5 Hal yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia U-16 dari Thailand

Pelatih timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini harus memutar otak, Thailand bukan tim sembarangan.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Sabtu, 11 Agustus 2018 | 15:21 WIB
Skuat Timnas Thailand U-16 (fathailand.org)

Skuat Timnas Thailand U-16 (fathailand.org)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 akan menjadi harapan bangsa ditengah seretnya prestasi timnas Indonesia di semua level usia. Gelar juara tentu sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, tapi lawannya kali ini adalah Thailand U-16 yang secara materi dan pembinaan usia muda juga telah matang.

Kedua tim akan saling berjuang selama 80 menit untuk mendapatkan gelar juara Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018) 19:00 WIB, live Indosiar.

Enam kemenangan beruntun dengan torehan 22 gol dan hanya kebobolan tiga gol sejak fase grup A membuat timnas Indonesia U-16 diatas kertas lebih unggul dibandingkan Thailand yang menang empat kali dan ditahan imbang Laos dengan torehan 13 gol dan kebobolan dua gol sejak fase grup B.

Baca Juga: Nilai Fred Saat Debut Bersama Manchester United di Liga Inggris

Namun catatan statistik di atas tak bisa menjadi tolak ukur di partai final yang memungkinkan semua hal bisa terjadi, berikut keunggulan timnas Thailand di Piala AFF U-16:

1. Thailand berbahaya di 20 menit awal dan 20 menit akhir

Timnas Thailand U-16 vs Vietnam U-16 (twitter/AFFPresse)
Timnas Thailand U-16 vs Vietnam U-16 (twitter/AFFPresse)

Dari 13 gol yang diciptakan Thailand U-16, delapan diantaranya tercipta pada 20 menit awal (13',13',10',17') dan 20 menit akhir (78',64',63',77'). Sementara lima sisanya tercipta di antara menit 20-60.

Baca Juga: Julen Lopetegui Belum Tentukan Kiper Utama Real Madrid

Artinya, skuat Thailand U-16 bisa saja menekan sejak menit awal saat melawan timnas Indonesia U-16 untuk memanfaatkan kemungkinan belum panasnya David Maulana cs.

Atau mereka akan bermain bertahan hingga menit ke-60 kemudian melancarkan serangan setelahnya dengan memanfaatkan stamina dan konsentrasi skuat Indonesia yang sudah menurun.

2.  Semua pemain timnas Thailand U-16 bisa mencetak gol

Baca Juga: 6 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Perdana Manchester United

Pemain Timnas Thailand U-16 Merayakan ke gawang Vietnam (fatthailand.org)
Pemain Timnas Thailand U-16 Merayakan ke gawang Vietnam (fatthailand.org)

Berbeda dengan timnas Indonesia U-16 yang bergantung dengan Amiruddin Bagus Kahfi dengan 12 golnya, di kubu Thailand tidak ada satu pun pemain yang menjadi top skor.

13 gol yang sudah dilesatkan Thailand diciptakan oleh 13 pemain berbeda termasuk saat mereka membantai Brunei Darussallam 7-0 pada fase grup B.

3. Thailand punya kiper tangguh.

Baca Juga: Ini Komentar Pogba Soal Rebutan Penalti dengan Alexis Sanchez

Kiper Timnas Thailand U-16, Anuchid Taweesri (sbothaiclub)
Kiper Timnas Thailand U-16, Anuchid Taweesri (sbothaiclub)

Kiper timnas Thailand Anuchid Taweesri hanya kebobolan dua gol sejak babak penyisihan grup hingga semifinal. Hanya pemain Singapura Chua Zikos Vasileios Ming Xun dan pemain Malaysia Muhammad Nuh Azlan Syah Mohd Yusof yang bisa menjebol gawang Taweesri.

Kedua gol itu tercipta ketika Thailand sudah unggul terlebih dahulu, jadi tidak terlalu mempengaruhi mental pemain Thailand karena tetap unggul.

Satu yang bisa dipelajari timnas Indonesia U-16 adalah kedua gol itu tercipta lewat situasi bola liar dimana Taweesri selalu berada di posisi yang tidak tepat.

4. Thailand selalu menunggu kesalahan lawan

Timnas Thailand U-16 Vs Laos U-16 (Twitter/AFFPresse)
Timnas Thailand U-16 Vs Laos U-16 (Twitter/AFFPresse)

Timnas Thailand U-16 dibawah asuhan pelatih baru Thongchai Rungreangleas tidak jauh berbeda dengan gaya bermain saat babak kualifikasi Piala Asia U-16 beberapa waktu lalu.

Mereka selalu bermain sabar dan menanti kesalahan lawan, pelatih Fakhri Husaini sepertinya akan merombak strategi untuk bermain sedikit tertutup untuk memimalisir kesalahan yang tidak perlu.

5. Thailand paling sering juara Piala AFF U-16

Timnas Thailand U-16 juara Piala AFF U-16 2015
Timnas Thailand U-16 juara Piala AFF U-16 2015

Timnas Thailand U-16 menjadi tim yang paling banyak meraih gelar juara Piala AFF U-16, Thailand dan Vietnam tercatat sudah tiga kali menjuarai turnamen ini. Thailand meraih juara pada 2007, 2011, dan 2015.

Bagi timnas Indonesia U-16, nanti malam bisa menjadi catatan sejarah besar jika berhasil mengalahkan Thailand. David Maulana cs bisa menjadi orang Indonesia pertama yang menjuarai Piala AFF U-16 sejak pertama digelar pada 2002. Prestasi terbaik Indonesia di ajang ini adalah runner-up pada 2013.

Akan lebih indah lagi jika Amiruddin Bagus Kahfi mempunyai peluang yang besar untuk mengawinkan gelar juara dengan gelar top skor mengingat sudah mengoleksi 12 gol, unggul empat gol dari pemain Vietnam Dinh Thanh Trung (8 gol)

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak