Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-18, Suporter Malaysia Pecah Kongsi

Malaysia takluk dari Thailand di partai terakhir penyisihan Grup B Piala AFF U-18.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Sabtu, 17 Agustus 2019 | 09:00 WIB
Timnas Malaysia U-18. [@malaysiasoccer / Instagram]

Timnas Malaysia U-18. [@malaysiasoccer / Instagram]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-18 dipastikan bertemu Malaysia di semifinal Piala AFF U-18 2019. Jelang laga suporter skuat Harimau Malaya justru pecah kongsi.

Sejatinya, duel Indonesia vs Malaysia yang selalu diwarnai "perang panas" baik di lapangan, luar lapangan, hingga dunia maya, ini akan diramaikan dengan dukungan penuh masing-masing suporter tim. Namun nyatanya, kali ini di kubu Malaysia sendiri agaknya sudah mulai ada suara yang terbelah terhadap timnya yang berjulukan Harimau Muda --julukan versi U-18 dari Harimau Malaya-- tersebut.

Terbelahnya suara dukungan itu setidaknya terlihat dari komentar sejumlah netizen Malaysia di jagat maya khususnya Twitter. Salah satunya antara lain bisa terlihat di sebuah cuitan akun @TeamMsia yang menginformasikan hasil kekalahan di laga Malaysia vs Thailand namun menegaskan bahwa tim mereka tetap lolos ke semifinal.

Baca Juga: PSIS Semarang Dipecundangi Tim Juru Kunci Sementara Liga 1

"1 gol pihak lawan menutup peluang skuad #HarimauMalaya B-18 untuk mengutip mata penting #AFFU18Championship2019 di perlawanan terakhir peringkat kumpulan hari ini. Namun, #MAS layak ke separuh akhir #AFFU18 menerusi kelebihan mata. #KamiTeamMalaysia," cuit akun tersebut, Kamis (15/8).

Susunan pemain timnas Malaysia saat menghadapi Thailand di Piala AFF U-18 2019. [Akun Twitter FA Malaysia/capture]
Susunan pemain timnas Malaysia saat menghadapi Thailand di Piala AFF U-18 2019. [Akun Twitter FA Malaysia/capture]

Salah satu netizen Malaysia yang langsung berkomentar adalah akun @Faqrullll, yang intinya mempersoalkan kekalahan timnas Malaysia dari Thailand tersebut sembari mengkritik keras terlalu hebohnya puja-puji kepada tim mereka kala mampu menang telak atas Australia. Ia pun tak lupa mengingatkan bahwa calon lawan mereka berikutnya adalah Indonesia.

"Tu la bru lps lwn Aussie dh memuji ke langit..tgk kan dh kalah..bru satu game dh puji melangit..nsb lps gi semi..main cm ni mmg kalah la..lps ni jupe indon tau..," tulis akun @Faqrullll.

Baca Juga: Timnas Tak Pernah Menang Lawan Malaysia di Piala AFF, Ini Head to Headnya

Tak ketinggalan, masih dalam kolom balasan tweet @TeamMsia, akun @shahrizuansani juga berkomentar singkat bahwa lolosnya mereka ke semifinal lebih tepat disebut sebagai keberuntungan belaka, lewat satu kata yaitu "Luck!" Sementara di bagian lain, muncul juga komentar berisi dukungan, yang intinya agar timnas Malaysia bangkit kembali demi mengalahkan Garuda --tepatnya Garuda Nusantara yang jadi julukan timnas Indonesia U-18.

"Kamon guys bangkitttttt!!!! Matikan garuda!!!" cuit akun @abeymuinsz.

Komentar maupun pandangan yang terbelah dari netizen Malaysia juga terlihat dalam kolom balasan salah satu cuitan akun @FAM_Malaysia milik Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FA Malaysia). Dalam cuitan yang intinya menginformasikan hasil laga Malaysia vs Thailand sore itu, akun @FAM_Malaysia antara lain menambahkan kalimat: "Malaysia U-18 squad qualified for the semi-final stage & will face Indonesia U-18 on Saturday, 17 August 2019".

Baca Juga: Ucapkan Bismillah Sebelum Laga Piala Super Eropa, Sadio Mane Panen Pujian

Dua di antara komentar yang segera merespon cuitan itu antara lain muncul dari akun @_kerepek_ dan akun @topekomar. Salah satunya mengkritik permainan timnas Malaysia, terutama kiper mereka; sementara satunya terlihat bernada "lega" karena Malaysia tetap lolos berkat bantuan Kamboja --karena mengalahkan tuan rumah Vietnam yang sebenarnya juga berpeluang lolos.

"Haihhhh keeper buat hal," cuit akun @_kerepek_. Sementara di bagian lain, akun @topekomar malah menulis: "Thanks to Cambodia who upset the host".

Baca Juga: Netizen Justru Fokus ke Ini Saat Ronaldo Goyang dan Bicara Bahasa Indonesia

Salah satu yang kemudian juga kentara bernada kritik serta cenderung pesimistis terhadap timnas Malaysia, masih dalam kolom komentar pada tweet FAM_Malaysia itu, adalah cuitan dari akun @Azri81849886.

"Terimalah seadanya...... selagi basic skills lemah ini lah yang disajikan oleh skuad Malaysia," tulisnya. Menariknya, cuitan @Azri81849886 itu pun segera dibalas oleh akun netizen Malaysia lain yang merasa timnas mereka tak seharusnya dinilai serendah itu.

"Satu game terus tak puas hati ? Tengok tak game sebelum sebelum ni?" cuit akun @RahmanMalaya.

"Tengok tuan...... memang banyak kelemahan lagi..... tapi ada banyak hikmah kalah ni..... at least budak2 belajar," balas akun @Azri81849886 pula menjawab respon atas cuitannya itu.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak