Bolaindonesia

Diresmikan Anies, Stadion BMW Dibangun dengan Desain Kelas Platinum

Stadion itu disebut-sebut bisa menampung lebih dari 80 ribu penonton.

Rauhanda Riyantama

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Bolatimes.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menuturkan bahwa Jakarta International Stadium atau Stadion BMW akan dibangun dengan desain ramah lingkungan kelas platinum. Harapannya, kelak stadion ini akan setara dengan Old Trafford milik Manchester United atau Santiago Bernabeu milik Real Madrid.

Pernyataan tersebut disampaikan Anies Baswedan saat menghadiri acara kick off pembangunan Stadion Jakarta International Stadium di Taman BMW, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (14/3/2019).

"Stadion ini kelak akan setara dengan stadion-stadion yang hari ini menjadi tempat bermainnya kesebelasan kelas dunia. Bisa disebut mulai dari Manchester United, Real Madrid, dan sebagainya," kata Anies dalam sambutannya.

"Desain yang dibuat benar-benar menjadi contoh sebuah gedung dengan prinsip ramah lingkungan yang kelasnya platinum. Kelas platinum itu kelas tertinggi dalam konsep green building," jelasnya.

Layout Jakarta International Soccer Stadium alias Stadion BMW. [Instagram @bmw_stadium]
Layout Jakarta International Soccer Stadium alias Stadion BMW. [Instagram @bmw_stadium]

 

Selain itu, kapasitas stadion ini juga disebut lebih besar dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang saat ini bisa menampung 77 ribu penonton. Jakarta International Stadium digadang-gadang bisa menampung 80 ribu sampai 82 ribu penonton.

"Dari segi kapasitas itu akan menampung kurang lebih antara 80 sampai 82 ribu orang," kata Direktur utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto.

Jakarta International Stadium akan berdiri berdekatan dengan stasiun Ancol, sehingga penonton yang akan menuju Jakarta International Stadium bisa menggunakan moda transportasi commuterline atau KRL. Stasiun Moda Raya Terpadu juga akan dibangun di dekat stadion.

Pembangunan stadion tersebut menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sebesar Rp 5 triliun dan ditargetkan selesai pada tahun 2021.

Suara.com/Stephanus Aranditio

Berita Terkait

Berita Terkini