Persebaya vs PSIS, Bentrok Tim Debutan Liga 1 di Laga Pamungkas

Dua tim debutan akan berlaga demi gengsi di laga pungkasan Liga 1 2018.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Jum'at, 07 Desember 2018 | 15:00 WIB
Penyerang Persebaya Surabaya Irfan Jaya bakal berhadapan dengan penyerang PSIS Semarang Hari Nur Yulianto di laga pamungkas Liga 1, Sabtu (8/12/2018). [Instagram]

Penyerang Persebaya Surabaya Irfan Jaya bakal berhadapan dengan penyerang PSIS Semarang Hari Nur Yulianto di laga pamungkas Liga 1, Sabtu (8/12/2018). [Instagram]

Bolatimes.com - Selain Persija kontra Mitra Kukar dan PSM Makassar versus PSMS Medan, di laga pamungkas Liga 1 2018 ada laga menarik lainnya yakni persaingan antara tim debutan Persebaya Surabaya melawan PSIS Semarang. Dua dedengkot era perserikatan ini bakal saling 'tikam' di partai pungkasan, Sabtu (8/12/2018) besok.

Sama-sama berstatus debutan di musim ini, baik Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang memiliki catatan yang apik terutama di enam laga terakhir.

Meski di laga terakhir Persebaya secara mengagetkan mampu digelontor empat gol tanpa balas oleh tim yang saat ini tengah berjuang di zona degradasi PSMS Medan, tetapi secara keseluruhan anak asuhan Djadjang Nurdjaman mempunyai jejak yang menyeramkan di beberapa laga terakhir.

Baca Juga: Pemilik Kalteng Putra Tolak Tuduhan Terlibat Pengaturan Skor

Julukan si penghancur tim raksasa tampaknya tak terlampau berlebihan jika disematkan kepada skuat Bajul Ijo. Coba saja tengok, tim-tim besar selevel PSM Makassar, Persija Jakarta, Bhayangkara FC mampu dibuat keok. Yang paling fenomenal yakni kala mempermalukan Bali United di kandangnya dengan skor telak 2-5. Ini bahkan jadi catatan merah sepanjang sejarah Bali United di Liga 1 2018 yang mengalami kekalahan terbesar.

Persebaya Surabaya. [@officialpersebaya/Instagram]
Persebaya Surabaya. [@officialpersebaya/Instagram]

Persebaya yang kini bertengger di peringkat enam klasemen sementara Liga 1 2018, bahkan mampu menciptakan rekor yakni mampu memenangkan empat laga secara beruntun dari tim-tim besar tersebut. Terhitung dalam enam laga terakhir, Persebaya hanya menelan dua kekalahan yakni atas Persipura Jayapura dan terakhir atas PSMS Medan.

Di sudut yang lain, PSIS Semarang nyatanya juga tak kalah garang. Meski sempat terseok di tengah musim, namun di bawah pelatih Djafri Sastra tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu menjelma jadi mematikan.

Baca Juga: Jadwal Serie A Italia Pekan ke-15, Duel Juventus vs Inter Milan

Yang masih hangat diingat yakni ketika Hari Nur dkk mampu membuat tim sebesar Persib Bandung tak berkutik kala bermain di Stadion Moch Soebroto, Magelang pada pekan ke-31 lalu.

Dari catatan, sepanjang enam laga terakhir PSIS Semarang yang saat ini nangkring di peringkat sembilan klasemen sementara Liga 1 2018 telah mencatatkan tiga kemenangan, sekali imbang dan dua kali kekalahan.

Dengan sepak terjang kedua tim yang terus menunjukkan grafik naik itu bisa dipastikan laga pamungkas nanti bakal berlangsung seru. Walau sudah dipastikan keduanya aman di kompetisi musim depan tapi adu gengsi bakal menyulut persaingan di antara keduanya.

Baca Juga: Pelatih Real Madrid Tersanjung dengan Performa Isco

Kehilangan Osvaldo Haay

Sayangnya, jelang laga pamungkas Persebaya Surabaya dipastikan takkan diperkuat salah satu motor serangannya yakni Osvaldo Haay.

Dilansir dari persebaya.id, Osvaldo Haay dan bek tengah Fandry Imbiri bakal absen. Valdo terpaksa duduk di bench pemain lantaran akumulasi kartu. Sementara Fandry ijin pulang ke Papua karena saudaranya sakit keras.

Baca Juga: Karier Mario Balotelli di Nice akan Segera Berakhir

Valdo mendapatkan kartu kuning saat menghadapi PSMS Medan. Itu merupakan kartu kuning ketiganya di musim ini. Akibatnya ia tidak bisa bermain di laga selanjutnya kala kontra PSIS Semarang. Sebelumnya, pemain yang sudah mengemas 10 gol tersebut juga pernah kena sanksi larangan bermain karena dinyatakan berlaku kasar dalam pertandingan saat menghadapi Borneo.

Untuk mengatasi situasi tersebut, pelatih Persebaya Djanur mengaku kehilangan Valdo dan Fandry adalah kerugian. Namun ia yakin ada solusinya.

Pemain Persebaya Surabaya Osvaldo Haay (kanan) bersama rekannya Misbakus Solikin melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur, Senin (26/11/2018). Persebaya Surabaya kalahkan Bhayangkara FC dengan skor 1-0. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Pemain Persebaya Surabaya Osvaldo Haay (kanan) bersama rekannya Misbakus Solikin melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur, Senin (26/11/2018). Persebaya Surabaya kalahkan Bhayangkara FC dengan skor 1-0. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

''Saya sudah pernah mengalami ini. Waktu itu kehilangan Robertino, David da Silva dan Maitimo. Tapi saya percaya dengan tim yang ada dan akhirnya bisa berhasil naik ke papan atas,'' terangnya usai latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, kemarin.

''Untuk posisi Valdo saya rasa ngga ada masalah ada Irfan Jaya, Oktafianus dan juga masih ada Ferry Pahabol. Sementara untuk Fandry masih ada Rachmat Irianto, O.K. John atau Andri Muliadi,'' jelasnya.

PSIS hanya kehilangan Ibrahim Conteh

Seperti halnya Persebaya, jelang melawat ke Surabaya, PSIS Semarang mengumumkan takkan diperkuat Ibrahim Conteh. Sama seperti Valdo, Conteh harus absen lantaran terkendala sanksi.

Dilansir dari liga-indonesia.id, PSIS bakal membawa 18 pemain menuju Gelora Bung Tomo. Mereka yakni dua kiper senior, Jandia Eka Putra dan Joko Ribowo.

Pemain PSIS Semarang, Ibrahim Conteh (kanan) berselebrasi usai menjebol gawang klub Persib Bandung dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (18/11/2018). PSIS mengalahkan Persib Bandung dengan skor 3-0 melalui gol dari Bruno Silva, Hari Nur Yulianto, dan Ibrahim Conteh. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Pemain PSIS Semarang, Ibrahim Conteh (kanan) berselebrasi usai menjebol gawang klub Persib Bandung dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (18/11/2018). PSIS mengalahkan Persib Bandung dengan skor 3-0 melalui gol dari Bruno Silva, Hari Nur Yulianto, dan Ibrahim Conteh. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.

Lalu di barisan pemain bertahan terbaiknya ada Haudi Abdilah, Gilang Ginarsa, Fauzan Fajri, Safrudin Tahar, Aqsa, hingga Petar Planic.

Sedangkan di lini tengah, diisi Bayu Nugroho, M Yunus, Hapit Ibrahim, M Wahyu, Melcior Majefat juga Nerius Alom.

Untuk lini depan, trio Komarudin, Hari Nur Yulianto dan tentunya Bruno Silva masih menjadi andalan di laga pamungkas nanti. Mereka juga bakal membawa Aldaier Makatindu ke Surabaya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak