Bolaindonesia

Curhat ke Media Italia, Marco Motta: Belum Tahu Kapan Kompetisi Dimulai

Marco Motta curhat ke media Italia soal Liga 1 yang masih belum jelas.

Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto

Bek Persija Jakarta Marco Motta (kiri) dan penyerang Marko Simic. [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]
Bek Persija Jakarta Marco Motta (kiri) dan penyerang Marko Simic. [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

Bolatimes.com - Bintang Persija Jakarta, Marco Motta, belum lama ini curhat terkait kompetisi sepak bola Indonesia ke media ternama Italia. Motta mengaku belum tahu kapan kompetisi Liga 1 akan dimulai lagi.

Marco Motta dikontrak Persija selama dua tahun. Meski mengaku bahagia, tapi tahun pertama Marco Motta bersama tim berjuluk Macan Kemayoran harus dilalui dengan kondisi buruk karena kompetisi Liga 1 terpaksa dihentikan akibat pandemi Covid-19.

"Saya mengatakan bahwa saya sangat bahagia (bersama Persija). Semuanya dimulai dengan baik. Sepak bola Indonesia berkembang dalam berbagai aspek, tapi kemudian pengalaman saya tiba-tiba berhenti karena apa yang terjadi di dunia," ucap Motta kepada Corriere dello Sport.

Di masa awal virus corona masuk ke Indonesia, Marco Motta sempat bertahan di skuat Persija karena optimis Liga 1 2020 akan bergulir lagi. Namun, penantiannya tak kunjung datang sehingga dia mudik ke negara asalnya, Italia pada Juni 2020 lalu.

Bahkan saat ini Liga 1 2020 sudah resmi dihentikan. Kompetisi pun akan dilanjutkan ke Liga 1 2021, tapi Motta mengaku masih belum tahu kapan kompetisi bakal digelar kembali.

Pemain Persija Jakarta Marco Motta (dok. Persija)
Pemain Persija Jakarta Marco Motta (dok. Persija)

"Pada Februari dan Maret saya masih berada di Jakarta, Indonesia, Di sana situasinya memprihatinkan, tapi tidak segenting di Italia. Saat ini saya sudah berada di Milan. Untungnya, tidak ada di antara kita yang positif covid-19. Soal sepak bola, kami masih belum tahu kapan kompetisi akan dimulai lagi di Indonesia," jelas Motta.

"Sejak Maret 2020, hampir setahun. Kami melakukan latihan, beberapa pertandingan persahabatan, tapi tidak ada laga resmi. Ada beberapa kali tanggal yang telah ditetapkan untuk memulai lagi, tapi ditunda karena oleh pihak berwenang karena alasan ketertiban umum," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, pemain yang pernah berseragam AS Roma dan juventus ini kemudian memuji atmosfer sepak bola di Indonesia. Motta menyebutkan suporter di Indonesia sangat fanatik mendukung klub kebanggaannya.

"Ada banyak pengikut sepak bola di Indonesia, hampir seperti sebuah agama. Setiap pertandingan di stadion ada 60-70 ribu orang yang hadir. Suporter kami Persija misalnya, adalah salah satu yang terhangat dan paling terkenal di Asia," ujarnya.

Sementara itu, Liga 1 2021 memang sudah diberi lampu hijau untuk diselenggarakan, tapi masih belum ada kepastian izin dari kepolisian.

Adapun terkait izin kompetisi, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang merupaya memperolehnya. Saat ini kedua belah pihak sedang memenuhi persyaratan yang diminta oleh pihak kepolisian supaya Liga 1 dan 2 bisa bergulir kembali.

Berita Terkait

Berita Terkini