Bolaindonesia

Profil Emil Audero, Kiper Sampdoria yang Bisa Bela Timnas Indonesia

Emil Audero memang sudah pernah memperkuat Timnas Italia, tetapi hanya kelompok umur. Dia masih bisa dinaturalisasi untuk bela Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi (@emil_audero/Instagram)
Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi (@emil_audero/Instagram)

Bolatimes.com - Emilio Audero Mulyadi atau Emil Audero dikenal sebagai seorang penjaga gawang klub Italia berdarah Indonesia. Pemain sepak bola muda berbakat ini bermain untuk Sampdoria dan sempat bermain dalam tim nasional Italia pada berbagai kategori umur. Simak profil Emil Audero selengkapnya berikut ini.

Profil Emil Audero

Emil Audero Mulyadi (@emil_audero/Galih)
Emil Audero Mulyadi (Instagram@emil_audero)

Emil merupakan pesepakbola keturunan darah Indonesia dan Italia yang lahir pada 18 Januari 1997 di Kota Mataram, NTB. Ayah Emil, Edy Mulyadi, adalah orang Indonesia dan ibunya, Antonela Audero, merupakan orang Italia. Dia sempat tinggal di Indonesia selama setahun dan pindah ke Cumiana Italia pada tahun 1998.

Di awal karirnya, Emil Audero bergabung bersama sebuah klub kemudian diundang Juventus Allievi (U-17) untuk sesi latihan dan akhirnya direkrut. Ia menunjukkan penampilan yang gemilang bersama Juventus Allievi hingga meraih penghargaan The Young Italy Talents of The Future 2012.

Emil Audero sendiri telah bergabung dengan Juventus F.C. Youth Sector sejak usia 11 tahun setelah di-notice oleh Michelangelo Rampulla. Emil pernah diajak berlatih bersama tim utama saat Juventus FC akan menghadapi Sampdoria di ajang Serie A. Ia kemudian dikontrak oleh Juventus. Sepanjang karirnya, ia juga pernah dipinjamkan ke klub Serie B, Venezia lalu dipinjamkan ke klub Serie A, Sampdoria.

Emil Audero telah memperkuat Timnas Italia di berbagai kelompok umur, tetapi belum sekalipun debut di skuat senior. Ia masih bisa dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Raja Penjaga Gawang Sampdoria

Reaksi gelandang Inter Milan, Radja Nainggolan (kanan) dan kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi (kanan) saat pertemuannya di Serie A pada 22 September 2018 (Alberto Pizzoli/AFP)
Reaksi gelandang Inter Milan, Radja Nainggolan (kanan) dan kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi (kanan) saat pertemuannya di Serie A pada 22 September 2018 (Alberto Pizzoli/AFP)

Emil Audero ditransfer secara permanen ke Sampdoria pada Februari 2019 dengan nilai perkiraan mencapai 20 juta Euro atau 353 miliar rupiah. Audero bergabung dengan Sampdoria secara permanen dari Juventus setelah menghabiskan satu musim dengan status pinjaman di Stadio Luigi Ferraris.

Pada Liga Italia musim 2020 lalu, Emil dielu-elukan para rekan setimnya karena berhasil menepis tendangan striker Inter Milan, Alexis Sanchez. Hingga berakhir kemenangan Sampdoria 2-1 atas Inter Milan di Stadion Luigi Ferraris, Rabu (6/1/2020). Dikutip dari WhoScored, pria 24 tahun ini tercatat melakukan enam penyelamatan kontra Inter Milan.

Rumor Transfer Sampdoria-Inter

Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi (@emil_audero/Instagram)
Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi (@emil_audero/Instagram)

Performanya yang apik sebagai penjaga gawang yang luar biasa sejak musim 2019 di Serie A dipantau banyak pihak, termasuk klub Inter. Dari berita Italia L’Interista, ada rumor transfer yang menghubungkan Emil Audero dan Sampdoria. Inter tertarik mengontrak pemain berusia 24 tahun ini sebagai pengganti jangka panjang untuk kiper Samir Handanovic untuk persiapan musim depan.

Dikabarkan Sampdoria menetapkan harga permintaan untuk Audero sebesar 20 juta Euro dan dikabarkan sedang dalam proses kesepakatan. Belum diketahui mana pemain yang akan ditawarkan Inter sejauh ini.

Dilansir dari FCInter1908, Audero berbicara kepada penyiar Italia Sky Sport tentang kebanggaannya menjadi target klub besar. Namun dia tidak tertarik dengan rumor transfer tersebut dan bahagia di Genoa. Kiper muda ini sangat senang bahwa kemajuannya dalam sepak bola diperhatikan. Tetapi dia tidak terburu-buru untuk pindah dari klubnya saat ini.

“Pasar selalu menjadi topik yang sensitif. Saya tidak fokus pada pasar untuk diri saya sendiri. Jika klub besar tertarik pada saya, saya senang karena dua alasan: adanya minat itu sendiri dan karena minat itu adalah hasil dari penampilan bagus bersama Sampdoria,”

“Untuk pasar transfer, saya selalu mengatakan bahwa wartawan tahu lebih banyak tentang hal itu. Kepada semua orang, saya hanya ingin mengulangi betapa bahagianya saya di Genoa. Di sini mereka (Sampdoria) langsung membuat saya merasa seperti di rumah sendiri,” pungkas Audero dikutip dari sempreinter.com dari FCInter1908. 

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini