Bolaindonesia

Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-18, Suporter Malaysia Pecah Kongsi

Malaysia takluk dari Thailand di partai terakhir penyisihan Grup B Piala AFF U-18.

Galih Priatmojo

Timnas Malaysia U-18. [@malaysiasoccer / Instagram]
Timnas Malaysia U-18. [@malaysiasoccer / Instagram]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-18 dipastikan bertemu Malaysia di semifinal Piala AFF U-18 2019. Jelang laga suporter skuat Harimau Malaya justru pecah kongsi.

Sejatinya, duel Indonesia vs Malaysia yang selalu diwarnai "perang panas" baik di lapangan, luar lapangan, hingga dunia maya, ini akan diramaikan dengan dukungan penuh masing-masing suporter tim. Namun nyatanya, kali ini di kubu Malaysia sendiri agaknya sudah mulai ada suara yang terbelah terhadap timnya yang berjulukan Harimau Muda --julukan versi U-18 dari Harimau Malaya-- tersebut.

Terbelahnya suara dukungan itu setidaknya terlihat dari komentar sejumlah netizen Malaysia di jagat maya khususnya Twitter. Salah satunya antara lain bisa terlihat di sebuah cuitan akun @TeamMsia yang menginformasikan hasil kekalahan di laga Malaysia vs Thailand namun menegaskan bahwa tim mereka tetap lolos ke semifinal.

"1 gol pihak lawan menutup peluang skuad #HarimauMalaya B-18 untuk mengutip mata penting #AFFU18Championship2019 di perlawanan terakhir peringkat kumpulan hari ini. Namun, #MAS layak ke separuh akhir #AFFU18 menerusi kelebihan mata. #KamiTeamMalaysia," cuit akun tersebut, Kamis (15/8).

Susunan pemain timnas Malaysia saat menghadapi Thailand di Piala AFF U-18 2019. [Akun Twitter FA Malaysia/capture]
Susunan pemain timnas Malaysia saat menghadapi Thailand di Piala AFF U-18 2019. [Akun Twitter FA Malaysia/capture]

Salah satu netizen Malaysia yang langsung berkomentar adalah akun @Faqrullll, yang intinya mempersoalkan kekalahan timnas Malaysia dari Thailand tersebut sembari mengkritik keras terlalu hebohnya puja-puji kepada tim mereka kala mampu menang telak atas Australia. Ia pun tak lupa mengingatkan bahwa calon lawan mereka berikutnya adalah Indonesia.

"Tu la bru lps lwn Aussie dh memuji ke langit..tgk kan dh kalah..bru satu game dh puji melangit..nsb lps gi semi..main cm ni mmg kalah la..lps ni jupe indon tau..," tulis akun @Faqrullll.

Tak ketinggalan, masih dalam kolom balasan tweet @TeamMsia, akun @shahrizuansani juga berkomentar singkat bahwa lolosnya mereka ke semifinal lebih tepat disebut sebagai keberuntungan belaka, lewat satu kata yaitu "Luck!" Sementara di bagian lain, muncul juga komentar berisi dukungan, yang intinya agar timnas Malaysia bangkit kembali demi mengalahkan Garuda --tepatnya Garuda Nusantara yang jadi julukan timnas Indonesia U-18.

"Kamon guys bangkitttttt!!!! Matikan garuda!!!" cuit akun @abeymuinsz.

Komentar maupun pandangan yang terbelah dari netizen Malaysia juga terlihat dalam kolom balasan salah satu cuitan akun @FAM_Malaysia milik Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FA Malaysia). Dalam cuitan yang intinya menginformasikan hasil laga Malaysia vs Thailand sore itu, akun @FAM_Malaysia antara lain menambahkan kalimat: "Malaysia U-18 squad qualified for the semi-final stage & will face Indonesia U-18 on Saturday, 17 August 2019".

Dua di antara komentar yang segera merespon cuitan itu antara lain muncul dari akun @_kerepek_ dan akun @topekomar. Salah satunya mengkritik permainan timnas Malaysia, terutama kiper mereka; sementara satunya terlihat bernada "lega" karena Malaysia tetap lolos berkat bantuan Kamboja --karena mengalahkan tuan rumah Vietnam yang sebenarnya juga berpeluang lolos.

"Haihhhh keeper buat hal," cuit akun @_kerepek_. Sementara di bagian lain, akun @topekomar malah menulis: "Thanks to Cambodia who upset the host".

Salah satu yang kemudian juga kentara bernada kritik serta cenderung pesimistis terhadap timnas Malaysia, masih dalam kolom komentar pada tweet FAM_Malaysia itu, adalah cuitan dari akun @Azri81849886.

"Terimalah seadanya...... selagi basic skills lemah ini lah yang disajikan oleh skuad Malaysia," tulisnya. Menariknya, cuitan @Azri81849886 itu pun segera dibalas oleh akun netizen Malaysia lain yang merasa timnas mereka tak seharusnya dinilai serendah itu.

"Satu game terus tak puas hati ? Tengok tak game sebelum sebelum ni?" cuit akun @RahmanMalaya.

"Tengok tuan...... memang banyak kelemahan lagi..... tapi ada banyak hikmah kalah ni..... at least budak2 belajar," balas akun @Azri81849886 pula menjawab respon atas cuitannya itu.

Berita Terkait

Berita Terkini