Bolaindonesia

Gol Joan Tomas ke Gawang Persipura Jadi Kado Indah untuk Persija Jakarta

Joan Tomas cetak gol indah.

Galih Priatmojo

Suasana pertandingan Persija Jakarta vs Persipura Jayapura di Stadion Utama Gelora Bandung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). (suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)
Suasana pertandingan Persija Jakarta vs Persipura Jayapura di Stadion Utama Gelora Bandung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). (suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

Bolatimes.com - Persija Jakarta berhasil mengamankan tiga poin di kandang saat menjamu Persipura Jayapura pada pertandingan pekan ke-29 Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). 

Gol semata wayang Persija Jakarta diciptakan oleh Joan Tomas pada menit 74. Gol pemain asal Spanyol tersebut terbilang cukup indah.

Kemenangan itu tentu menjadi kado indah bagi Persija Jakarta yang merayakan hari ulang tahun yang ke-91. Hasil ini membuat pesta HUT tim berjuluk Macan Kemayoran di SUGBK menjadi sempurna.  

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan sangat seru karena kedua tim memainkan sepak bola menyerang. Persija dan Persipura bergantian mengancam gawang lawan masing-masing.

Meski begitu, Persija lebih mendominasi. Beberapa kali Marko Simic terlepas dari kawalan dan mengancam gawang Persipura.

Seperti pada menit 17, Simic yang mendapat umpan silang berhasil lepas dari kawalan. Sayang tendangan melengkungnya masih membentur tiang gawang.

Persipura juga sering mengancam terutama di pertengahan babak pertama. Sayang, bek-bek Persija masih mampu patahkan serangan Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Simic kembali dapat peluang emas pada menit 27. Umpan Sandi Sute dari tengah lapangan tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemain asal Kroasia itu.

Hingga menit 35, belum ada gol yang tercipta. Kedua tim sama-sama masih berusaha menjebol gawang lawan masing-masing.

Tidak ada gol tercipta hingga babak pertama selesai.

Babak kedua, Persija gempur pertahanan Persipura di awal-awal. Namun, mereka nampak keseulitan memasukan bola, meski ada beberapa peluang yang bisa berbuah gol.

Persija masih menekan hingga menit 70. Akan tetapi, Marko Simic dan kawan-kawan belum juga bisa membobol gawang Persipura.

Gol yang ditunggu-tunggu oleh Persija datang pada menit 74. Pemain pengganti Joan Tomas mencatatkan namanya di papan skor usai tendangan kerasnya tidak mampu ditepis kiper Persipura. Persija Sementara unggul 1-0.

Memasuki menit 85, Macan Kemayoran terus memberikan tekanan. Gawang Dede Sulaiman terus mendapat gempuran dari Marko Simic dan kawan-kawan.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 untuk kemenangan Persija bertahan. Macan Kemayoran keluar sebagai pemenang di hari ulang tahun mereka yang ke-91.

Susunan pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Tony Sucipto, Xandao, Fachruddin, Novri Setiawan; Ryuji Utomo (Joan Tomas 66'), Sandi Sute (Dwiki Arya 88'), Rohit Chand; Heri Susanto (Resky Fandi 66'), Marko Simic, Riko Simanjuntak

Pelatih: Edson Tavares

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman; Andre Ribeiro, Valentino Telaubun, Muhammad Tahir, Yohanis Tjoe; Yustinus Pae, Ian Louis Kabes (Todd Rivaldo Ferre 69'), Ibrahim Conte; Imanuel Wanggai (Oh Inkyun 69'), Boaz Solossa, Titus Bonai (Gunansar Papua Mandowen 79')

Pelatih: Jackson F. Tiago

Berita Terkait

Berita Terkini