Bolaindonesia

Pangling Banget, Inilah Ryuji Utomo saat Main Bola di Usia 9 Tahun

Dulu Ryuji Utomo masih gembul banget

Irwan Febri Rialdi

Ryuji Utomo saat berusia sembilan tahun. (Instagram/@ryujiutomo).
Ryuji Utomo saat berusia sembilan tahun. (Instagram/@ryujiutomo).

Bolatimes.com - Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, dikenal sebagai salah satu pemain bertahan paling tangguh di Indonesia. Tubuhnya juga kekar, membuat pemain lawan sedikit was-was ketika harus berduel.

Namun, siapa sangka, Ryuji saat berusia sembilan tahun adalah anak yang gembul. Hal ini diperlihatkan oleh bek asli Jakarta itu dalam video yang unggahan di Instagram pribadinya, Selasa (19/5/2020).

Meski gembul, dalam video lawasnya tersebut, Ryuji tetap luwes dan lihai dalam bermain bola. Ia mengaku bisa seperti itu karena selalu berlatih di luar kagiatan ekstrakurikuler sekolah dan sekolah sepak bola (SSB).

"Ini waktu umum 9 tahun masih midfilder, udah mulai bisa main bola nih biar gembul begitu. Soalnya selama setahun gue banyak latihan tambahan sendiri di luar ekskul dan SSB," tulis Ryuji.

Ryuji menjelaskan bahwa video tersebut sejatinya bukan untuk kenang-kenangan, tetapi lebih ke evaluasi. Jadi, ia diminta menyaksikan video pertandingannya untuk menyaksikan kekurangan yang harus diperbaiki.

Ia terkadang merasa lelah menjalani aktivitasnya di kala muda tersebut. Terkadang sang ibunda menawarkan fokus ke profesi lain jika sudah lelah berlatih sepak bola, yakni menjadi dokter.

Namun, Ryuji tidak menyerah dengan keadaan. Ia tetap fokus berlatih sepak bola hingga akhirnya bisa menjadi pemain profesional seperti sekarang.

"Jadi video ini direkam sebenernya bukan buat kenang kenangan, tapi buat evaluasi. Tiap pulang pertandingan, malemnya setelah belajar akademik pasti gue disuruh nonton pertandingan tadi," tulis Ryuji.

"Disuruh lihat mana aja kesalahan yang harus gue perbaikin (males banget dulu rasanya asli). Sembari ditanya, "Udah nyerah main bola belom? Enakan jadi dokter" sama nyokap," lanjutnya bercerita.

"Tapi ini yang membentuk salah satu prinsip hidup gue. Kalau kita mau maju hal pertama yang paling penting adalah ngalahin ego kita sendiri. Kita harus tau dan menerima kesalahan kita, baru kita bisa memperbaiki diri untuk melangkah maju," tuturnya menutup.

Ryuji kini menjadi palang pintu andalan Persija. Bahkan, di usia yang baru 24 tahun, ia sudah pernah bermain di Liga Bahrain bersama Al-Najma dan Liga Thailand bersama PTT Rayong.

Berita Terkait

Berita Terkini