Bolaindonesia

Bali United dan Persipura Terancam Batal Tampil di Piala AFC 2021

Ini penyebab Bali United dan Persipura terancam batal tampil di Piala AFC 2021.

Rauhanda Riyantama

Penggawa PSM Makassar, Yakob Sayuri (kanan) tampil pada laga Piala AFC 2020 kontra Shan United di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020) sore. [Twitter resmi PSM]
Penggawa PSM Makassar, Yakob Sayuri (kanan) tampil pada laga Piala AFC 2020 kontra Shan United di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020) sore. [Twitter resmi PSM]

Bolatimes.com - Kaba buruk menghampiri dua wakil Indonesia, yakni Bali United dan Persipura Jayapura. Kedua klub tersebut terancam batal tampil di Piala AFC 2021.

Hal ini setelah Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) buka peluang membatalkan gelaran tersebut. Penyebabnya  AFC kesulitan mencari tempat netral Grup H dan I untuk dijadikan tuan rumah di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Adapun Grup H diisi negara-negara Asia Tenggara termasuk Persipura Jayapura.

Grup H diisi Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), Saigon (Vietnam), dan Persipura Jayapura (Indonesia). Sementara Grup I diisi Kaya-Iloilo (Filipina), pemenang play-off, Terengganu (Malaysia), dan Geylang International (Singapura).

Awalnya, Grup H dan I digelar di Singapura. Namun, Singapura memutuskan mundur sebagai tuan rumah karena kasus positif Covid-19 di sana meningkat.

Pekan depan rencananya AFC akan memutuskan nasibnya. Pembatalan jadi opsi terakhir yang bakal dikeluarkan jika tak ada lagi jalan tengah.

"Belum ada tuan rumah dari tim yang berpartisipasi dan juga tidak ada tempat netral yang tersedia," kata Datuk Windsor John selaku Sekjen AFC dikutip dari media Malaysia, New Straits Times, Senin (21/6/2021).

"Kami sudah meminta komite membuat keputusan dalam minggu depan. Pembatalan akan menjadi opsi terakhir," jelasnya.

Sejauh ini AFC juga belum memutuskan venue Grup G yang di tempati oleh Bali United. Di Grup G Bali United bersama dengan Hanoi FC (Vietnam), Boeung Ket (Kamboja), dan pemenang play-off.

Piala AFC 2021 rencananya akan mulai dihelat pada 29 Juni mendatang. Mengingat waktu yang sebentar lagi AFC harus segera membuat keputusan.

Berita Terkait

Berita Terkini