Bolaindonesia

Ini Harapan McMenemy Jelang Duel Skuat Garuda Kontra Vanuatu

Ini jadi laga perdana Timnas Indonesia yang ditukangi McMenemy di kandang.

Galih Priatmojo

Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy (kanan) dalam jumpa pers sehari jelang laga melawan Vanuatu. (Suara.com/ Adie Prasetyo)
Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy (kanan) dalam jumpa pers sehari jelang laga melawan Vanuatu. (Suara.com/ Adie Prasetyo)

Bolatimes.com - Skuat Garuda akan menghadapi Republik Vanuatu dalam laga bertajuk uji coba internasional yang akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019) malam ini. 

Bagi Timnas Indonesia, ini jadi laga perdana di kandang sejak ditangani oleh Simon McMenemy. Hal ini membuat Pelatih asal Skotlandia itu bersemangat. Apalagi, tim asuhannya bakal didukung oleh suporter Garuda.

Terkait kekuatan Vanuatu, McMenemy mengaku masih buta. Eks juru racik Bhayangkara FC ini mengaku kekurangan informasi lantaran terbatasnya berita mengenai Vanuatu di internet.

"Buat saya, ini pertandingan kandang pertama saya sebagai pelatih tim nasional. Ketika masih bersama Timnas Filipina, saya tidak pernah memainkan laga kandang di stadion sebesar ini. Jadi saya harap ini akan menjadi pertandingan yang bagus buat saya," harap Simon McMenemy.

"Kami tidak banyak mengetahui tentang Vanuatu. Kami sudah mencoba mencari informasi di internet, namun tidak ada. Jadi, pertandingan besok akan membuat para pemain mencari jawaban ketika ada kesulitan," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, bagi Timnas Indonesia, uji coba ini disiapkan untuk ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 serta kualifikasi Piala Asia 2023.

Kemungkinan besar, McMenemy bakal kembali menggunakan taktik 3-4-3 meski sebelumnya dikalahkan oleh Yordania di laga uji coba sebelumnya. Pasalnya, anak-anak Timnas Indonesia sudah mulai paham karakter 3-4-3.

Laga Persiapan Ajang Internasional

Pelatih Vanuatu Paul Munster (kiri) dan pemain Kency Tangis (kanan) pada jumpa pers sehari jelang pertandingan kontra Timnas Indonesia. (Suara.com/Adie Prasetyo)
Pelatih Vanuatu Paul Munster (kiri) dan pemain Kency Tangis (kanan) pada jumpa pers sehari jelang pertandingan kontra Timnas Indonesia. (Suara.com/Adie Prasetyo)

Sementara bagi Vanuatu, laga ini akan dijadikan sebagai persiapan jelang Pasific Games. Selain itu, pertandingan melawan Indonesia akan menjadi pengalaman cukup berharga.

"Kami sudah tidak sabar untuk menghadapi pertandingan melawan Timnas Indonesia. Kami juga sebelumnya belum pernah datang dan bermain di stadion ini," ujar Paul Munster selaku pelatih kepala Vanuatu.

"Mereka sangat antusias dengan stadion ini dan sudah tidak sabar untuk bermain di lapangannya. Saya berharap besok akan menjadi pertandingan yang menarik karena akan mempersiapkan diri untuk mengikuti Pasific Games pada Juli mendatang," pungkasnya.

Perkiraan susunan pemain Timnas Indonesia vs Vanuatu:

Timnas Indonesia (3-4-3): Andritany Ardhiyasa; Yanto Basna, Hansamu Yama, Achmad Jufriyanto; Ruben Sanadi, Rizky Pellu, Evan Dimas, Rizky Pora; Andik Vermansah, Alberto Goncalves, Riko Simanjuntak
Pelatih: Simon McMenemy

Vanuatu (4-4-2): Chikau Mansale; Johnathan Spokeyjack, Jason Thomas, Joseph Iaruel, Michel Coulon; Bong Kalo, John Alick, Mitch Cooper, Ronaldo Wilkins; Kengsi Tangis, Azariah Soromon.
Pelatih: Paul Munster

Berita Terkait

Berita Terkini