Bolaindonesia

Park Hang-seo Ungkap Rahasia Bantai Timnas Indonesia 4-0

Timnas Vietnam berhasil menghajar Timnas Indonesia 4-0 tanpa ampun

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo. (Giuseppe Cacace/AFP).
Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo. (Giuseppe Cacace/AFP).

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, mengungkap rahasia di balik keberhasilan timnya membantai Timnas Indonesia dengan skor 4-0 dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin (7/6/2021) malam.

Dalam pertandingan di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Park Hang-seo melakukan perubahan strategi.

Vietnam bermain dengan formasi 3-5-2, alih-alih 4-2-3-1 seperti saat mengalahkan skuad Garuda 1-3 di pertemuan perdana pada Oktober 2019 lalu.

"Dalam pertandingan ini, kami bertekad untuk menang, jadi kami mengubah (formasi) menjadi 3-5-2," kata Park Hang-seo usai pertandingan dikutip dari media Vietnam Bongdaplus, Selasa (8/6/2021).

"Saya juga meminta pemain sayap untuk memberikan umpan ke tengah dan mereka mencoba serta melakukannya dengan baik," tambahnya.

Vietnam memang memiliki keunggulan jelang lawan Indonesia di laga ini. Mereka punya kesempatan mengintip strategi skuad Garuda saat bertanding melawan Thailand pada Kamis, 3 Juni lalu.

Timnas Indonesia sejatinya mampu mengimbangi penampilan Vietnam khususnya di babak pertama hingga memaksa skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Namun, Evan Dimas dan kawan-kawan gagal menampilkan performa yang sama di babak kedua hingga kebobolan empat gol oleh Nguyen Tien Linh (51'), Nguyen Quang Hai (62'), Nguyen Cong Phuong (67'), dan Vu Van Thanh (74').

"Di babak kedua saya mengatakan kepada tim untuk melekukan shooting lebih banyak dari jarak menengah," tambah Park.

Park mengaku puas bisa kembali mengalahkan Indonesia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Hasil itu bikin Vietnam tinggal selangkah lagi untuk lolos ke babak selanjutnya.

Tim berjuluk Golden Star Warriors yang kini memuncaki klasemen Grup G dengan koleksi 14 poin dari enam laga, tinggal membutuhkan satu kemenangan dari dua partai tersisa yakni kontra Vietnam pada 11 Juni dan UEA empat hari berselang.

"Kami sangat senang bisa mengalahkan Indonesia. Tim menunjukkan semangat yang terkonsentrasi di babak kedua," jelas Park.

"Kami memiliki dua pertandingan lagi dan kami harus memenangkan satu. Kami akan mencoba yang terbaik di pertandingan berikutnya," pungkasnya.

(Adie Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini