Bolaindonesia

Kalahkan Thailand, Ini Peringkat Timnas Indonesia di Grup B SEA Games 2019

Gol pertama Timnas Indonesia U-22 dilesakkan oleh Egy Maulana Vikri.

Galih Priatmojo

Pemain Timnas U-22 Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Thailand dalam penyisihan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Pemain Timnas U-22 Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Thailand dalam penyisihan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

Bolatimes.com - Langkah mulus dilewati Timnas Indonesia U-22 saat melakoni matchday 1 Grup B cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019. Skuat Garuda Muda sukses menumbangkan Thailand yang merupakan peraih medali emas ajang serupa dua tahun lalu dengan skor 2-0.

Pada laga yang dihelat di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019) sore, gol Timnas Indonesia U-22 dicetak oleh Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay.

Hasil itu membuat Indonesia berada di peringkat kedua Grup B dengan torehan tiga poin. Skuat besutan Indra Sjafri kalah selisih gol dari Vietnam di puncak klasemen setelah di laga sebelumnya mengalahkan Brunei Darussalam 6-0.

Pemain Timnas Indonesia U-22 melakukan sujud syukur seusai mencetak gol ke gawang Timnas U-22 Thailand dalam penyisihan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Pemain Timnas Indonesia U-22 melakukan sujud syukur seusai mencetak gol ke gawang Timnas U-22 Thailand dalam penyisihan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

Jalannya Pertandingan

Thailand lebih dulu mencoba menekan pertahanan Indonesia namun masih gagal. Sementara Indonesia melakukan serangan cepat dari sisi sayap dan sempat disamping

Indonesia pun sudah memimpin 1-0 di menit ke-4. Gol cepat itu dicetak oleh Egy Maulana Vikri lewat sepakannya setelah memanfaatkan kemelut depan gawang Thailand menyusul umpan Evan Dimas ke depan gawang.

Thailand mencoba membalas namun masih dapat diredam pemain belakang Indonesia. Sementara ancaman dari Charoensak masih melebar dari gawang Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata di menit ke-9.

Tekanan masih terus dilakukan oleh Thailand namun masih belum membuahkan hasil. Sementara Nadeo pun dapat menangkap bola dengan baik sebuah umpan pemain lawan ke depan gawangnya.

Di menit ke-13, Egy sempat mendapatkan perawatan namun bisa main kembali. Indonesia melakukan serangan berbahaya di menit ke-15 namun sontekan Evan Dimas masih berada di atas gawang menyambut crossing Egy.

Thailand kembali mencoba menekan Indonesia namun masih gagal. Sementara Indonesia melakukan serangan balik yang cepat namun tusukan Egy hampir mengancam gawang Thailand namun ditempel pemain lawan.

Thailand kembali mengancam lewat tusukan cepat Anon namun masih belum membahayakan gawang Indonesia. Indonesia masih tetap dengan serangan balik cepat namun usaha Egy masih dapat diamankan pemain lawan.

Pada menit ke-28 serangan dilakukan oleh Indonesia lewat umpan Asnawi Mangkualam ke depan gawang namun tidak ada kawan depan. Bola akhirnya dengan tenang diamankan oleh kiper Nont.

Lagi ancaman datang dari Indonesia setelah sebuah umpan Saddil Ramdani ke depan gawang namun tidak dapat dijangkau oleh Muhammad Rafli. Saddil kembali mengancam bergerak ke arah gawang namun dia dinyatakan offside.

Indonesia masih memberikan ancaman namun ancaman dari Firza masih dapat diamankan pemain lawan. Thailand juga terus memberikan ancaman namun usaha Anon masih berada di atas gawang Indonesia di menit ke-37 .

Ancaman dan tekanan terus dilakukan oleh Thailand namun masih belum membuahkan hasil. Hingga turun minum Timnas Indonesia U-22 masih unggul 1-0 atas Thailand.

Di babak kedua, Thailand mengambil inisiatif serangan namun masih dapat diredam pemain belakang Indonesia. Thailand masih mencoba membongkar pertahanan Indonesia guna menyamakan kedudukan.

Sementara Feby Putra masih menggantikan Egy Maulana Vikri. Sebuah ancaman berbahaya dimiliki oleh Thailand di menit ke-50 namun bola masih melambung di atas gawang.

Peluang emas Indonesia di menit ke-54 lewat Asnawi yang bergerak cepat dari sisi kanan namun sepakannya dari sudut sempit masih membentur mistar gawang. Setelah itu, Thailand kembali menekan dan Nadeo harus berkerja keras mengamankan gawangnya.

Evan Dimas ditarik keluar dan digantikan oleh Rahmat Irianto. Sementara kiper Nadeo Argawinata kembali tampil apik setelah mengamankan bola dari tembakan pemain Thailand Sarayuth di menit ke-68.

Dua menit kemudian ancaman datang dari sepakan keras Sitichock namun masih melebar di samping gawang. Sementara Indonesia mengancam di menit ke-75 lewat Saddil namun sepakannya masih belum membuahkan hasil.

Laga semakin seru karena kedua tim mulai saling menekan. Pada menit ke-83, serangan berbahaya dilakukan oleh Feby dari sisi kanan namun tembakan kaki kanannya masih dapat ditepis kiper Nont.

Pada menit ke-86, Indonesia mampu meperbesar kemenangannya menjadi 2-0 lewat gol cantik Osvaldo Haay setelah menyambut crossing Saddil. Thailand masih mencoba membalas. 

Namun hingga wasit meniupkan peluit panjang Timnas Indonesia U-22 masih  mampu mempertahankan keunggulannya 2-0 atas Thailand.

Susunan Pemain :

Timnas Indonesia U-22: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam Bahar, Bagas Adi, Andy Setyo, Firza Andika; Zulfiandi, Evan Dimas Darmono; Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani; Muhammad Rafli

Thailand U-22: Nont Muangnam; Sompim Srayut, Saringkan Promsupa, Shinnaphat Leeaoh, Thitathorn Auksornsri; Jaroensak Wanggorn, Chatmongkol Tongkiri, Anon Amornlertsak, Kritsada Kaman; Supachai Jaided, Suphanat Mueanta

Berita Terkait

Berita Terkini