Bolaindonesia

Jelang Lawan Persipura, Pelatih Persija Kenang Jacksen Saat Jadi Pemainnya

Tavares dan Jacksen F Tiago akan beradu taktik di Gelora Bung Karno malam nanti.

Galih Priatmojo

Pelatih anyar Persija Jakarta, Edson Tavares. [screenshot twitter@Persija_Jkt]
Pelatih anyar Persija Jakarta, Edson Tavares. [screenshot [email protected]_Jkt]

Bolatimes.com - Big Match akan tersaji antara Persija Jakarta kontra Persipura Jayapura pada laga pekan ke-29 Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019) malam. Laga ini akan jadi adu taktik antara guru dan murid. Kok bisa?

Ya, siapa sangka laga pekan ke-29 ini akan jadi nostalgia antara pelatih Edson Tavares di kubu Persija serta Jacksen F Tiago bersama Persipura.

Kedua sosok asal Brasil tersebut rupanya pernah bahu-membahu sebagai pelatih dan pemain di salah satu klub China, Guangzhou Matsunichi, yakni pada 1998 silam.

Ketika itu, Jacksen baru saja didatangkan dari Persebaya Surabaya sebagai pemain. Di saat yang bersamaan, Tavares ditunjuk sebagai pelatih Guangzhou Matsunichi untuk menggantikan juru taktik sebelumnya, Cheb Xirong. 

Tavares mengungkapkan bahwa Jacksen adalah tipikal pemain yang tangguh. Selain itu, kecepatan Jacksen saat itu juga sangat ditakuti lawan.

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago (kiri) bersama pemainnya, Gunansar Mandowen (kanan) usai pertandingan melawan Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (02/08/2019) malam. (Antara/Fiqih Arfani)
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago (kiri). (Antara/Fiqih Arfani)

"Kita bersama Jacksen di tahun 1998. Ya, pernah bekerja sama di Liga China. Saat itu saya kali pertama tiba di China. Saat itu dia masih jadi pemain. Dia pemain hebat karena punya visi," beber Tavares. 

Kini, Tavares akan kembali berjumpa dengan Jacksen. Namun yang membedakan, kini keduanya harus saling berhadapan sebagai lawan. 

Tavares mengaku tidak banyak tahu soal Jacksen saat menjadi pelatih. Akan tetapi, Tavares tahu jika eks juru taktik Barito Putera itu punya prestasi mentereng di persepakbolaan Indonesia. 

"Saat dia jadi pelatih saya tidak banyak tahu bagaimana profil dia. Tapi saya mendengar bagaimana dia sudah berada lama di sini dan meraih gelar di sini. Kami sudah lama tidak bertemu, jadi saya tidak bisa bicara banyak soal personalnya," papar Tavares. 

Sementara itu, Jacksen mengaku cukup mengenal sosok Tavares. Namun untuk laga nanti, pelatih bertubuh gempal itu menegaskan akan berlaku profesional. Ia hanya fokus untuk membawa Persipura meraih kemenangan. 

"Saya bekerja demi keluarga saya, sehingga ya meskipun kita punya hubungan yang baik atau apa, tapi fokus saya hanya untuk membawa Persipura menang pada laga nanti," tegas Jacksen.

"Ya besok kita datang bersalaman, dia punya kepentingan, saya juga punya kepentingan. Saya pasti mau kalahkan dia, dia juga mau mengalahkan saya," tukasnya tanpa banyak berbasa-basi.

Berita Terkait

Berita Terkini