Modal Besar Evan Dimas Hadapi Timor Leste

Pengalaman Evan Dimas jadi modal besar Timnas Indonesia hadapi Timor Leste.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata | BolaTimes.com
Selasa, 13 November 2018 | 15:30 WIB
Pemain timnas Indonesia Evan Dimas (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Mauritius dalam partai persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/9). Indonesia berhasil menang dengan skor 1-0. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Pemain timnas Indonesia Evan Dimas (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Mauritius dalam partai persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/9). Indonesia berhasil menang dengan skor 1-0. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono memiliki modal yang bagus hadapi Timor Leste di Piala AFF 2018. Modal tersebut adalah pengalaman berharga saat berhadapan dengan Timor Leste pada tahun 2014 lalu.

Timnas Indonesia akan bersua dengan Timor Leste dalam laga kedua babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018, Selasa (13/11/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Sebelumnya, skuat Garuda harus menelan kekalahan tipis 0-1 pada laga pertama saat melawan Singapura.

Menghadapi Timor Leste, tentu menjadi beban berat bagi Timnas Indonesia karena harus memetik kemengan untuk mendapatkan poin guna lolos ke babak selanjutnya.

Baca Juga: Prediksi & Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Timor Leste

Namun pada pertemuan melawan Timor Leste di Piala AFF kali ini, tim besutan Bima Sakti lebih difavoritkan karena lebih unggul di atas kertas dengan komposisi pemain yang lebih berpengalaman jika dibandingkan pemain Timor Leste yang rata-rata diisi oleh pemain muda.

Selain itu, Timnas Indonesia juga diuntungkan karena sang playmaker, Evan Dimas mempunyai pengalaman bagus menghadapi Timor Leste. Hal ini terjadi saat mantan pemain Bhayangkara FC itu menjalani debut bersama Timnas Indonea pada bulan November 2014.

Evan Dimas terlbiat duel perebutan bola dengan gelandang Singapura, Izzdin Shafiq saat laga melawan Singarupa pada 9 November 2018 (Roslan Rahman/AFP)
Evan Dimas terlibat duel perebutan bola dengan gelandang Singapura, Izzdin Shafiq saat laga melawan Singarupa pada 9 November 2018 (Roslan Rahman/AFP)

Kala itu tim Merah-Putih menghadapi Timor Leste dalam persiapan menjelang Piala AFF 2014 di SUGBK. Evan Dimas pun mendapat kepercayaan pelatih Alfred Riedl turun sebagai pemain inti bersama pemain-pemain senior lainnya.

Baca Juga: Stan Lee Pernah Berhutang Budi dengan Bintang American Football

Evan yang saat itu masih berusia 19 tahun menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia senior justru bermain lepas dan berhasil mengatur permainan. Ia mampu membangun serangan yang mengancam gawang Timor Leste.

Bukan hanya menciptakan peluang untuk rekan setimnya, saat itu juga Evan Dimas berhasil mencetak gol setelah menerima umpan dari Zulkifli Syukur. Saat itu, Evan terhitung bermain selama 64 menit sebelum digantikan oleh Samsul Arif. Laga itu pun berhasil dimenangkan oleh Timnas Indonesia dengan skor 4-0.

Kini setelah empat tahun lamanya, Evan Dimas telah berusia 23 tahun dengan segudang pengalaman bermainnya di tanah air dan di Negeri Jiran Malaysia. Pada laga melawan Timor Leste nanti, kemungkin besar juga Evan Dimas akan diturunkan sejak menit awal.

Baca Juga: Ranking Klub AFC: 4 Klub Top Indonesia Kalah Jauh dari Malaysia

Hal ini pun menjadi pertemuan kedua Evan dengan Timor Leste. Pengalaman Evan tentu menjadi modal besar Timnas Indonesia untuk memetik kemenangan pada laga kedua skuat Garuda di Piala AFF 2018.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak