Bolaindonesia

PSSI Resmi Tangguhkan Liga 1 dan Liga 2 hingga Waktu Tak Ditentukan

Virus corona menjadi penyebabnya.

Irwan Febri Rialdi

Logo Liga 1 2020.
Logo Liga 1 2020.

Bolatimes.com - Liga 1 dan Liga 2 2020 resmi dihentikan oleh PSSI. Kebijakan tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) dan surat dari Menpora Zainudin Amali tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah virus yang menyerang sistem pernapasan itu bagi kegiatan olahraga.

"Pencabutan atas penghentian Liga 1 dan Liga 2 menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran COVID-19 di Indonesia, yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI," kata Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan kepada media di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (20/1/2020). (Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha).
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan kepada media di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (20/1/2020). (Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha).

Pernyataan tersebut dituangkan Iriawan dalam surat yang ditujukan ke operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Ketua Umum PSSI meminta PT LIB untuk menyusun langkah-langkah lanjutan menyusul penghentian sementara kompetisi.

Iriawan juga menginstruksikan PT LIB untuk menyusun langkah-langkah terkait situasi penghentian sementara kompetisi.

Pertama, LIB diinstruksikan untuk menyusun kembali jadwal Liga 1 dan 2 dengan mempersiapan hal-hal teknis serta administratif.

Kedua, PSSI meminta LIB untuk berkomunikasi dengan pihak keamanan terkait perubahan jadwal kompetisi.

"Lalu harus membuat kajian manajemen keuangan di masing-masing klub dan LIB secara menyeluruh dalam kondisi terburuk," tutur Iriawan seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, PSSI dan LIB membuat kebijakan untuk meliburkan Liga 1 dan 2 Indonesia 2020 selama dua minggu sejak 16 Maret 2020.

Sebelum ditangguhkan, Liga 1 2020 sudah bergulir sampai pekan ketiga. Adapun Liga 2 baru dimulai pada 14 Maret 2020.

Penulis: Reky Kalumata

Berita Terkait

Berita Terkini