Akmal Marhali Minta Pemain Timnas Dititipkan ke Inter Milan, Coach Justin: Tak Segampang Itu!

Pecinta sepak bola Indonesia tengah dihebohkan dengan perdebatan antara dua pengamat ternama, yakni Akmal Marhali dan Justinus Lhaksana dalam sebuah Podcast.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 17 September 2023 | 18:45 WIB
Akmal Marhali dan Coach Justin. (YouTube/CNN)

Akmal Marhali dan Coach Justin. (YouTube/CNN)

Bolatimes.com - Pecinta sepak bola Indonesia tengah dihebohkan dengan perdebatan antara dua pengamat ternama, yakni Akmal Marhali dan Justinus Lhaksana dalam sebuah Podcast.

Dinukil dari kanal YouTube CNN Indonesia dalam video bertajuk Si Paling Sport, Akmal Marhali dan Justinus Lhaksana berdebat mengenai banyak hal, terutama mengenai Timnas Indonesia.

Dalam perdebatan itu, Justinus Lhaksana atau biasa akrab disapa Coach Justin memberi komentarnya tentang bagaimana en Generation Timnas Indonesia agar berprestasi.

Coach Justin menyebut bahwa mengirim satu tim ke Italia atau Uruguay untuk program pemain muda merupakan cara yang salah.

Menurutnya, jika cara yang dilakukan Indonesia benar, maka negara lain pun akan melakukan hal serupa dengan mengirim pemain muda dalam bentuk satu tim ke negara-negara yang sepak bolanya maju.

Lalu, Coach Justin menyebutkan jika ingin pemain Timnas Indonesia hebat, maka pemain itu harus bermain di Eropa, bukan sebagai tim melainkan sebagai individu seperti Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, dan Rafael Struick.

Komentar Coach Justin itu kemudian disambung oleh Akmal Marhali yang menyebut bahwa PSSI bisa menitipkan pemainnya ke Inter Milan karena koneksi sang Ketua Umum (Ketum), Erick Thohir, yang luas.

“Kan bisa juga dititipkan di Inter Milan lah misalnya,” ucap Akmal Marhali dalam Podcast tersebut di menit ke-36 detik 54.

Sontak komentar dari Akmal Marhali itu dibalas oleh Coach Justin dengan singkat dan jelas kepada lawan bicaranya tersebut.

“Ga segampang itu, Akmal. Karena kualitas,” ujar Coach Justin sambil menatap wajah Akmal Marhali secara tajam, meski lawan bicaranya itu mencoba membalas dengan pendapatnya.

Perdebatan ini kemudian menjadi perbincangan pecinta sepak bola Tanah Air, yang kebanyakan menganggap Akmal Marhali tak punya wawasan yang jelas dari komentarnya.

“Hadeuh maen di italy tuh susah dari ijin paspor non eu yang dibatasi cuma 2, belum lagi adaptasi bahasa juga dan jangan lupa pemain asli akademi italy pasti ga akan suka sama pemain non italy yang didatangin dimana rasisnya tinggi ada dibuat di film tigers dari kisah nyata,” komentar @ka*******t di Twitter (X).

Sedangkan netizen atau pecinta sepak bola ada pula yang setuju dengan pernyataan Akmal Marhali dan paham akan maksud dari Koordinator SOS  itu.

“Kalo nonton full nya sih sebenernya setuju ya sama si akmal. poinnya si akmal itu berharap erick thohir bisa bawa bbrp pemain muda ke eropa lewat koneksinya (agen atau klub lah). Inter itu cmn asal nyebut aja,” kicau akun @mo*****e_ di Twitter (X).

Di samping itu, ada pula netizen yang mengungkapkan bahwa pemain Indonesia yang dititipkan ke luar negeri bukanlah suatu hal baru.

Pasalnya, beberapa tahun silam ada pemain-pemain Indonesia yang pernah bermain di Eropa seperti di CS Vise yang sempat dimiliki oleh Bakrie Group.

Terlepas dari hal tersebut, komentar-komentar dari Akmal Marhali memang sempat mendapat sorotan negatif dari pecinta sepak bola Tanah Air.

Hal ini tak lepas dari komentar-komentarnya yang mengkritisi Shin Tae-yong yang gagal memberikan trofi juara di Piala AFF U-23 2023 lalu sehingga mendesak PSSI agar mengevaluasi juru taktik asal Korea Selatan itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Inilah jadwal perempatfinal Euro 2024

boladunia | 06:42 WIB

Catat jadwal babak 16 besar Euro 2024

boladunia | 10:15 WIB

Teka-teki masa depan Thom Haye dibongkar media Belanda.

boladunia | 19:00 WIB

Gelandang Leverkusen yang sukses meraih gelar Bundesliga dan Piala Jerman, Granit Xhaka sangat berharap bisa membawa kemenangan untuk Swiss dalam laga Grup A melawan Hongaria pada Sabtu malam di Cologne Stadium.

boladunia | 08:47 WIB

Jerman tampil luar biasa, membuat Skotlandia menjadi korban pertama dengan kekalahan telak 1-5 pada pertandingan pembuka Euro 2024 Grup A di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Sabtu dini hari WIB.

boladunia | 08:08 WIB

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB
Tampilkan lebih banyak