Profil Luton Town, Klub Semenjana yang Promosi ke Premier League Musim Depan

Luton Town memastikan promosi ke Premier League musim 2023/2024 setelah memenangi laga final play-off melawan Coventry City.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 29 Mei 2023 | 10:15 WIB
Selebrasi pemain Luton Town usai memastikan promosi ke Premier League musim 2023/2024. (AFP)

Selebrasi pemain Luton Town usai memastikan promosi ke Premier League musim 2023/2024. (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Luton Town, klub yang belum lama ini membuat kejutan dengan berhasil promosi ke kasta teratas Liga Inggris atau Premier League.

Liga Inggris atau Premier League musim 2023/2024 mendatang akan kehadiran tiga pendatang baru dari kasta kedua atau Divisi Championship.

Sebelumnya, ada dua tim yang telah memastikan tempat di Premier League musim depan, yakni Burnley dan Sheffield United, usai keduanya memastikan posisi pertama dan kedua di Championship.

Baca Juga: Daftar 16 Tim yang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-20 2023, Ada Negara yang Ditolak Indonesia

Sedangkan satu tiket tersisa diperebutkan oleh peringkat ketiga hingga peringkat keenam, yakni Luton Town, Middlesbrough, Coventry City, dan Sunderland yang bertarung dari babak semifinal.

Usai melakoni babak semifinal dalam format dua leg, kedua tim terbaik pun kemudian beradu di final untuk memperebutkan tiket ke Premier League.

Dua tim itu adalah Luton Town dan Coventry City. Keduanya melakoni babak final di Wembley Stadium pada Sabtu (27/5) kemarin.

Baca Juga: Menerka-nerka Alasan Shin Tae-yong Tepikan Nadeo Argawinata dari Skuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Dalam final tersebut, Luton berhasil membuka keunggulan terlebih dahulu atas Coventry lewat Jordan Clarck di menit ke-23.

Tapi gol itu kemudian disamakan oleh Coventry lewat Gustavo Hamer di menit ke-63, dan membuat laga berlanjut ke babak Extra Time karena hasil imbang 1-1.

Di babak Extra Time, tak ada lagi gol tercipta yang membuat laga berlanjut ke adu penalti. Di momen ini, Luton pun berhasil keluar sebagai juara usai enam eksekutornya mampu menuntaskan tugasnya.

Baca Juga: Walter Zenga Merapat ke Persita Tangerang, Jurnalis Italia Bongkar Peran Erick Thohir

Keberhasilan Luton menang adu penalti atas Coventry pun membuat tim berjuluk The Hatters menembus Premier League dan jadi perbincangan.

Lantas, seperti apa rekam jejak Luton Town hingga berhasil menembus kasta teratas Liga Inggris atau Premier League 2023/2024?

Dari Kasta Kelima hingga Premier League

Baca Juga: Sandy Walsh Resmi Lamar Kekasihnya, Netizen Dibuat Penasaran Berapa Darah Keturunan yang Mengalir

Luton Town merupakan salah satu klub tertua di sepak bola Inggris. Klub ini sendiri berdiri pada 11 April 1885 atau 138 tahun silam.

Klub ini bisa dikatakan lahir dari gabungan dua klub di kota Luton, yakni Luton Wanderers dan Luton Excelsior. Saat itu, salah satu pemain Wanderers memiliki ide menggabung dua tim tersebut dan mengumpulkan pemain terbaik dalam panji Luton Town.

Setelah resmi berdiri dengan nama Luton Town, klub ini kemudian beranjak menjadi klub profesional pada 1891 dan berkiprah di Southern Football League.

Setelahnya, Luton Town sempat berpisah dari Southern Football League dan masuk kancah nasional, dengan memulai kiprah dari kasta terbawah.

Butuh waktu lama bagi Luton Town berkiprah di kasta teratas. Hal tersebut terjadi pada musim 1955/1956 yang jadi penampilan pertamanya di kasta teratas Inggris saat itu atau First Division.

Sebagai tim gurem yang butuh waktu lama naik ke kasta teratas, Luton Town pun kerap menghadapi kesulitan, terutama masalah finansial.

Luton Town pun sempat naik turun kasta sejak 1960 hingga 1990. Terakhir kali penampilan tim berjuluk The Hatters ini di kasta teratas terjadi pada musim 1991/1992, tepat sebelum lahirnya Premier League.

Bahkan karena masalah finansial ini, Luton Town yang sebelumnya ada di kasta kedua, harus rela turun ke kasta kelima karena pengurangan 30 poin pada musim 2008/2009.

Luton Town kemudian bermain di kasta kelima selama lima musim, sebelum akhirnya promosi ke kasta keempat atau League Two di musim 2013/2014.

Usai promosi ke League Two, Luton Town berlanjut promosi ke League One atau kasta ketiga dan Divisi Championship atau kasta kedua pada 2017/2018 dan 2018/2019.

Usai bertahan di kasta kedua selama empat musim, Luton Town akhirnya berhasil kembali ke kasta teratas dan menembus Premier League berkat kemenangan di final Playoff Championship atas Coventry City.

Secara prestasi, Luton Town tak punya catatan mentereng. Prestasi terbaiknya sendiri adalah menjuarai Divisi Championship atau kasta kedua pada 1981/1982 yang berujung promosi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak