Profil Joachim Low, Pelatih Jerman yang Digosipkan Jadi Dirtek PSSI Gantikan Indra Sjafri

Joachim Low digadang-gadang jadi Diretk baru PSSI.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Sabtu, 03 Juni 2023 | 12:00 WIB
Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew, di Euro 2020. (Frank Augstein/AFP)

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew, di Euro 2020. (Frank Augstein/AFP)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Joachim Low, eks pelatih Timnas Jerman yang digadang-gadang akan menjadi Direktur Teknik baru PSSI pengganti Indra Sjafri.

Nama Joachim Low tengah menjadi buah bibir kalangan pecinta sepak bola Indonesia seiring adanya rumor bahwa dirinya akan menjadi Direktur Teknik baru PSSI.

Rumor ini berhembus kencang usai kerjasama yang dibangun oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, dengan negara Jerman.

Baca Juga: Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-22 Gabung PSIS Semarang, Ini Jabatannya

Pria yang juga berstatus Menteri BUMN itu memastikan bahwa kerjasama ini akan menghasilkan Direktur Teknik baru untuk federasi sepak bola Indonesia itu.

Sebelumnya, jabatan Direktur Teknik PSSI sendiri dipegang oleh Indra Sjafri. Tapi, Erick Thohir menugaskannya untuk menukangi Timnas Indonesia U-23, sehingga posisi strategis itu pun kosong.

Karena adanya kepastian dari Erick Thohir bahwa Direktur Teknik baru PSSI berasal dari Jerman, maka nama Joachim Low pun menjadi perbincangan.

Baca Juga: Jadwal Dua Wakil Indonesia di Semifinal Thailand Open 2023: Minions dan Bagas/Fikri Siap Tempur

Pria berusia 63 tahun ini dirumorkan akan mengisi pos tersebut karena saat ini tengah menganggur pasca purnatugas dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Jerman pada 2021 lalu.

Gencarnya rumor ini membuat banyak pecinta sepak bola Indonesia mencari tahu sosok Joachim Low berserta sepak terjangnya.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dan kiprah Joachim Low, pelatih asal Jerman yang digadang-gadang akan jadi Direktur Teknik PSSI.

Baca Juga: Emil Audero Terciduk Follow Instagram Erick Thohir, Mau Susul Jordi Amat ke Timnas Indonesia?

Berikut Profil Joachim Low

Joachim Low merupakan pelatih kenamaan asal Jerman yang lahir di Schonau im Schwarzwald atau wilayah Jerman Barat pada 3 Februari 1960.

Kiprahnya di sepak bola bermula sebagai pemain, di mana Joachim Low berkarier bersama tim kasta kedua Jerman, yakni SC Freiburg pada 1978.

Baca Juga: Indra Sjafri Bertemu Dua Pemain Indonesia di Qatar, Kode Diboyong ke Timnas Indonesia?

Semasa masih aktif bermain, Joachim Low sendiri berposisi sebagai gelandang serang. Tapi kariernya tak sementereng seperti saat dirinya menjadi pelatih.

Selama berkarier sebagai pemain, Joachim Low hanya membela tim-tim Jerman seperti SC Freiburg, VfB Stuttgart, Eintracht Frankfurt, Karlsruher SC, FC Schaffhausen, FC Winterthur, dan FC Frauenfeld dari 1978 hingga 1995.

Kariernya sebagai pemain bersama klub-klub Jerman itu pun tak menghasilkan gelar apapun, berbanding terbalik dengan kariernya saat melatih.

Dalam kariernya sebagai pelatih, Joachim Low pertama kali terjun ke dunia kepelatihan saat menjadi pelatih tim muda FC Winterthur dan FC Frauenfeld saat menjadi pemain dan pelatih.

Usai gantung sepatu, Joachim Low kemudian menjadi asisten pelatih Rolf Fringer di VfB Stuttgart sejak 1995 hingga 1996.

Setelah Rolf Fringer dipecat, Joachim Low menjadi pelatih interim, dan kemudian ditunjuk sebagai pelatih tim utama pada 1996.

Kariernya sebagai pelatih VfB Stuttgart bertahan dua tahun saja atau hingga 1998. Setelah itu, Joachim Low dipinang oleh Fenerbahce dan menjadi pelatih untuk musim 1998/1999.

Kiprahnya sebagai pelatih klub pun berlanjut di Karlsruher SC, Adanaspor (Turki), FC Tirol (Austria), dan Austria Vienna, yang masing-masing hanya berlangsung semusim sejak 1999 hingga 2004.

Kariernya sebagai pelatih di level klub ini pun membuahkan beragam gelar seperti DFB Pokal pada 1996/1997 bersama VfB Stuttgart, gelar Liga Austria bersama FC Tirol pada 2001/02, dan Piala Super Austria bersama Austria Vienna 2003.

Karier apiknya di level klub ini membuat Timnas Jerman menunjuknya sebagai asisten pelatih di bawah komando Jurgen Klinsmann sejak 2004 hingga 2006.

Usai kompatriotnya dilengserkan pasca gagal di Piala Dunia 2006, federasi sepak bola Jerman atau DFB memberikan mandat kepada Joachim Low sebagai pelatih.

Siapa sangka, kiprahnya di Timnas Jerman jauh lebih baik ketimbang Jurgen Klinsmann, dengan pertama-tama membawa tim berjuluk Der Panzer itu menjadi Runner Up Euro 2008.

Setelahnya, Joachim Low membawa Jerman meraih tempat ketiga di Piala Dunia 2010, dan mencapai semifinal di Euro 2012.

Usai kegagalan menjadi juara di dua ajang itu, Joachim Low mampu menuntaskan dahaga Timnas Jerman kala meraih gelar juara pada Piala Dunia 2014.

Keberhasilan itu membuatnya bertahan sebagai pelatih Timnas Jerman, yang dibayarnya dengan gelar Piala Konfederasi pada 2017.

Pada Piala Dunia 2018, Joachim Low harus menanggung malu karena Jerman yang berstatus juara bertahan justru tersingkir di fase grup, usai disingkirkan Korea Selatan arahan Shin Tae-yong.

Meski begitu, kepercayaan masih diberikan DFB kepada Joachim Low yang berlanjut hingga Euro 2020 yang digelar pada tahun 2021.

Setelah 15 tahun menukangi Timnas Jerman yang menjadi rekor pelatih terlama di Eropa, Joachim Low undur diri dari jabatannya dan digantikan oleh mantan asistennya sendiri, Hansi Flick.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak