Kisah Unik Emerson Palmieri, Pemain Pertama dalam Sejarah yang Meraih 5 Trofi UEFA

Emerson Palmieri terkini sukses juara Liga Konferensi bersama West Ham.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 09 Juni 2023 | 20:00 WIB
Emerson Palmieri saat mengantar West Ham United juara Liga Konferensi 2022/2023. (Instagram)

Emerson Palmieri saat mengantar West Ham United juara Liga Konferensi 2022/2023. (Instagram)

Bolatimes.com - Mengupas kisah unik Emerson Palmieri, pemain berpaspor Italia yang mencatatkan sejarah sebagai pemain pertama yang berhasil meraih lima trofi UEFA.

Eks penggawa Chelsea ini berhasil mencatatkan sejarah tersebut kala membawa West Ham United menjuarai UEFA Conference League atau Liga Konferensi, Kamis (8/6).

Dalam laga final melawan Fiorentina itu, Emerson bermain sebagai starter di posisi bek kiri. Ia pun membawa timnya menang dengan skor tipis 2-1.

Baca Juga: CEK FAKTA: Mengaku Teman Dekat, Lionel Messi Terkejut Jordi Amat Bela Timnas Indonesia

Adapun gol-gol di laga tersebut dicetak oleh Said Benrahma pada menit ke-62, kemudian disusul Giacomo Bonaventura pada menit ke-67, dan ditutup Jarrod Bowen pada menit ke-90.

Keberhasilan menjuarai UEFA Conference League itu pun membuat West Ham menuntaskan puasa gelar yang telah berlangsung selama 43 tahun.

Selain itu, gelar UEFA Conference League menjadi gelar kedua tim berjuluk The Hammers itu di kompetisi Eropa di bawah naungan UEFA.

Baca Juga: Juara Bertahan Gugur di Singapore Open 2023, Leo/Daniel Alihkan Fokus ke Indonesia Open

Sebelum menjuarai kompetisi kasta ketiga ini, West Ham pernah menjuarai UEFA Cup Winners Cup pada musim 1964/1965 silam.

Nyatanya, gelar UEFA Conference League ini tak hanya membawa sejarah bagi West Ham, tapi juga bagi Emerson Palmieri.

Berkat gelar UEFA Conference League itu, Emerson menjadi pemain pertama yang bisa menggondol lima trofi dalam sejarah kompetisi di bawah naungan induk sepak bola Eropa itu.

Baca Juga: Pakar Sepak Bola Vietnam Iri dengan Gaji di Liga Indonesia, Sarankan Pemainnya Segera Hijrah

Lima Gelar UEFA

Emerson Palmieri mampu meraih lima gelar UEFA itu hanya dalam waktu singkat, yakni dalam kurun waktu lima tahun saja.

Ia pertama kali meraih gelar kompetisi UEFA pertamanya di ajang Liga Europa pada musim 2018/2019 lalu bersama Chelsea, pasca mengalahkan Arsenal dengan skor 4-1 di final.

Baca Juga: Netizen Indonesia Kritik Vietnam yang Berencana Panggil 20 Pemain Keturunan, Singgung Pak Hang-seo

Lalu gelar Eropa kedua, ketiga, dan keempat mampu direngkuh Emerson pada tahun 2021 bersama klub berjuluk The Blues itu dan juga Timnas Italia.

Berturut-turut, Emerson mampu meraih gelar Liga Champions bersama Chelsea, Euro 2020 bersama Italia, dan Piala Super UEFA bersama The Blues.

Kariernya di Chelsea pun tuntas pada tahun 2022, usai pihak klub melepasnya ke West Ham dengan harga sekitar 15 juta euro saja.

Siapa sangka, transfer ini kemudian membuat Emerson mampu mencetak sejarah dengan menjuarai UEFA Conference League 2022/23.

Jika dilihat dari kariernya, pencapaian ini menjadi catatan tersendiri bagi Emerson, mengingat ia bukanlah pilihan utama di klub dan tim nasional.

Saat diboyong Chelsea pada 2018, pemain berusia 28 tahun ini hanya menjadi pelapis bagi Marcos Alonso dan Ben Chilwell.

Di Timnas Italia pun ia juga menjadi pelapis bagi Leonardo Spinazzola pada Euro 2020 lalu. Namun nama terakhir sempat cedera parah, sehingga ia mendapat kesempatan tampil.

Di West Ham lah baru Emerson menjadi pilihan utama. Akan tetapi ia juga bertukar peran dengan Aaron Cresswell untuk mengisi pos bek kiri itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Venezia bakal jumpa Lazio di Serie A musim 2024/2025.

boladunia | 16:15 WIB

Inilah jadwal perempatfinal Euro 2024

boladunia | 06:42 WIB

Catat jadwal babak 16 besar Euro 2024

boladunia | 10:15 WIB

Teka-teki masa depan Thom Haye dibongkar media Belanda.

boladunia | 19:00 WIB

Gelandang Leverkusen yang sukses meraih gelar Bundesliga dan Piala Jerman, Granit Xhaka sangat berharap bisa membawa kemenangan untuk Swiss dalam laga Grup A melawan Hongaria pada Sabtu malam di Cologne Stadium.

boladunia | 08:47 WIB

Jerman tampil luar biasa, membuat Skotlandia menjadi korban pertama dengan kekalahan telak 1-5 pada pertandingan pembuka Euro 2024 Grup A di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Sabtu dini hari WIB.

boladunia | 08:08 WIB

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB
Tampilkan lebih banyak