Jadi Lumbung Gol, Tim yang Pernah Dibantai Timnas Indonesia U-20 Bernasib Miris di Piala Dunia U-20 2023

Jadi lumbung gol, tak ada tim yang lebih apes selain tim ini!

Irwan Febri Rialdi
Selasa, 30 Mei 2023 | 10:06 WIB
Momen pemain Fiji pukul Frengky Missan hingga. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Momen pemain Fiji pukul Frengky Missan hingga. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Bolatimes.com - Nasib apes bisa dikatakan tengah menggelayuti Timnas Fiji U-20 usai jadi bulan-bulanan negara lainnya sepanjang fase grup Piala Dunia U-20 2023.

Fiji datang ke Piala Dunia U-20 2023 dengan perasaan bangga, usai mencetak sejarah untuk kali kedua lolos ke ajang tersebut, sejak pertama kali berpartisipasi pada 2015 silam,

Tapi perasaan bangga ini bercampur rasa pilu, setelah tim berjuluk Bula Boys Junior ini justru tak bisa melangkah jauh dan menjadi bulan-bulanan di fase grup.

Baca Juga: Dilepas Klub Thailand, Pemain Terkaya Dunia Gabung Klub Indonesia untuk Isi Kuota ASEAN?

Tergabung di grup B bersama Amerika Serikat, Ekuador, dan Slovakia, Fiji justru hanya menjadi penyumbang poin bagi lawan-lawannya itu.

Dalam tiga pertandingan di fase grup, tim arahan Bobby Mims ini harus menelan tiga kekalahan, sehingga tersingkir lebih cepat dari ajang tersebut.

Parahnya lagi, Fiji tersingkir dari fase grup Piala Dunia U-20 2023 dengan status sebagai tim paling banyak kebobolan yakni 16 gol dari tiga laga.

Baca Juga: Tata Cara Beli Tiket Timnas Indonesia vs Argentina, Lengkap dengan Harganya

16 gol itu masing-masing didapatkan saat tumbang 0-4 dari Slovakia, takluk 0-3 dari Amerika Serikat, dan kalah dengan skor 0-9 dari Ekuador.

Total 16 gol yang bersarang ke gawang Fiji itu jadi yang terbanyak di Piala Dunia U-20 2023, unggul lima gol dari Republik Dominika yang telah kebobolan 11 gol dari tiga laga.

Apesnya lagi, Fiji tak mampu mencetak sebiji gol pun. Catatan ini jauh lebih buruk ketimbang partisipasinya pada Piala Dunia U-20 2015 yang mampu meraih satu kemenangan dan mencetak empat gol dari tiga laga.

Baca Juga: Tak Ada Coaching Clinic dan Gala Dinner bareng Lionel Messi Cs, Erick Thohir: Mohon Dimaklumi

Jadi Lumbung Timnas Indonesia U-20

Apesnya nasib Fiji di Piala Dunia U-20 2023 sejatinya sudah bisa diprediksi sejak jauh-jauh hari, tepatnya saat beruji tanding melawan Timnas Indonesia U-20.

Jelang Piala Dunia U-20 2023 yang sedianya digelar di Tanah Air, Fiji sempat diundang untuk melakoni uji tanding melawan Timnas Indonesia U-20, Guatemala, dan Selandia Baru pada Februari 2023 lalu.

Baca Juga: Argentina Minta Agendanya di Indonesia Dirahasiakan Demi Keamanan, Netizen Malah Beri Respons Kocak

Dalam laga bertajuk Turnamen Mini Internasional itu, Fiji sempat menjadi bulan-bulanan Timnas Indonesia U-20 arahan Shin Tae-yong.

Dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu, Fiji harus menerima gawangnya dijebol sebanyak empat kali oleh skuad Garuda Nusantara.

Empat gol yang dicetak oleh Timnas Indonesia U-20 itu masing-masing dibuat oleh Arkhan Fikri, Kakang Rudianto, Resa Aditya, dan Hokky Caraka.

Tak hanya jadi lumbung gol Timnas Indonesia U-20, Fiji juga menjadi lumbung gol Selandia Baru dengan skor 0-3 dan takluk 1-3 dari Guatemala.

Berkaca dari catatan di laga uji coba tersebut, tak mengejutkan bila Fiji pun menjadi lumbung gol di Piala Dunia U-20 2023 kala melawan tim-tim dengan status lebih mentereng ketimbang Indonesia, Selandia Baru, dan Guatemala.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Pengamat dan analis sepak bola dari luar negeri,Ben Griffis, khawatir Pratama Arhan tetap manjadi alat pemasaran meski pindah ke klub Korea Selatan, Suwon FC.
boladunia | 16:00 WIB
Sebuah video lemparan jarak jauh yang dilakukan oleh pemain Iran, Nader Mohammadi, viral di media sosial Twitter (X) dan membuat netizen membandingkannya dengan Pratama Arhan.
boladunia | 18:00 WIB
Mengenal lebih jauh Hai Phong, klub asal Vietnam yang belum lama ini membantai PSM Makassar di laga perdana grup H Piala AFC 2023/2024.
boladunia | 18:00 WIB
Pemain ini sudah pernah dihubungi PSSI, tapi entah kenapa batal terjadi naturalisasi
boladunia | 14:00 WIB
Mantan penyerang Borneo FC asal Brasil, Matheus Pato, berhasil mencetak gol debutnya di Liga Champions Asia bersama Shandong Taishan.
boladunia | 13:00 WIB
Mengenal lebih jauh sosok Lisitsyn Maksim, pelatih Timnas Kirgistan U-23 yang memuji penampilan duo bek tengah Timnas Indonesia U-24 saat bertarung di laga perdana grup F Asian Games 2022.
boladunia | 21:00 WIB
Wiljan Pluim santer dilaporkan bakal meninggalkan PSM Makassar
boladunia | 20:00 WIB
Wakil Asia Tenggara (ASEAN) benar-benar mengaung di Asian Games 2022. Pada laga perdana, semua wakil sukses meraih kemenangan.
boladunia | 11:00 WIB
Tak cuma Timnas Indonesia U-24, Korea Utara juga berhasil meraih kemenangan. Inilah klasemen Grup F Asian Games 2022
boladunia | 08:24 WIB
Kirgistan ternyata tidak pernah menang dalam ajang Asian Games. Ini bakal menjadi keuntungan bagi timnas Indonesia U-24 yang bakal menjadi lawan.
boladunia | 14:00 WIB
Kirgistan dirundung duka menjelang duel perdana melawan Timnas Indonesia U-24 di ajang Asian Games 2022.
boladunia | 12:42 WIB
Timnas Indonesia U-24 menghadapi sejumlah kerugian karena tak bisa diperkuat Ramadhan Sananta pada ajang Asian Games 2022. Persis Solo telah melayangkan surat keberatan untuk melepas pemainnya tersebut.
boladunia | 17:00 WIB
Masih ingat Antonio Valencia? Fyi, dia berasal dari negara yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia U-17
boladunia | 10:37 WIB
Pecinta sepak bola Indonesia tengah dihebohkan dengan perdebatan antara dua pengamat ternama, yakni Akmal Marhali dan Justinus Lhaksana dalam sebuah Podcast.
boladunia | 18:45 WIB
Seberapa hebat Ekuador, mari kita simal bersama dalam ulasan berikut
boladunia | 11:00 WIB
China Taipei tidak menggunakan skuat dan pelatih yang sama dengan saat dibantai 0-9 oleh Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23
boladunia | 09:13 WIB
Mantan wasit FIFA, yakni Nozer Rudneil, mengklaim laga Uzbekistan vs Iran di grup E babak kualifikasi bisa saja diulang. Apakah ini jadi pertanda Malaysia gagal lolos ke Piala Asia U-23 2024?
boladunia | 16:00 WIB
Akhirnya, Iran pun menjadi negara yang dirugikan dan gagal lolos ke putaram final Piala Asia U-23 2024. Slotnya menjadi milik Malaysia
boladunia | 12:47 WIB
Tampilkan lebih banyak