Bolaindonesia

Menatap Musim 2019, Lima Pemain Ini Pilih Kembali Ke Tanah Air

Salah satunya adalah Evan Dimas Darmono.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono dan Andik Vermansah usai melakukan pemasan sebelum melawan Timor Leste di Piala AFF 2018. (AFF)
Pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono dan Andik Vermansah usai melakukan pemasan sebelum melawan Timor Leste di Piala AFF 2018. (AFF)

Bolatimes.com - Setelah musim 2018 berakhir, sejumlah pemain asal Indonesia yang merumput di luar negeri memutuskan kembali berkarier di liga Tanah Air. Ada yang kembali berlabuh ke klub lamanya, namun ada juga yang bergabung ke klub baru.

Memang, bermain di liga luar negeri menjadi impian sejumlah pemain Indonesia. Selain alasan untuk meningkatkan karier sepak bola, bermain di luar negeri juga dapat membentuk mental mereka.

Namun alih-alih terus memperkuat tim di liga luar negeri, beberapa pemain ini justru memilih kembali ke liga lokal. Siapa saja mereka? Berikut lima pemain yang berhasil Bolatimes rangkum.

1. Evan Dimas (Selangor FA - PS Barito Potera)

Evan Dimas. (Sumber: Instagram/@faselangormy).
Evan Dimas. (Instagram/@faselangormy).

Pemilik nama lengkap Evan Dimas Darmono ini musim lalu menjadi salah satu pemain asing yang dimiliki skuat Selango FA yang berkancah di kompetisi Liga Super Malaysia. Ia pun menjelma menjadi pemain kunci di lini tengah tim berjuluk Raksasa Merah tersebut.

Namun kini, pemain jebolan Timnas U-19 itu memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak bersama Selangor FA. Ia memilih kembali ke Tanah Air dan bergabung besama PS Barito Putera dalam mengarungi Liga 1 2019.

2. Ilham Udin Armaiyn (Selangor FA - Bhayangkara FC)

Menyusul rekan setimnya di Timnas Indonesia, Evan Dimas. Kini Ilham Udin Armaiyn bergabung Selangor FA
Menyusul rekan setimnya di Timnas Indonesia, Evan Dimas. Kini Ilham Udin Armaiyn bergabung Selangor FA.

Pada musim 2018, Ilham Udin Armaiyn memutuskan berlabuh ke Selangor FA bersama rekannya Evan Dimas. Namun selama semusim membela Selangor FA, ia lebih banyak tampil dari bangku cadangan.

Dan kini Ilham memutuskan tidak melanjutkan kariernya bersama Selangor FA. Ia telah sepakat bergabung dengan klub lamanya, Bhayangkara FC untuk Liga 1 2019.

3. Terens Puhiri (Port FC - Borneo FC)

Terens Puhiri bergabung dengan klub Thailand, Port FC
Terens Puhiri bergabung dengan klub Thailand, Port FC.

Berkat kecepatan larinya, nama Terens Puhiri sempat menjadi perbincangan publik sepak bola saat mencetak gol ke gawang Mitra Kukar. Berkat aksi gemilangnya, Terens pun merumput bersama klub asal Thailand, Port FC di liga 1 Thailand.

Sayangnya, selama semusim berkostum Port FC ia tak banyak mendapatkan peluang bermain. Akhirnya di musim 2019 mendatang, Terens kembali membela Borneo FC.

4. Ryuji Utomo (PTT Rayong - Persija Jakarta)

Ryuji Utomo/Instagram
Ryuji Utomo saat berkosum PTT Rayong. (Instagram)

Tampil gemilang dan berhasil mengantarkan PTT Rayong promosi ke Liga 1 Thailand, tak membuat Ryuji Utomo kembali merumput di liga Thailand di musim mendatang. Kini ia memutuskan kembali ke klub lamanya, Persija Jakarta untuk mengarungi Liga 1 2019.

5. Andik Vermansyah (Kedah FA - Madura United)

Andik Vermansyah dipanggil mengikuti seleksi Timnas Indonesia jelang gelaran AFF 2018. (@pssi__fai/Instagram)
Andik Vermansyah dipanggil mengikuti seleksi Timnas Indonesia jelang gelaran AFF 2018. (@pssi__fai/Instagram)

Setelah musim lalu bermain di Liga Super Malaysia bersama Kedah FA, Andik Vermansyah pun akhirnya kembali ke klub Tanah Air. Alih-alih ingin memperkuat klub kebanggaannya Persebaya Surabaya, ia pun justru mengikat kontrak bersama Madura United untuk Liga 1 2019.

Berita Terkait

Berita Terkini