 2020 dengan status undangan. Persija Jakarta berhasil menaklukan Persela Lamongan dengan skor 4-1, Sabah FA 2-0 dan hasil imbang dengan Arema pada fase grup.

Persija Jakarta lolos ke semifinal dengan status juara grup mengalahkan Madura United dengan skor 2-1. Pada partai final, Persija harus terpaksa menjadi runner-up setelah kala dari Persebaya Surabaya dengan skor 1-4.

Pada akhir musim, Persija Jakarta melakukan pertandingan pramusim dengan uji coba internasional melawan klub Singapura Geylang International di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada pertandingan tersebut, Persija Jakarta unggul dengan skor 3-1.

Daftar Skuad Sementara Persija Jakarta 2021

Kiper: Andritany Ardhiyasa, Shahar Ginanjar, Adixi Lenzivio, Risky Sudirman

Bek: Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanusa, Otavio Dutra, Alfath Faathier, Al Hamra Hehanussa, Resky Fandi, Marco Motta, Tony Sucipto, M. Alief Rama

Gelandang: Novri Setiawan, Rohit Chand, Evan Dimas Darmono, Riko Simanjuntak, Rizki Ramdani Lestaluhu, Dwiki Arya, Braif Fatari

Penyerang: Marko Simic, Taufik Hidayat 

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini