Profil Marc Klok, Jebolan FC Utrecht yang Berlabuh ke Persija dan Jadi WNI

Jauh sebelum gabung Persija, Marc Klok pernah menimba ilmu di Jong Utrecht.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 24 Juni 2021 | 18:35 WIB
Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok. (Instagram/marcklok)

Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok. (Instagram/marcklok)

Bolatimes.com - Nama Marc Klok menjadi perbincangan hangat di media sosial menyusul kabar berakhirnya kebersamaan dengan salah satu klub Liga 1, Persija Jakarta.

Persija mengumumkan perpisahannya dengan Marc Klok pada Rabu (23/06/21) malam WIB melalui unggahan di media sosialnya.

''Persija dan Marc Klok secara resmi bersepakat untuk mengakhiri kontrak kerja sama profesional. Oleh karena itu, Klok tidak lagi menjadi bagian dari tim Persija per hari ini," kata Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca.

Baca Juga: Followers Marc Klok Turun Drastis, Buntut Hengkang dari Persija

Klok pun turut buka suara. Lewat akun Instagram pribadinya, pemain berusia 28 tahun ini menyampaikan salam perpisahan dengan klub asal ibu kota tersebut.

''Satu setengah tahun ini adalah salah satu momen yang sulit dilupakan dalam hidup saya”, ujar Klok.

''Kita berkeringat, berjuang, dan meraih kemenangan bersama di turnamen terakhir,'' tandasnya.

Baca Juga: Berlliana Lovell Pamer Momen Ngegym, Netizen Malah Salfok ke Rambut

Gelandang anyar Persija Jakarta, Marc Klok saat menjajal Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (7/2/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)
Gelandang anyar Persija Jakarta, Marc Klok saat menjajal Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (7/2/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

Seperti pengakuannya, Klok merasa menjalani musim menakjubkan bersama Persija. Kendati Liga 1 2020 sempat dihentikan, ia tetap berhasil membawa Persija meraih gelar juara Piala Menpora 2021 di mana dirinya mendapat predikat pemain terbaik di ajang tersebut.

Bersama Persija pula, Klok merealisasikan mimpinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain yang sebelumnya berkebangsaan Belanda tersebut memang memendam hasrat bisa bermain untuk skuat Garuda.

Perjalanan Karier Marc Klok hingga Menjadi WNI

Baca Juga: Gol Bunuh Diri di Fase Grup Euro 2020, Paling Konyol Dibuat Kiper Slovakia

Jauh sebelum berkecimpung di sepak bola Indonesia, Marc Klok menjalani karier di tanah kelahirannya, Belanda.

Klok pertama kali menimba ilmu sepak bola di salah satu akademi top di negeri Kincir Angin, yakni Jong Utrecht. Dilansir dari Transfermarkt, dua tahun waktu yang dihabiskannya yakni sejak 2011 hingga 2013.

Setelah menimba ilmu di Jong Utrecht, Klok berpetualang ke Skotlandia untuk bermain bagi Ross County yang saat itu bermain di Liga Primer Skotlandia di mana ia hanya tampil sebanyak enam kali dan memilih cabut pada 2014.

Baca Juga: Setelah 2.805 Hari, Karim Benzema Akhirnya Cetak Gol untuk Prancis

Petualangan Klok pun berlanjut di Bulgaria saat dirinya bergabung dengan Cherno More Varna. Di klub ini, eks penggawa PSM Makassar tersebut berhasil meraih gelar perdananya di level profesional, yakni Bulgarian Cup Winner di musim 2014/15.

Total 1,5 musim ia jalani karirnya bersama Cherno More Varna di mana pada musim 2016/17 ia hengkang ke klub Inggris, Oldham Athletic, yang saat itu bermain di kasta ketiga Inggris atau League One.

Perjalanannya di Inggris pun tak terbilang mulus dan ia beralih ke Dundee United pada Januari 2017. Tak butuh waktu lama, Klok pun melanjutkan petualangannya ke Indonesia dengan bergabung PSM Makassar.

Tercatat, Klok membela PSM hingga tahun 2020. Bersama Laskar Juku Eja, ia berhasil meraih titel perdananya di Tanah Air yakni Piala Indonesia 2019.

Pemain PSM Makassar, Marc Klok saat menghadapi Persija Jakarta dalam pertandingan Final Piala Indonesia 2018-2019 leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (21/7). [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Pemain PSM Makassar, Marc Klok saat menghadapi Persija Jakarta dalam pertandingan Final Piala Indonesia 2018-2019 leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (21/7). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Pada Januari 2020, Persija datang dan memboyong Klok. Bersama Macan Kemayoran lah dirinya memperoleh status WNI yang ia impikan sejak lama. Status itu ia dapat pada 12 November 2020 lalu.

Sayang, kebersamaan Klok dan Persija harus berakhir dengan kesepakatan bersama. Gelar Piala Menpora 2021 pun menjadi saksi perjalanannya bersama tim asal ibu kota tersebut.

Pernah Melawan Manchester United

Dalam perjalanan kariernya sebagai pesepak bola, Klok telah membela beberapa tim dari berbagai negara. Dari sekian banyak klub dan negara yang ia datangi, mungkin pengalaman di Oldham Athletic dan Inggris memberi kesan khusus untuknya.

Meski tak menjalani musim yang menyenangkan di Oldham Athletic. Bersama klub League One ini ia pernah menghadapi klub yang ia sukai, yakni Manchester United.

Laga tersebut terjadi pada musim 2016/17 di mana Oldham Athletic berhadapan dengan Manchester United U-23 di ajang Lancashire Cup (turnamen untuk klub yang bermarkas di kawasan Lanchasire).

Saat itu, Klok menghadapi Manchester United U-23 yang dibela oleh Scott McTominay, Dean Henderson dan pemain lainnya di babak semifinal pada 2 Agustus 2016.

Klok tampil selama 40 menit lebih dan berkontribusi dalam kemenangan Oldham Athletic atas Manchester United U-23 melalui drama adu penalti.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak