Bolaindonesia

Keempat Kalinya Timnas Indonesia Gagal Lolos ke Semifinal AFF

Catatan buruk Timnas Indonesia bertambah kala gagal lolos ke semifinal Piala AFF untuk keempat kalinya.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata

Skuat Timnas Indonesia, berfoto bersama sebelum bertanding melawan Thailand di Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Thailand, Sabtu (17/11/2018) (AFF)
Skuat Timnas Indonesia, berfoto bersama sebelum bertanding melawan Thailand di Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Thailand, Sabtu (17/11/2018) (AFF)

Bolatimes.com - Langkah Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 sudah dipastikan berakhir. Kegagalan lolos ke babak semifinal Piala AFF ini menjadi yang keempat kalinya bagi skuat Garuda sejak pertama kali terjadi di tahun 2007.

Kegagalan Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2018 dipastikan setelah laga Filipina kontra Thailand berakhir dengan skor imbang 1-1 di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina, Rabu (21/11/2018). Hasil itu membuat kedua tim sama-sama mengantongi tujuh poin dan menjadi misi yang tidak mungkin bagi Hansamu Yama Cs untuk mengejarnya.

Timnas Indonesia memang masih menyisakan satu laga lagi melawan Filipina pada Minggu (25/11/2018). Akan tetapi, laga tersebut tak berpengaruh bagi tim Merah-Putih meski mereka berhasil memetik kemenangan. Tambahan 3 poin dari kemenangan tersebut belum cukup untuk mengejar poin Filipina dan Thailand.

Kegagalan Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal ini pun menambah catatan buruk skuat Garuda di ajang Piala AFF. Kini mereka tercatat empat kali gagal lolos ke babak semfinal.

Kegagalan pertama terjadi pada Piala AFF edisi 2007. Saat itu Timnas Indonesia bisa dikatakan bernasib tragis lantaran berada di peringkat ketiga Grup B dengan mengumpulkan lima poin.

Jumlah poin yang sama dengan Singapura dan Vietnam yang berhasil lolos ke babak empat besar. Indonesia gagal lolos karena memiliki jumlah gol terendah dibandingkan dua tim di atas.

Dari tiga laga yang dijalani Timnas Indonesia pada saat itu, skuat Garuda memperoleh hasil menang sekali dan imbang dua kali. Indonesia menang 3-1 dari Laos, imbang 1-1 lawan Vietnam dan 2-2 melawan Singapura.

Timnas Indonesia di Piala AFF 2012. (Mohd Rasfan/AFP).
Timnas Indonesia di Piala AFF 2012. (Mohd Rasfan/AFP).

Kegagalan Timnas Indonesia yang kedua terjadi di Piala AFF 2012. Kala itu Indonesia memperoleh hasil imbang 2-2 di laga pertamanya saat berhadapan dengan Laos. Di laga kedua melawan Singapura, Indonesia berhasil menang dengan skor 1-0.

Malapetaka terjadi di laga ketiga. Skuat Garuda yang hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos. Mereka justru kalah 0-2 dari Malaysia. Hasil itu pun membuat Indonesia harus puas diperingkat tiga dengan toerhan empat poin.

Timnas Indonesia pun kembali gagal di Piala AFF selanjutnya, tahun 2014. Di ajang dua tahunan saat itu, Indonesia gagal lolos setelah memperoleh hasil imbang 2-2 melawan Vietnam, kalah 0-2 dari Vietnam, dan Menang 5-1 atas Laos. Meski menang telak di laga terakhir, hasil itu belum cukup untuk menyalip poin Vietnam dan Filipina.

Berita Terkait

Berita Terkini