Bolaindonesia

Mental Baja! Timnas Indonesia Tahan Imbang 2-2 Lawan Thailand

Dua kali tertinggal, dua kali pula Timnas Indonesia menyamakan kedudukan

Irwan Febri Rialdi

Timnas Indonesia. (PSSI)
Timnas Indonesia. (PSSI)

Bolatimes.com - Pertandingan Timnas Indonesia melawan Thailand yang digelar di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (3/6/2021) malam WIB, berakhir dengan skor imbang 2-2.

Hasil imbang tersebut merupakan hasil positif pertama yang diraih Timnas Indonesia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Namun, raihan satu poin di laga ini tidak mampu mengangkat posisi Indonesia dari dasar klasemen Grup. Mengantongi satu poin dari enam pertandingan, skuad Garuda masih menempati posisi juru kunci.

Jalannya Pertandingan

Permainan efisien ditampilkan Thailand di awal pertandingan. Tim berjuluk The War Elephants pun tidak membutuhkan waktu lama untuk mengubah kedudukan.

Empat menit bola bergulir, gawang Timnas Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata sudah bergetar.

Adalah Narubadin Weerawatnodom yang mencatatkan namanya di papan skor, memanfaatkan umpan dari sepak pojok yang memicu kemelut di kotak pertahanan skuad Garuda.

Memasuki menit 13, Timnas Indonesia berpeluang menyeimbangkan papan skor. Mendapat umpan dari Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam menusuk pertahanan lawan dari sisi kanan dan melepaskan tembakan. Sayang, bola tidak tepat sasaran.

Hingga paruh babak pertama, skuad besutan Shin Tae-yong masih kesulitan untuk mendominasi penguasaan bola. Kesalahan bahkan kerap terjadi, di mana para pemain Indonesia terlambat dalam menutup pergerakan pemain Thailand di luar garis kotak penalti.

Beberapa kali percobaan tendangan jarak jauh yang dilepaskan pemain Thailand pun kerap membahayakan dan membuat Nadeo emosi.

Di menit 26, tendangan bebas yang dilepaskan Abishak tepat mengarah ke gawang Indonesia. Namun bola masih mampu diamankan Nadeo.

Tendangan bebas kembali didapat Thailand di menit 28. Kali ini, eksekusi yang dilepaskan Ernesto membentur pagar hidup.

Peluang didapat skuad Garuda di menit 32. Melewati dua pemain Thailand, Witan Berhasil menusuk ke jantung pertahanan lawan. Sayang, peluang tersebut kandas setelah ruang gerak Witan ditutup kiper dan tiga pemain Thailand.

Memasuki menit 39, upaya keras penggawa Indonesia akhirnya membuahkan hasil. Menerima umpan terukur dari Syahrian Abimanyu, Kadek Agung menyeimbangkan papan skor menjadi 1-1 yang bertahan hingga turun minum.

Lima menit bola bergulir di babak kedua, Indonesia kembali kecolongan. Tandukan Adisak Kraisorn mengubah papan skor menjadi 2-1.

Namun keunggulan Thailand tidak berlangsung lama. Memasuki menit 60, papan skor kembali berubah menjadi 2-2.

Adalah Evan Dimas Darmono yang mencatatkan namanya di papan skor, meneruskan umpan dari Egy Maulana Vikri.

Di menit 62, Evan Dimas berpeluang kembali mencatatkan namanya di papan skor. Sayang, bola yang dilepaskan Evan dari sudut sempit dibendung kiper lawan.

Egy Maulana Vikri mengalami cedera di menit 63, begitu pula dengan Witan Sulaeman di menit 70. Pelatih Shin Tae-yong pun memasukkan Osvaldo Haay dan Adam Alis.

Keluarnya Egy dan Witan tidak membuat serangan Indonesia mengendur. Osvaldo dan Adam mampu memainkan peran mereka dengan baik.

Jual beli serangan antara kedua tim terjadi di sisa waktu pertandingan. Ancaman berhasil ditebar, namun tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-2 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit.

(Suara.com)

Berita Terkait

Berita Terkini