Bolaindonesia

Kisah Inspiratif Sabrina yang Akhirnya Dipanggil Timnas Putri di SEA Games

Ia bernama Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo, pemain Bali United berusia 20 tahun.

Rauhanda Riyantama

Penggawa Timnas Putri Indonesia untuk SEA Games 2019, Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo. (Dok. PSSI)
Penggawa Timnas Putri Indonesia untuk SEA Games 2019, Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Kisah inspiratif datang dari penggawa Timnas Putri Indonesia bernama Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo. Dimulai dari mimpi, ia akhirnya terpilih menjadi salah satu dari 20 pemain yang dibawa ke ajang SEA Games 2019.

Kabar bahagia tersebut Sabrina dapatkan pada Rabu (20/11/2019), kala pelatih Rully Nere menyebut namanya di dalam skuat skuat Garuda Pertiwi. Ini merupakan kesempatan kedua bagi dara cantik berusia 20 tahun itu memperkuat Indonesia, setelah tampil di ajang AFF Women di Thailand, Agustus lalu.

Mengetahui namanya terpilih ke dalam skuat Timnas Putri Indonesia, Sabrina mengaku bersyukur. Ia bertekad tampil maksimal demi memberikan hasil terbaik untuk Tanah Air.

''Yang pasti bersyukur dan bangga terpilih untuk mewakili Indonesia di SEA Games tahun ini. Alhamdulillah, sampai dipilih 20 pemain yang ikut ke SEA Games, nama saya salah satunya. Semoga bisa berkontribusi besar di Timnas Putri ini,'' kata Sabrina, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Bagi Sabrina, tampil di SEA Games 2019 bak mimpi jadi nyata. Pemain bernomor punggung 5 itu merasakan betul ketatnya seleksi untuk menjadi pemain Timnas Putri Indonesia.

Sabrina pun mengisahkan awal mula mengikuti seleksi di bawah kendali pelatih Rully Nere di Sidoarjo, Jawa Timur pada bulan Mei. Ia dipanggil seleksi lantaran berhasil membawa gelar juara bagi tim Sumatera Selatan pada gelaran Piala Pertiwi di bulan April.

Setali tiga uang, Sabrina akhirnya terpilih menjadi salah satu pemain untuk mengikutip gelaran AFF Women di Thailand. Kini, ia lagi-lagi dipercaya untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional lewat SEA Games 2019.

''Pastinya seleksi yang terakhir ini sangat ketat dan berat. Karena dari 40 pemain yang terpilih, sudah pasti  mereka semua adalah pemain-pemain terbaik dari ratusan pemain sepak bola putri Iindonesia. Alhamdulillah Sabrina masih diberikan kepercayaan oleh pelatih. Mimpi yang menjadi kenyataan,'' tandas wanita kelahiran Situbondo itu.

Penggawa Timnas Putri Indonesia untuk SEA Games 2019, Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo. (Dok. PSSI)
Penggawa Timnas Putri Indonesia untuk SEA Games 2019, Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo. (Dok. PSSI)

 

Lebih lanjut, Sabrina mengaku sudah tahu lawan-lawan yang akan dihadapi pada SEA Games 2019, yang mana Indonesia tergabung dalam grup neraka bersama Thailand dan Vietnam. Melihat lawan-lawannya itu, ia mengaku tak gentar dan optimis meraih hasil maksimal.

''Berada satu grup bersama Thailand dan Vietnam sudah pasti bukan hal yang mudah. Apalagi Thailand lebih berpengalaman dengan sudah pernah tampil di Piala Dunia. Tim kuat lain ada Vietnam, yang pada saat final AFF Women mengalahkan Thailand. Sungguh berat, tapi tidak ada yang tidak mungkin,'' tegas Sabrina.

Di tengah mengikuti seleksi hingga persiapan akhir, Sabrina merasa lebih baik dengan diadakannya Liga 1 Putri. Pemain Bali United itu mendapat banyak efek positif dengan adanya liga tersebut. 

“Mimpi saya sejak dulu ialah masuk timnas, dan semua diawali terlebih dahulu dengan mimpi bisa tampil di liga. Sekarang liga sudah ada, menurut saya adanya liga memberikan hal positif buat saya dan teman-teman sesama pemain timnas,'' kata Sabrina, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu.

''Kami setiap hari pasti melakukan latihan baik fisik serta taktik, sehingga adaptasi tidak begitu sulit ketika kami masuk pemusatan latihan timnas. Hanya saja jadwal yang mepet sehingga berkaitan dengan jadwal istirahat dan recovery. Semoga liga putri makin lebih baik lagi sehingga timnas putri juga semakin baik,” imbuhnya.

Sabrina sendiri menjadi salah satu dari sembilan pemain gelandangan yang dibawa pelatih Rully Nere untuk SEA Games 2019. Perjuangan Sabrina dan kawan-kawan akan dimulai pada 29 November 2019 nanti kala menghadapi Vietnam di Stadion Binan, Filipina.

Berikut daftar 20 pemain Timnas Putri Indonesia untuk SEA Games 2019.

Kiper:
Norffince Boma
Prihatini
Riska Julianti

Bek:
Ade Mustikiana Oktafiani
Berlyan Asya Pertiwi
Nur Laili Khomariyah
Safira Ika Putri Kartini
Shalika Aurelia Viandrisa
Vivi Oktavia Riski

Gelandang:
Anggi Puspita Sari
Baiq Amiatun Shalihah
Jesellaa Arifya Sari
Mayang ZP
Nisma Francida Rusdiana
Octavianti Dwi Nurmalita
Rani Mulyasari
Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo
Zahra Muzdalifah

Penyerang:
Dewi Tia Safitri
Febriana Kusumaningrum

Berita Terkait

Berita Terkini