Bolaindonesia

Fakta Timnas Taiwan, Lawan Indonesia di Play-off Kualifikasi Piala Asia

Laga Indonesia vs Taiwan akan digelar dua leg.

Rauhanda Riyantama

Pemain timnas Indonesia U-23 Saddil Ramdani (tengah) mengganjal pemain China Taipei Shengwei Chen (kanan) pada pertandingan Grup A Asian Games ke-18 di Stadion Patriot, Bekasi Minggu (12/8). (ANTARA/INASGOC/Charlie)
Pemain timnas Indonesia U-23 Saddil Ramdani (tengah) mengganjal pemain China Taipei Shengwei Chen (kanan) pada pertandingan Grup A Asian Games ke-18 di Stadion Patriot, Bekasi Minggu (12/8). (ANTARA/INASGOC/Charlie)

Bolatimes.com - Hasil undian babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 telah keluar. Timnas Indonesia akan menghadapi Taiwan dalam dua leg yang berlangsung dengan sistem kandang-tandang, berikut fakta Timnas Taiwan.

Timnas Indoensia dijadwalkan menjamu Taiwan lebih dulu pada leg pertama yang berlangsung pada 7 September 2021. Kemudian, giliran skuat Garuda yang akan bertandang ke markas Taiwan pada 12 Oktober 2021.

Timnas Indonesia yang kini dilatih oleh Shin Tae-young itu harus mengikuti undian ini karena hasil buruk yang didapat di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Evan Dimas cs yang tergabung di Grup G, hanya mampu meraih satu poin sehingga menempati posisi juru kunci.

Babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 ini diikuti 24 negara. Nantinya, 24 tim itu dibagi ke dalam enam grup, yang mana masing-masing grup berisikan empat tim. Juara grup otomatis lolos ke Piala Asia 2023 dan lima runner-up terbaik juga melaju ke putaran final Piala Asia 2023.

Lantas, seperti apa kekuatan lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia? Berikut beberapa fakta Timnas Taiwan.

Menduduki Rangking 141 FIFA

Jika merujuk pada peringkat FIFA, Timnas Indonesia berada cukup jauh di bawah Taiwan. Kini Taiwan tercatat ada menduduki rangking ke-141, sementara Timnas Indonesia ada di posisi ke-173.

Posisi terbaik Taiwan tercatat pernah berada di rangking ke-124 FIFA pada tahun 2018. Sejak saat itu, Taiwan terus mengalami penurunan peringkat. Hal serupa terjadi pada Timnas Indonesia yang mengalami penurunan terus menerus dari tahun 2018.

Pelatih Taiwan Punya Darah Indonesia

Vom Ca-nhum yang kini menjabat sebagai pelatih Timnas Taiwan merupakan kelahiran tahun 1965. Sosok yang pernah menangani Timnas U-19 Taiwan itu mengaku punya hubungan darah dengan Indonesia.

Sang pelatih mengatakan bahwa dirinya lahir di Timor Leste yang notabene merupakan negara pecahan atau saudara muda dari Indonesia. Dia mengaku bahwa ibunya berasal dari Timor Leste sedangkan ayahnya dari Tiongkok.

Tak Meraih Poin Sama Sekali di Kualifikasi

Performa Taiwan di kualifikasi Piala Dunia 2022 terbilang buruk. Tergabung di Grup B bersama Australia, Kuwait, Jordan, dan Nepal, Taiwan cuma menjadi juru kunci.

Kondisi ini diperparah karena Taiwan sama sekali tak berhasil meraih satu pun poin di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Dari delapan pertandingan, Taiwan selalu menelan kekalahan. Timnas Indonesia sendiri tak terlalu lebih baik dengan hanya meraih satu poin.

Pernah Kalah Telak dari Timnas Indonesia

Berbicara tentang pertemuan, Timnas Indonesia tercatat pernah melumat Taiwan. Momen ini terjadi di ajang Asian Games 2018. Pada pertandingan di Grup A, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Taiwan dengan skor telak 4-0.

Demikian fakta Timnas Taiwan yang akan jadi lawan Timnas Indonesia di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini