Bolaindonesia

Permainan Sepak Bola, Ini Pengertian dan Ulasannya!

Permainan sepak bola adalah salah satu permainan paling populer di dunia. Tapi bagaimana sejarah dan pengertiannya? Anda bisa simak di sini!

Irwan Febri Rialdi

Ilustrasi sepak bola. (Suara.com)
Ilustrasi sepak bola. (Suara.com)

Bolatimes.com - Tidak hanya merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia, sepak bola juga jadi salah satu hiburan berskala global yang dinikmati hampir semua orang. Di Indonesia sendiri, animo publik pada persepakbolaan begitu tinggi, sehingga terus memproduksi pemain-pemain muda berbakat dan bertalenta. Permainan sepak bola adalah satu hal yang selalu berhasil menyatukan bangsa Indonesia.

Tapi Apa Sebenarnya Permainan Sepak Bola Itu?

ilustrasi kick off.[ec.europa.eu]
ilustrasi kick off.[ec.europa.eu]

Permainan sepak bola adalah permainan yang dilakukan oleh dua tim berbeda, dengan komposisi pemain yang bermain di satu lapangan yang sama. Satu tim terdiri atas 11 orang, dan tujuan utamanya adalah untuk mencetak gol ke gawang lawannya. Satu poin akan diberikan ketika bola berhasil melesak ke gawang lawan yang dijaga oleh satu penjaga gawangnya.

Dengan perpaduan gerakan fisik yang intens, kerjasama tim, serta gaya bermain yang unik pada setiap daerah, sepak bola dengan mudah digemari banyak orang dan jadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Setiap pemainnya hanya boleh menyentuh bola dengan kaki, dengan tendangan. hanya penjaga gawang saja yang diperbolehkan menyentuh dengan tangan.

Sejarah Sepak Bola

Skuat Hindia Belanda di Piala Dunia 1938 (Sumber: AFC)
Skuat Hindia Belanda di Piala Dunia 1938 (Sumber: AFC)

Jika dirunut kembali, permainan ini mungkin telah jadi salah satu kegiatan populer di China pada abad ke-3 dan ke-2 sebelum masehi dengan sebutan Cuju. Cuju dimainkan di atas lapangan dengan bentuk persegi, dan dengan menggunakan satu bola yang ditendang kesana dan kemari.

Popularitasnya kemudian meningkat pesat pada abad ke-12 ketika sudah dimainkan di padang rumput dan jalanan negara Inggris. Maka tak heran jika Inggris juga mengklaim bahwa sepak bola berasal dari negaranya, dan selalu menyerukan coming home pada piala-piala berskala internasional.

Peraturan yang diterapkan kemudian juga mengalami perkembangan. Belakangan, peraturan tetap sudah digunakan dan diterapkan sebagai standar baru permainan. Peraturan ini dinilai sudah cukup mengakomodir pemain, menjaga keamanan pemain dalam bermain, dan bisa menyajikan permainan cantik.

Permainan sepak bola adalah olahraga yang paling digemari di berbagai segmen masyarakat tanpa mengenal kaum, suku, etnis, atau penggolongan lain. Semua bisa menikmati permainan seru ini, dan semua bisa berbahagia ketika bermain bersama-sama.

Kontributor: I Made Rendika Ardian

Berita Terkait

Berita Terkini